3 Kemenangan Cepat Tyson Fury, Diraih pada Ronde Pertama

Postur jadi keunggulan tersendiri

Sebelum dikalahkan Oleksandr Usyk, Tyson Fury merupakan salah satu petinju tak terkalahkan sejak debut di dunia tinju profesional. Dari 35 pertandingan, ia berhasil meraih 34 kemenangan dan 1 imbang. Tiga dari kemenangan tersebut ia raih pada ronde pertama. Beginilah kemenangan cepat Tyson Fury yang diraih pada ronde pertama itu.

1. Debut Tyson Fury saat mengalahkan Bela Gyongyosi

3 Kemenangan Cepat Tyson Fury, Diraih pada Ronde PertamaTyson Fury saat menjatuhkan lawannya. (instagram.com/tysonfury)

Tyson Fury melakukan debut tinju profesionalnya pada 6 Juni 2008. Saat debut, ia mesti menghadapi Bela Gyongyosi di Nottingham Arena, Inggris. Lawan asal Hungaria itu kebetulan bukan petinju baru, melainkan telah terjun ke dunia tinju profesional sejak 2006. Namun, Gyongyosi memiliki rekor bertanding yang tidak terlalu bagus.

Dari 13 pertandingan sebelum menghadapi Tyson Fury, Gyongyosi telah mengalami 9 kekalahan. Jika dilihat dari fisik, Fury juga memiliki fisik yang lebih tinggi dari Bela Gyongyosi. Tinggi Fury mencapai 206 cm, sedangkan lawannya hanya 192 cm.

Perbedaan tinggi ini membuat Tyson Fury dengan mudah menyerang Bela Gyongyosi. Sejak menit awal ronde pertama, ia langsung melakukan serangan ke arah Gyongyosi. Serangan ini membuat Bela Gyongyosi kewalahan. Satu menit sebelum berakhir, Tyson Fury berhasil melayangkan pukulan keras tangan kiri ke arah perut Gyongyosi.

Hal ini membuat Bela Gyongyosi tersungkur. Walaupun mampu berdiri, wasit menghentikan pertandingan karena menganggap Gyongyosi sudah tidak bisa melanjutkan pertandingan. Wasit kemudian memberikan kemenangan TKO untuk Tyson Fury sekaligus menjadi debut sempurna.

Baca Juga: 10 Fakta Menarik Tyson Fury, Petinju Asal Inggris 

2. Kemenangan tercepat Tyson Fury saat mengalahkan Mathew Ellis

3 Kemenangan Cepat Tyson Fury, Diraih pada Ronde PertamaTyson Fury bersama sabuk juara yang berhasil diraihnya. (instagram.com/tysonfury)

Tyson Fury kembali menghadapi petinju yang telah lama berkarier di tinju profesional, yaitu Mathew Ellis. Rekor petinju asal Inggris itu cukup bagus. Dari 27 pertandingan, ia berhasil meraih 20 kemenangan, 6 kekalahan, dan 1 imbang.

Tyson Fury menghadapi Mathew Ellis pada 11 April 2009, di York Hall, Inggris. Ia kembali menghadapi lawan dengan postur yang lebih kecil dari dirinya. Ellis memiliki tinggi 182 cm, lebih pendek dari lawan sebelumnya, Bela Gyongyosi. 

Perbedaan postur tubuh yang mencolok ini membuat Tyson Fury dengan mudah melancarkan pukulan ke arah Mathew Ellis. Saat pertandingan baru berjalan 20 detik, Fury mampu menjatuhkan Ellis dengan pukulan beruntun ke bagian kepala. Namun, Mathew Ellis masih mampu untuk melanjutkan pertandingan.

Selang beberapa detik, Tyson Fury kembali melayangkan pukulan tangan kiri dengan keras ke area rahang Mathew Ellis. Sang lawan pun kembali tersungkur. Mathew Ellis tidak bisa melanjutkan pertandingan. Hal ini menyebabkan wasit memberikan kemenangan KO untuk Fury.

3. Memiliki postur sepadan, Hans Joerg Blasko belum mampu menaklukkan Tyson Fury

3 Kemenangan Cepat Tyson Fury, Diraih pada Ronde PertamaTyson Fury saat sedang berlatih. (instagram.com/tysonfury)

Tyson Fury mendapatkan lawan dengan postur tubuh yang tidak berbeda jauh, yaitu Hans Joerg Blasko. Petinju asal Jerman itu memiliki rekor 9 kemenangan dan 3 kekalahan dari 12 laga. Pertandingan keduanya berlangsung pada 5 Maret 2010 di Huddersfield Sports Centre, Inggris.

Sejak menit awal ronde pertama, kedua petinju saling melakukan serangan. Beberapa kali mereka terlibat jual beli pukulan dalam jarak dekat. Hal ini membuat pertandingan yang direncanakan delapan ronde terlihat menarik.

Memasuki paruh ronde pertama, Tyson Fury berhasil mendesak Hans Joerg Blasko ke arah pojok ring. Ia kemudian melancarkan pukulan keras ke arah kepala, sehingga membuat lawannya terjatuh. Hans Joerg Blasko mampu bangkit untuk kembali melanjutkan pertandingan.

Dalam hitungan detik, Tyson Fury kembali melayangkan pukulan lurus kerasnya ke bagian wajah Hans Joerg Blasko. Blasko kembali terjatuh dan mendapatkan hitungan dari wasit. Wasit lantas memberikan kemenangan TKO untuk Tyson Fury.

Postur tubuh Tyson Fury yang besar dan tinggi membuatnya mampu meraih kemenangan-kemenangan cepat di atas kanvas. Sayangnya, raihan kemenangannya tercoreng oleh petinju asal Ukraina, Oleksandr Usyk. Saat ini, Tyson Fury telah melepaskan gelar juara dunia kelas berat WBC yang pernah diraihnya. Ini karena ia kalah dari Usyk.

Baca Juga: Francis Ngannou Nyaris Hajar KO Tyson Fury, Ujungnya Keok

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya