5 Petarung Rusia yang Bersinar di UFC, Khabib Salah Satunya

Paling ditakuti di kelasnya

Banyak petarung dari berbagai negara di dunia berkompetisi di ajang tarung bebas Ultimate Fighting Championship (UFC). Beberapa di antaranya merupakan petarung Rusia.

Petarung asal Negara Beruang Merah memang mendominasi UFC, mulai dari kelas lightweight, featherweight, hingga heavyweight. Beberapa dari mereka berhasil meraih gelar juara dunia yang dapat membanggakan negaranya.

Menorehkan banyak rekor fantastis, bahkan ada yang berpredikat sebagai petarung yang tidak terkalahkan, inilah lima petarung Rusia yang bersinar di UFC.

1. Aleksei Oleinik telah meraih banyak kemenangan

5 Petarung Rusia yang Bersinar di UFC, Khabib Salah SatunyaAleksei Oleinik (ufc.com)

Aleksei Oleinik masih aktif bertarung ketika usianya telah menginjak 44 tahun. Ini menunjukkan betapa hebat dirinya sebagai seorang petarung profesional. Dalam rekor tandingnya, Oleinik telah melakoni 78 laga dengan meraih 60 kemenangan, 17 kekalahan dan 1 seri.

Beberapa kemenangan terbaiknya adalah berhasil menumbangkan tiga petarung kuat, di antaranya Fabricio Werdum, Mark Hunt, dan Mirko Filipovic. Oleinik sendiri bergabung ke UFC pada 2013. Salah satu senjata andalannya saat bertarung adalah kekuatan pukulannya yang keras.

2. Alexander Volkov menguasai dua ilmu bela diri

5 Petarung Rusia yang Bersinar di UFC, Khabib Salah SatunyaAlexander Volkov (ufc.com)

Alexander Volkov dikenal akan postur tubuhnya yang besar dengan tinggi mencapai 2,08 meter. Ini membuat lawannya sulit untuk menjatuhkannya. Ia juga mempunyai nama panggung Drago yang cukup mengintimidasi. Volkov merupakan ahli ilmu bela diri jiu jitsu serta karate dan telah memegang sabuk hitam.

Namun, Volkov memiliki pergerakan yang kurang cepat sehingga dirinya sering kalah melawan petarung gesit, seperti Tom Aspinall dan Ciryl Gane. Dalam kariernya, Volkov telah melakoni sebanyak 45 pertandingan. Ia meraih 35 kemenangan dengan 24 berakhir knock out (KO).

Baca Juga: 5 Petarung Bertubuh Pendek dalam Sejarah UFC

3. Islam Makhachev memiliki rekor tanding mengagumkan

5 Petarung Rusia yang Bersinar di UFC, Khabib Salah SatunyaIslam Makhachev (ufc.com)

Hanya pernah mengalami satu kali kekalahan sepanjang kariernya membuat nama Islam Makhachev masuk dalam daftar petarung UFC terbaik asal Rusia. Makhachev bertarung di divisi lightweight. Ia berkompetisi bersama petarung UFC berlabel bintang lainnya, seperti Conor McGregor, Dustin Poirier, dan Charles Oliveira.

Islam Makhachev memiliki kemampuan gulat mengagumkan. Beberapa kemenangannya diraih dengan cara kuncian. Salah satu kemenangan paling gemilang yang pernah diraih Makhachev adalah berhasil menumbangkan raja pound for pound, Alexander Volkanovski, yang merupakan petarung andalan Australia.

4. Umar Nurmagomedov dengan kekuatan tendangannya yang mematikan

5 Petarung Rusia yang Bersinar di UFC, Khabib Salah SatunyaUmar Nurmagomedov (ufc.com)

Umar Nurmagomedov menjadi petarung andalan Rusia di UFC saat ini di samping Islam Makhachev. Ia memiliki tendangan dan pukulan yang sangat keras sehingga menjadi senjata andalannya untuk menumbangkan lawan di atas arena. Dalam 16 kali laga yang telah dilakoninya, Umar Nurmagomedov belum pernah menderita kekalahan.

Kemampuan menyerangnya yang beringas dan tanpa ampun membuat Umar Nurmagomedov sangat ditakuti oleh para petarung di kelas bantamlight. Tidak heran jika kariernya di UFC diprediksi terus bersinar. Latihan keras dan disiplin merupakan kunci keberhasilan Umar Nurmagomedov.

5. Khabib Nurmagomedov menutup kariernya dengan cemerlang

5 Petarung Rusia yang Bersinar di UFC, Khabib Salah SatunyaKhabib Nurmagomedov (ufc.com)

Pencinta UFC sangat mengenal sosok Khabib Nurmagomedov. Aksinya  yang melompat keluar arena setelah mengalahkan Conor McGregor pernah mengejutkan dunia. Selama kariernya di UFC, Khabib Nurmagomedov belum pernah kalah sekali pun dalam 29 laga yang telah dijalaninya.

Khabib Nurmagomedov merupakan petarung yang sangat ahli dalam bela diri judo sehingga memiliki kuncian yang membuat banyak lawannya menyerah. Petarung yang dijuluki The Eagle ini menandatangi kontrak di UFC pada 2011 dan berhasil meraih juara dunia di kelas lightweight. Fakta menarik lainnya, Khabib Nurmagomedov merupakan sepupu dari Umar Nurmagomedov.

Tiap tahunnya, Rusia memang rutin mendatangkan petarung-petarung muda bertalenta ke UFC. Dari kelima petarung di atas, kira-kira mana, nih, yang menjadi idolamu? Khabib Nurmagomedov umumnya menjadi yang teratas.

Baca Juga: 4 Kemenangan KO Ilia Topuria di UFC, Terbaru dari Volkanovski

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya