Karolina Pliskova Out, Wimbledon Tanpa Unggulan Top 10 di 8 Besar

Angelique Kerber unggulan tertinggi yang masih bertahan

Memasuki babak keempat dari Kejuaraan Wimbledon 2018 yang digelar hari Senin (9/7/2018), unggulan ketujuh yang merupakan satu-satunya unggulan top 10 tersisa di turnamen ini, Karolina Pliskova, harus rela angkat kaki dari turnamen rumput terbesar di dunia ini.

Pliskova, yang baru pertama kali lolos ke babak keempat Wimbledon, bermain di lapangan 2 melawan petenis Belanda, Kiki Bertens. Petenis unggulan kedua puluh itu bermain taktis dan berhasil mengalahkan mantan petenis peringkat satu dunia tersebut dengan skor 6-3, 7-6 (7-1).

1. Meskipun bermain kurang apik, Kiki Bertens mampu memenangkan pertandingan

Karolina Pliskova Out, Wimbledon Tanpa Unggulan Top 10 di 8 Besarabs-cbn.com

Seperti dilansir dari Bbc.com, petenis Belanda berusia 26 tahun ini bermain kurang apik dalam pertandingan babak 16 besar tersebut. Meskipun berhasil meraih kemenangan dalam dua set, tetapi secara keseluruhan, penampilan Bertens jauh dari kata sempurna. Sebab dirinya beberapa kali melepaskan peluang break-point.

Bertens meraih kemenangan yang cukup mudah di set pertama, 6-3. Namun, di set kedua, meski sempat unggul 4-2 karena break di awal set, Bertens sempat terkejar oleh Pliskova. Beruntung, petenis yang di babak sebelumnya berhasil mengalahkan Venus Williams ini bermain lebih tenang dan akhirnya dapat menutup kedua dengan skor 7-6 tie-break 7-1.

Di babak delapan besar, Bertens akan melawan petenis Jerman unggulan ketiga belas, Julia Gorges yang lolos ke perempatfinal turnamen Grand Slam pertamanya usai mengalahkan petenis Kroasia, Donna Vekic dengan skor 6-3, 6-2.

2. Semua unggulan top 10 sudah habis sebelum mencapai babak perempat final

Karolina Pliskova Out, Wimbledon Tanpa Unggulan Top 10 di 8 Besardnaindia.com

Dengan kekalahan yang dialami Pliskova tersebut, artinya semua unggulan top 10 di turnamen ini gagal bertahan sampai babak perempat final. Sebab, Pliskova merupakan petenis unggulan top 10 terakhir yang bertahan sampai babak keempat.

Dua hari sebelumnya (7/7/2018), unggulan pertama sekaligus peringkat satu dunia, Simona Halep juga gagal melaju lebih jauh usai kalah di babak ketiga.

Hasil ini membuat Wimbledon 2018 menjadi turnamen terburuk di tunggal putri, dalam hal penampilan para petenis unggulan, dari sejak Era Terbuka yang dimulai sejak tahun 1968.

3. Angelique Kerber menjadi unggulan tertinggi yang masih bertahan dan berpeluang menjadi juara

Karolina Pliskova Out, Wimbledon Tanpa Unggulan Top 10 di 8 Besarlastwordontennis.com

Unggulan kesebelas sekaligus finalis Wimbledon 2016, Angelique Kerber menjadi unggulan tertinggi yang masih bertahan di turnamen ini. Kerber lolos ke perempat final usai berhasil mengalahkan petenis Swiss, Belinda Bencic dengan skor 6-3, 7-6 (7-5).

Kerber, juara Australian Open dan US Open 2016, bersama dengan Juara French Open 2017, Jelena Ostapenko, serta juara Wimbledon tujuh kali, Serena Williams, menjadi kandidat terkuat untuk meraih gelar Wimbledon di tahun 2018.

Berikut adalah daftar petenis yang lolos ke babak perempat final, diurutkan berdasarkan posisi dalam draw turnamen, dilansir dari Wimbledon.com:

  1. Dominika Cibulkova
  2. Jelena Ostapenko (12)
  3. Daria Kasatkina (14)
  4. Angelique Kerber (11)
  5. Kiki Bertens (20)
  6. Julia Gorges (13)
  7. Serena Williams (25 - protected ranking)
  8. Camila Giorgi.
Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Irma Yudistirani

Berita Terkini Lainnya