Pentathlon Modern, Sejarah, dan Jenis Olahraganya

Ada di Asian Games dan Olimpiade

Pentathlon modern mungkin tidak sepopuler atletik. Ia sering disebut dengan pancalomba sebab terdiri dari lima cabang olahraga sekaligus. Mereka adalah anggar, berenang, menembak, berlari, dan berkuda. Tiap atlet yang bertanding di pentathlon modern harus memiliki fisik yang benar-benar fit.

Kira-kira dari mana, ya, asal olahraga ini? Langsung disimak, ya, penjelasannya!

1. Muncul di Olimpiade ke-18 pada 708 sebelum masaehi

Pentathlon Modern, Sejarah, dan Jenis OlahraganyaAtlet pentathlon sedang beradu kecepatan berenang. (uipmworld.org)

Olahraga ini awalnya bernama pentathlon. Ia terdiri dari berlari, melompat, melempar tombak, melempar cakram, dan gulat. Olahraga ini pertama kali digelar di Olimpiade ke-18 pada 708 sebelum masaehi. Pentathlon menjadi bagian paling penting dalam gelaran Olimpiade kala itu.

Baron Pierre de Coubertin, pendiri Olimpiade modern, mengagumi pentathlon tradisional. Ia berencana memasukkan kembali olahraga pentathlon ke Olimpiade modern. Pada 1912, pentathlon modern mulai diperkenalkan di Olimpiade ke-5 di Stockholm.

Lima olahraga yang terdapat pada pentathlon modern saat itu adalah anggar, menembak, berrenang, berkuda, dan berlari. Awalnya, olahraga pancalomba ini digelar dalam 5 hari hingga 1980. Namun, saat ini, pentathlon modern digelar dalam 1 hari.

Union Internationale de Pentathlon Moderne (UIPM) adalah organisasi yang menjadi wadah olahraga pentathlon modern. UIPM telah memiliki anggota sebanyak 120 federasi dari negara di seluruh dunia. UIPM berkantor di Monako sejak 1997.

Baca Juga: Sejarah Kurash, Olahraga Tradisional yang Masuk Asian Games

2. Berisi lima lomba yang menuntut ketangkasan

Pentathlon Modern, Sejarah, dan Jenis OlahraganyaPertandingan lari yang menjadi bagian pentathlon modern. (uipmworld.org)

Pentathlon modern terdiri dari lima olahraga. Dalam olahraga anggar, atlet akan bertarung selama 1 menit dengan sistem round robin. Atlet yang mendapatkan poin tertinggi berhak menjadi pemenang.

Setelah anggar, dilanjutkan dengan berenang. Atlet akan menempuh jarak 200 meter yang menguji daya tahan tubuh dan kekuatannya. Pemenangnya adalah yang bisa menuntaskannya dengan waktu tercepat.

Sejak 2015, UIPM melakukan perubahan dengan menyetujui adanya babak bonus lewat anggar. Pada babak ini, tiap atlet berkesempatan untuk mendapatkan bonus poin. Bonus poin bisa mendongkrak skor yang dimiliki masing-masing atlet.

Setelah itu, atlet akan melakukan olahraga berkuda. Uniknya, penentuan kuda yang akan digunakan masing-masing atlet dilakukan dengan undian. Ini dilakukan 20 menit sebelum pertandingan. Jadi, atlet akan menunggangi kuda yang belum familier.

Berlari dan menembak awalnya menjadi bagian terpisah. Olahraga menembak sebenarnya menggunakan peluru karet. Untuk alasan keamanan dan mengurangi dampak lingkungan akibat penggunaan timah, menembak di Olimpiade 2012 London mulai menggunakan pistol laser. Berlari dan menembak pun kemudian digabung menjadi laser run.

Setelah menyelesaikan tiga ronde pertama, masing-masing atlet akan mendapatkan peringkat. Peringkat ini digunakan pada laser run untuk menentukan urutan start. Masing-masing atlet mesti menyelesaikan 4 buah sirkuit dan menembak 5 buah target. Jarak target tersebut adalah 50 meter. Atlet yang menjadi pemenang pada pertandingan pentathlon modern adalah yang pertama kali menuntaskan semua permainan yang ada.

3. Dilombakan di Asian Games mulai pada 1994

Pentathlon Modern, Sejarah, dan Jenis OlahraganyaOlahraga menembak yang menjadi bagian pentathlon modern. (uipmworld.org)

Pentathlon modern telah masuk ke Olimpiade sejak 1912. Untuk tingkat Asia, ia berada di bawah naungan Asian Modern Pentathlon Confederation(AMPC). AMPC sendiri berdiri sejak 1987. Mereka telah diakui Olympic Council of Asia. Pentathlon modern pun pertama kali dipertandingkan secara resmi di Asian Games 1994 di Hiroshima, Jepang.

Setelah 1994, olahraga pancalomba ini menghilang dari daftar olahraga yang dipertandingkan di Asian Games. Pentathlon modern kembali hadir di Asian Games 2002, tetapi tidak berlanjut di Asian Games 2006. Ia baru kembali menjadi bagian dari Asian Games pada 2010 hingga 2023.

Perkembangan pentathlon modern di Indonesia cukup bagus. Pentathlon modern ini hadir pertama kali di Tanah Air saat Asian Games 2018 Jakarta/Palembang. Atlet-atlet pentathlon di Indonesia bernaung di bawah organisasi Modern Pentathlon Indonesia (MPI).

Baca Juga: 5 Perbedaan Asian Games dan SEA Games, Jangan Terbalik

Ari Budiadnyana Photo Verified Writer Ari Budiadnyana

Menulis dengan senang hati

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya