3 Manajer Barcelona Paling Sering Menang Tipis 1-0 di LaLiga Spanyol

Tetap sahih masuk ke jajaran para legenda

Mayoritas manajer yang menukangi Barcelona kerap menerapkan ciri khas permainan menyerang dan menghibur dari masa ke masa. Filosofi total football era Johan Cruyff yang disempurnakan menjadi tiki-taka era kepelatihan Pep Guardiola membuat Barcelona identik dengan skor kemenangan mencolok. Meski begitu, tentunya Barcelona juga kerap memenangi laga dengan skor tipis.

Bahkan, di antaranya ada manajer Barcelona yang banyak menang dengan skor tipis, 1-0. Dominasi penguasaan bola yang jadi ciri khas Barcelona tak selalu berbanding lurus dengan jumlah gol yang mereka cetak. 

1. Johan Cryuff menang 1-0 33 kali dalam 100 pertandingan

3 Manajer Barcelona Paling Sering Menang Tipis 1-0 di LaLiga SpanyolJohan Cruyff (fcbarcelona.com)

Johan Cruyff mulai melatih Barcelona pada Mei 1988. Ia membangun fondasi permainan di Barcelona dengan menerapkan filosofi total football. Barcelona tampil dominan di LaLiga Spanyol lewat gaya permainan menghibur dan menyerang selama ditangani Johan Cruyfff.

Namun, Barcelona era Cruyff tidak selalu bisa menang dengan mencetak banyak gol. La Blaugrana cukup sering menang 1-0 dengan total 33 kali ketika Cruyff baru mencatat 100 pertandingan di LaLiga Spanyol. Meski tetap mampu mengalahkan lawannya, sang pelatih asal Belanda itu sendir yang mengaku tidak puas dengan kemenangan hanya dengan selisih satu gol saja. 

Baca Juga: 6 Pemain Barcelona 2006 yang Melatih Klub pada 2024

2. Rinus Michels menang 1-0 sebanyak 23 kali dalam 204 laga

3 Manajer Barcelona Paling Sering Menang Tipis 1-0 di LaLiga SpanyolRinus Michels (fcbarcelona.com)

Rinus Michels mulai menangani Barcelona pada Juli 1976. Ia merupakan sosok yang pertama kali memperkenalkan total football di Barcelona sebelum era Johan Cruyff. Michels memimpin Barcelona dalam total 204 pertandingan di LaLiga Spanyol pada periode 1971--1975.

Ia total meraih 105 kemenangan , 67 seri, dan 64 kalah dengan perolehan poin 367. Dari 105 kemenangan di LaLiga, 23 di antaranya diraih dengan skor 1-0. Michels hanya mampu memenangi dua gelar juara bergengsi selama menangani Barcelona, yaitu LaLiga Spanyol pada 1973/1974 dan Copa Del Rey 1977/1978.

3. Xavi Hernandez meraih kemenangan 1-0 dalam 94 laga LaLiga Spanyol

3 Manajer Barcelona Paling Sering Menang Tipis 1-0 di LaLiga SpanyolXavi Hernandez (fcbarcelona.com)

Xavi Hernandez ditunjuk sebagai manajer Barcelona usai Ronald Koeman dipecat pada November 2021. Ia merupakan sosok legenda yang begitu dihormati oleh Barcelona berkat kontribusinya selama menjadi pemain. Xavi diharapkan mampu mengembalikan identitas permainan Barcelona yang menyerang secara kolektif seperti ketika dirinya menjadi pemain di bawah asuhan Pep Guardiola.

Namun, ia ternyata tidak memainkan gaya bermain yang menjadi ciri khas Barcelona. Xavi lebih mengandalkan efektivitas serangan melalui direct football. Alhasil, Barcelona tidak lagi menampilkan gaya permainan "menghibur". Bahkan, penggemar cenderung menilai gaya permainan Xavi membosankan. Salah satunya terlihat dari bagaimana cara Barcelona meraih sederet kemenangan di LaLiga Spanyol.

Mereka kerap menang dengan skor tipis 1-0 saja. Barcelona di bawah era kepelatihan Xavi meraih kemenangan 1-0 sebanyak 23 kali dari total 94 pertandingan LaLiga Spanyol sejauh ini. Ia memang berhasil meraih gelar juara LaLiga Spanyol pada 2022/2023. Akan tetapi, Barcelona terlalu sering menang tipis dengan selisih satu gol dalam perjalanan memenangi titel juara tersebut.

Tiap manajer yang menukangi tim sekaliber Barcelona tentu dituntut meraih kemenangan dengan permainan indah dan menghibur. Skor pertandingan kerap kali menjadi parameter keberhasilan manajer Barcelona dalam menerapkan gaya permainan menyerang tersebut. Michels dan Cruyff yang identik dengan gaya permainan total football dinilai sukses menerapkan permainan tersebut meski sering menang dengan skor 1-0. Di sisi lain, Xavi yang lebih mengedepankan direct football dinilai menjadi antitetis meski sebenarnya hasil yang ia suguhkan juga tak tergolong buruk.

Baca Juga: 4 Bek Jebolan Akademi Barcelona di Premier League 2023/2024

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya