4 Kemenangan KO Ilia Topuria di UFC, Terbaru dari Volkanovski

Raih tujuh kemenangan beruntun di UFC

Nama Ilia Topuria menjadi perbincangan hangat di kalangan pencinta olahraga Ultimate Fighting Championship (UFC). Pasalnya, ia baru saja mengalahkan juara bertahan kelas bulu, Alexander Volkanovski, di UFC 298 di Anaheim, California, Amerika Serikat, Minggu (18/2/2024). Petarung berusia 27 tahun itu kini menjadi pemegang sabuk juara kelas bulu UFC.

Ilia Topuria memiliki karier cemerlang. Ia mampu bertarung impresif di arena UFC sehingga meraih tujuh kemenangan secara berturut-turut. Dari 7 kemenangan tersebut, ia mampu meraih 4 kemenangan secara KO/TKO. Berikut daftar kemenangan KO/TKO Ilia Topuria di arena UFC.

1. Ilia Topuria merebut sabuk juara kelas bulu dari tangan Alexander Volkanovski

4 Kemenangan KO Ilia Topuria di UFC, Terbaru dari VolkanovskiIlia Topuria (kanan) usai menghadapi Alexander Volkanovski (kiri). (instagram.com/iliatopuria)

Pada partai puncak UFC 298, Ilia Topuria bermain agresif sejak ronde awal. Petarung berjuluk El Matador ini terus menekan dengan melancarkan serangan kepada lawannya. Walaupun sempat goyah, Alexander Volkannovski justru mampu melancarkan serangan mengenai dagu Topuria pada akhir ronde pertama.

Ronde kedua menjadi milik Topuria. Petarung dengan teknik brazilian jiu jitsu ini melancarkan variasi pukulan cepat dan keras ke arah Volkanovski. Dalam suatu serangan, jab kanan Topuria mengenai wajah Volkanovski secara telak. Serangan ini langsung membuat petarung dengan julukan The Great itu tersungkur.

Wasit kemudian memutuskan untuk menghentikan pertandingan dengan kemenangan TKO untuk Ilia Topuria. Ia berhasil merebut sabuk juara kelas bulu UFC dari tangan Volkanovski. Volkanovski sendiri masih memiliki kesempatan untuk melakukan rematch atau pertandingan ulang menghadapi Ilia Topuria.

2. Ilia Topuria mengalahkan Jai Herbert pada ronde kedua

4 Kemenangan KO Ilia Topuria di UFC, Terbaru dari VolkanovskiJai Herbert dalam suatu sesi timbang badan. (instagram.com/jai_herbert_mma)

Kedua petarung ini bertemu di UFC Fight Night 204 London pada 19 Maret 2022 di O2 Arena. Pada laga ini, Ilia Topuria sempat terjatuh pada awal ronde pertama karena tendangan telak pada bagian wajah. Beruntung, ia bisa langsung menahan serangan lanjutan Jai Herbert.

Topuria juga harus menerima beberapa kali pukulan dan tendangan dari petarung berjuluk Black Country Banger itu. Ini menyebabkan hidung Topuria mengeluarkan darah. Beberapa kali pelindung giginya terlepas. Namun, ketangguhan fisik Ilia Topuria membuatnya bisa bertahan hingga ronde pertama berakhir.

Pada ronde kedua, Topuria dan Herbert lebih berhati-hati dalam melancarkan serangan. Saat pertandingan baru belangsung 2 menit, ia berhasil menyarangkan pukulan kanannya dengan keras ke arah rahang Herbert. Pukulan ini menyebabkan petarung berusia 35 tahun itu tersungkur. Wasit langsung memberikan kemenangan TKO kepada Ilia Topuria.

Baca Juga: 5 Petarung Pemegang Sabuk Juara Dunia UFC saat Ini 

3. Ryan Hall harus mengakui kemenangan Ilia Topuria pada ronde pertama

4 Kemenangan KO Ilia Topuria di UFC, Terbaru dari VolkanovskiRyan Hall (kiri) saat sedang berlatih. (instagram.com/ryanhall5050)

Ryan Hall dan Ilia Topuria bertemu di UFC 264 yang diadakan pada 10 Juli 2021 di T-Mobile Arena, Las Vegas, Amerika Serikat. Ryan Hall kembali ke octagon setelah 2 tahun absen. Walaupun usianya saat itu  35 tahun, bukan berarti ia bisa dianggap remeh. Petarung dengan julukan The Wizzard itu memiliki rekor tak terkalahkan pada empat pertandingan sebelumnya.

Ryan Hall mencoba untuk menjatuhkan Ilia Topuria pada ronde pertama dengan cara mengambil kakinya. Pada akhir babak pertama, Hall malah melakukan kesalahan. Petarung yang memulai debutnya di octagon pada 2015 ini mencoba menyerang dengan tendangan memutar. Hal ini justru membuatnya terjatuh.

Ilia Topuria langsung melancarkan pukulan bertubi-tubi ke arah badan dan wajah Rayan Hall. Wasit langsung menghentikan pertandingan karena Ryan Hall sudah tidak bisa memberikan perlawanan lagi. Ilia Topuria meraih kemenangan secara TKO.

4. Pukulan keras Ilia Topuria membuat Damon Jackson terjatuh

4 Kemenangan KO Ilia Topuria di UFC, Terbaru dari VolkanovskiDamon Jackson dalam suatu sesi timbang badan. (instagram.com/damonbjackson)

Ilia Topuria menghadapi petarung asal Amerika, Damon Jackson, pada 5 Desember 2020 di UFC APEX, Las Vegas, Amerika Serikat. Rekor bertanding Damon Jackson di arena UFC sebelum menghadapi Ilia Topuria tidak terlalu menonjol. The Leech hanya satu kali meraih kemenangan saat menghadapi Mirsad Bektic.

Sejak ronde pertama mulai, Ilia Topuria berusaha mengajak Damon Jackson meladeninya dalam pertarungan jarak dekat. Ini karena Ilia Topuria memiliki tubuh yang lebih pendek dibandingkan lawannya tersebut. Ia melancarkan beberapa pukulan yang sesekali dibalas dengan pukulan dan tendangan Jackson.

Pada pertengahan babak pertama, Ilia Topuria berhasil menyudutkan Jackson ke pinggir octagon. Kesempatan ini digunakannya untuk melancarkan serangan ke arah Jackson. Satu pukulan keras Topuria berhasil mendarat di wajah Jakson yang membuatnya langsung terjatuh. Wasit kemudian memberikan kemenangan KO kepada Ilia Topuria.

Saat ini, Ilia Topuria menjadi salah satu petarung yang selalu menang dan belum pernah kalah maupun imbang di octagon. Akankah El Matador mampu mempertahankan gelarnya? Sangat memungkinkan ia bisa mempertahankan gelarnya dalam waktu lama mengingat usianya yang masih terbilang muda.

Baca Juga: 6 Petarung UFC dengan Kemenangan Tercepat

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menyenangi hal-hal baru. Menulis salah satu hobi sejak jaman blog. Menulis apa saja yang ada di hati.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya