5 Petarung MMA Korea Selatan yang Kariernya Paling Bersinar

Ada yang dijuluki The Legend Killer

Intinya Sih...

  • Korea Selatan melahirkan petarung MMA berprestasi di berbagai kejuaraan internasional, dengan banyak rekor KO tercepat.
  • Dong Hyun Kim, Doo Ho Choi, Rae Yoon Ok, Hyun Gyu Lim, dan Chan Sung Jung adalah petarung Korea Selatan yang kariernya bersinar.
  • Rekor-rekor dan prestasi mereka menunjukkan kemampuan bela diri taekwondo dan judo yang mengagumkan.

Korea Selatan termasuk salah satu negara di Asia yang sering melahirkan petarung MMA berprestasi. Mereka berkompetisi di berbagai macam kejuaraan internasional, mulai dari ONE Championship hingga UFC. Banyak rekor yang telah diciptakan oleh petarung-petarung Korea Selatan tersebut. Salah satunya rekor KO tercepat.

Sebagian besar dari mereka banyak mempraktikan ilmu bela diri taekwondo di atas arena. Dikenal akan pergerakan tubuhnya yang lincah, berikut ini lima pertarung MMA Korea Selatan yang kariernya paling bersinar.

1. Dong Hyun Kim dikenal akan kemampuan grappling yang mengagumkan

5 Petarung MMA Korea Selatan yang Kariernya Paling BersinarDong Hyun Kim (ufc.com)

Dong Hyun Kim berkompetisi di kelas welterweight UFC. Kim merupakan seorang master judo yang mengandalkan kemampuan grappling untuk menumbangkan lawan. Selain judo, ia juga menguasai taekwondo.

Dong Hyun Kim telah berlatih judo dan taekwondo sejak usianya 14 tahun. Sepanjang kariernya, ia telah melakoni 27 pertandingan. Kim mampu mencatatkan rekor dengan 22 menang, 1 seri, dan 4 kalah.

2. Doo Ho Choi memiliki rekor tidak terkalahkan selama 6 tahun

5 Petarung MMA Korea Selatan yang Kariernya Paling BersinarDoo Ho Choi (ufc.com)

Doo Ho Choi dikenal sebagai petarung berwajah bayi. Berkat wajahnya yang terlihat polos, ia diberi julukan The Korean Superboy. Namun, kemampuan bela diri Choi membuat banyak lawannya kewalahan saat menghadapinya di atas ring.

Doo Ho Choi merupakan petarung yang berasal dari daerah Gumi, Korea Selatan. Ia tergabung dalam Busan Team MAD. Torehan gemilang yang pernah dicatatkan Choi adalah rekor tak terkalahkan selama 6 tahun.

Baca Juga: ONE 166: Qatar Ungkap Tiga Laga Kejuaraan Dunia MMA

3. Rae Yoon Ok telah menumbangkan banyak petarung kuat

5 Petarung MMA Korea Selatan yang Kariernya Paling BersinarRae Yoon Ok (onefc.com)

Berbeda dengan dua petarung sebelumnya, Rae Yoon Ok berkompetisi di ONE Championship. Keberingasannya saat bertarung membuat Rae dijuluki The Legend Killer. Kemenangan terbesar Rae terjadi ketika berhasil menumbangkan Marat Gafurov dan Eddie Alvarez.

Ia juga pernah mengalahkan juara dunia divisi lightweight, Christian Lee, dalam 5 ronde. Namun, pada laga ulang, Rae Yoon Ok harus mengakui keunggulan Christian Lee. Salah satu senjata andalan dari petarung berusia 32 tahun ini sendiri dalah tendangannya yang mematikan.

4. Hyun Gyu Lim menjadi salah satu legenda UFC

5 Petarung MMA Korea Selatan yang Kariernya Paling BersinarHyun Gyu Lim (kanan) (ufc.com)

Hyun Gyu Lim memiliki postur badan yang besar dengan tinggi 191 sentimeter. Pukulan tangannya yang bertenaga dan akurat menjadi mimpi buruk bagi lawan-lawannya di atas ring. Sebagian besar kemenangan yang diraih Hyun didapat dari knockout.

Hyun Gyu Lim memutuskan pensiun dari UFC pada 2018. Laga terakhirnya melawan Igor Svirid berakhir dengan kemenangan. Lim mempraktikan ilmu bela diri taekwondo dan tinju.

5. Chan Sung Jung mencatatkan rekor kemenangan tercepat

5 Petarung MMA Korea Selatan yang Kariernya Paling BersinarChan Sung Jung (ufc.com)

Chan Sung Jung mengawali kariernya sebagai petarung MMA profesional pada 2007. Jung telah banyak mengikuti kompetisi MMA, di antaranya Pancrase, WEC, Korea FC, dan UFC. Berbagai ilmu bela diri dikuasainya, mulai dari taekwondo, jiu-jitsu, kickboxing, dan judo.

Di atas arena, Chan Sung Jung sering melancarkan serangan yang tidak terduga, seperti tinju berputar dan lutut melayang. Jung mencatatkan 17 kemenangan dan 8 kekalahan sepanjang kariernya. Torehan gemilang yang pernah dibuat Jung di UFC adalah rekor KO tercepat hanya dalam waktu 7 detik.

Hingga saat ini, Korea Selatan masih rutin mengirimkan petarung-petarung MMA mudanya ke berbagai kompetisi. Diharapkan akan ada petarung MMA Korea Selatan yang menorehkan prestasi gemilang dengan mendapatkan sabuk gelar juara dunia.

Baca Juga: One Pride MMA 2024 Segera Hadir, Gandeng Sukun Jadi Sponsor

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya