Ini Dia Lawan Pemain Indonesia di 16 Besar Kejuaraan Dunia 2018

Semuanya pemain dan pasangan unggulan!

Turnamen Total BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia 2018 telah memasuki babak ketiga atau 16 besar. Dari total 17 wakil yang dikirimkan ke turnamen yang digelar di Nanjing, Tiongkok, Indonesia berhasil menyisakan 8 wakilnya.

Di babak 16 besar yang akan digelar hari Kamis (2/8/2018), semua wakil Indonesia akan melawan para pemain dan pasangan yang diunggulkan. Berikut profil singkat mereka.

Minions hadapi Duo Rusia, dua wakil lainnya hadapi wakil Jepang

Ini Dia Lawan Pemain Indonesia di 16 Besar Kejuaraan Dunia 2018bwfworldchampionships.com

Lawan berat sudah menunggu ketiga wakil ganda putra Indonesia di babak ketiga. Unggulan pertama, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, akan bertemu dengan Duo Rusia unggulan ke-10, Vladimir Ivanov/Ivan Sozonov.

Dari rekor pertemuan, Minions (sapaan akrab Marcus/Kevin) unggul 3-0. Termasuk saat kedua pasangan bertemu di babak yang sama pada Kejuaraan Dunia 2017 di Glasgow yang saat itu dimenangkan oleh Minions.

Dua wakil lainnya, yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Berry Angriawan/Hardianto, akan menghadapi lawan yang lebih berat, yakni dua ganda utama Jepang.

Fajar/Rian akan melawan juara Malaysia Open 2018 dan Thailand Open 2018, Takeshi Kamura/Keigo Sonoda yang menjadi unggulan ke-5. Dari rekor pertemuan, keduanya imbang 2-2. Namun, dua kemenangan terakhir berhasil diraih oleh pasangan Indonesia unggulan ke-9 tersebut.

Sementara itu, Berry/Hardi yang diunggulkan di tempat ke-15 akan melawan unggulan ke-7, finalis Indonesia Open 2018, Takuto Inoue/Yuki Kaneko. Dari head-to-head, pasangan Indonesia juara Australia Open 2018 ini belum pernah menang dalam dua pertemuan sebelumnya.

Tiga wakil ganda putri bertemu lawan yang tidak mudah

Ini Dia Lawan Pemain Indonesia di 16 Besar Kejuaraan Dunia 2018bwfbadminton.com

Setali tiga uang dengan ganda putra, wakil Indonesia di ganda putri juga akan berhadapan dengan lawan-lawan yang tidak mudah. Unggulan ke-5, Greysia Polii/Apriyani Rahayu, akan menghadapi pasangan Malaysia unggulan ke-13, Chow Mei Kuan/Lee Meng Yan. Ini merupakan pertemuan pertama bagi kedua pasangan.

Semifinalis kejuaraan Asia yang menjadi unggulan ke-8, Della Destiara Haris/Rizki Amelia Pradipta, akan ditantang oleh pasangan Thailand, Chayanit Chaladchalam/Phataimas Muenwong. Dari rekor pertemuan, unggulan ke-16 tersebut unggul 1-0 atas pasangan Indonesia.

Satu wakil lain, Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani, yang diunggulkan di tempat ke-14 akan melawan wakil Korea Selatan juara Denmark Open 2017, Lee So Hee/Shin Seung Chan. Dari dua pertemuan sebelumnya, unggulan ke-6 tersebut selalu berhasil memetik kemenangan atas Anggi/Ketut.

Hafiz/Gloria ditantang unggulan pertama, Praveen/Melati lawan unggulan ketiga

Ini Dia Lawan Pemain Indonesia di 16 Besar Kejuaraan Dunia 2018bwfworldtour.com

Jalan yang lebih terjal telah menanti dua wakil ganda campuran tersisa di Kejuaraan Dunia 2018. Juara Thailand Open 2018, Hafiz Faizal/Gloria Emanuelle Widjaja, yang merupakan unggulan ke-12 akan bertemu dengan unggulan pertama, juara Malaysia Open 2018, Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Dari rekor pertemuan, Zheng/Huang unggul 2-0. Namun, di pertemuan pertama di Hong Kong Open 2017, Hafiz/Gloria sempat memberikan perlawanan yang ketat. Karena konsistensinya, pasangan Tiongkok yang saat ini menempati peringkat dua dunia ini merupakan kandidat terkuat peraih gelar Juara Dunia.

Satu wakil lain yang menjadi unggulan ke-13, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti, juga akan menghadapi lawan yang berat di babak ketiga. Finalis India Open 2018 ini akan melawan unggulan ketiga asal Hong Kong, Tang Chun Man/Tse Ying Tsuet.

Praveen/Melati dan Tang/Tse sudah pernah bertemu satu kali, yakni di babak pertama Kejuaraan Asia, dan di pertemuan tersebut, pasangan Hong Kong peringkat empat dunia ini berhasil meraih kemenangan.

Ari Cipta Gunawan Photo Verified Writer Ari Cipta Gunawan

Moviegoer, Reader, Writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Paulus Risang

Berita Terkini Lainnya