5 Petarung MMA China yang Paling Sukses, Rebut Juara Dunia

Banyak rekor yang telah mereka torehkan

China memiliki banyak sekali petarung MMA yang berlaga di berbagai kompetisi, antara lain UFC dan One Championship. Beberapa dari petarung MMA asal China tersebut telah banyak menorehkan prestasi yang sangat gemilang. Bahkan, mereka mampu menyabet gelar juara dunia yang dapat membanggakan negara.

Sederet petarung MMA asal China juga dikenal mahir menguasai berbagai aliran bela diri, mulai dari muay thai, jiujitsu, hingga kickboxing. Langsung intip profil sederet petarung MMA tersukses asal China sepanjang sejarah lewat ulasan ini, yuk!

1. Tiequan Zhang

5 Petarung MMA China yang Paling Sukses, Rebut Juara DuniaTiequan Zhang (mmafighting.com)

Tiequan Zhang merupakan mantan petarung UFC yang berkompetisi di divisi lightweight. Dilansir laman Sportskeeda, ia menjadi petarung pertama asal China yang bergabung di ajang UFC. Sebelum masuk ke UFC, Zhang telah memiliki rekor tarung 14 kemenangan dan 1 kali kalah.

Laga pertama Zhang di UFC diwarnai dengan kemenangan atas Jason Reinhardt. Keberingasannya di dalam arena membuat Zhang dijuluki The Mongolian Wolf atau Serigala Mongolia. Ia memutuskan untuk pensiun pada usia 38 tahun. Kini, ia berprofesi sebagai pelatih MMA.

Baca Juga: 7 Laga Kejuaraan Dunia ONE Championship Mendatang, Bertabur Bintang!

2. Song Yadong

5 Petarung MMA China yang Paling Sukses, Rebut Juara DuniaSong Yadong (ufc.com)

Song Yadong merupakan petarung andalan China di ajang UFC saat ini. Dulunya, Song tergabung dalam Alpha Male Team yang bermarkas di Kota California, Amerika Serikat. Bergabung UFC pada 2017, Song memulai kariernya dengan sangat baik.

Laga fenomenal Song terjadi pada November 2021, di mana pada saat itu ia berhasil menaklukkan petarung andalan Amerika Serikat, Julio Arce. Song Yadong dikenal akan tendangannya yang mematikan. Pada 2023, ia berada di peringkat delapan di kelas Bantamweight.

3. Zhang Lipeng

5 Petarung MMA China yang Paling Sukses, Rebut Juara DuniaZhang Lipeng (onefc.com)

Berbeda dengan dua petarung asal China sebelumnya, Zhang Lipeng berkompetisi di ajang ONE Championship. Sebelumnya, Zhang pernah berlaga di UFC, namun, akhirnya memutuskan keluar pada 2015. Prestasi terbesar Zhang Lipeng yang mungkin bakal sulit disaingi oleh petarung asal China lain adalah ketika ia mencatatkan rekor 16 kali kemenangan beruntun.

Zhang Lipeng pernah memenangi gelar di dua kelas berbeda, yaitu lightweight dan welterweight. Serangan Zhang yang paling ditakuti oleh lawan adalah pukulannya yang akurat dan bertenaga. Setiap kemenangan yang diraih petarung ini selalu menjadi topik hangat di China.

4. Xiong Jing Nan

5 Petarung MMA China yang Paling Sukses, Rebut Juara DuniaXiong Jing Nan (onefc.com)

Xiong Jing Nan menjadi petarung pertama China yang berhasil meraih juara dunia MMA di ajang ONE Championship. Maka, tidak heran jika nama Xiong Jing Nan masuk dalam daftar petarung MMA terhebat asal China ini. Banyak petarung kuat yang tidak berdaya ketika menghadapinya, antara lain Ayaka Miura dan Tiffany Teo.

Ia juga mampu mempertahankan sabuk juara dunia sebanyak enam kali. Saat bertanding, Xiong mempraktikkan ilmu bela diri boxing dan jiujitsu. Menariknya, dengan segala kesangaran Xiong Jing Nan di atas ring, ia memiliki julukan The Panda.

5. Weili Zhang

5 Petarung MMA China yang Paling Sukses, Rebut Juara DuniaWeili Zhang (ufc.com)

Weili Zhang merupakan petarung perempuan yang paling disegani di ajang tarung bebas UFC. Dilansir laman Mmasucka, Weili Zhang pernah menjadi juara dunia di kelas Strawweight. Beberapa petarung kuat yang pernah dikalahkannya antara lain Joanna Jedrzejczyk dan Jessica Andrade.

Hampir separuh pertandingan yang dilakoni Weili Zhang berakhir dengan kemenangan KO/TKO. Petarung yang kini berusia 33 tahun memiliki kekuatan tangan dan kaki yang mengerikan. Maka, tak heran jika banyak dari lawan-lawannya babak belur setelah bertarung dengan Zhang.

Petarung MMA asal China memang lebih banyak berkompetisi di ajang UFC dan One Championship. Gaya bertarung yang lincah dan agresif merupakan ciri khas dari para petarung MMA China.

Baca Juga: 5 Petarung UFC dengan Kemampuan Grappling Paling Ditakuti

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah, jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya