5 Petarung UFC yang Pernah Meraih Medali Olimpiade

Ada yang mendapatkan medali emas

UFC merupakan ajang bagi petarung MMA terbaik dari seluruh dunia. Berbagai latar belakang dari para petarung pun sangat menarik untuk diketahui.

Banyak petarung UFC dahulunya atlet profesional di berbagai kejuaraan. Bahkan, ada yang berhasil menyabet medali Olimpiade.

Dikenal akan teknik bertarungnya yang brilian, inilah lima petarung UFC yang pernah meraih medali Olimpiade itu.

1. Sara McMann meraih medali perak cabor gulat di Olimpiade 2004 Athena

5 Petarung UFC yang Pernah Meraih Medali OlimpiadeSara McMann (ufc.com)

Sara McMann memulai kariernya di UFC pada usia 30 tahun. Meski terbilang terlambat, prestasi yang ditorehkan McMann cukup gemilang. Dalam tujuh laga pertamanya di UFC, ia mengakhirinya dengan kemenangan.

Sara McMann dikenal akan kemampuan gulatnya yang mengagumkan. Ia pernah meraih medali perak di cabang olahraga gulat freestyle 63 kilogram di Olimpiade 2004 Athena. Kemampuan itu yang membawanya bersinar di UFC. Pertarungan terbesarnya di UFC sendiri terjadi pada 2014 saat menantang juara dunia bantamweight, Rounda Rousey.

2. Yoel Romero juga meraih medali perak cabor gulat di Olimpiade 2000 Sydney

5 Petarung UFC yang Pernah Meraih Medali OlimpiadeYoel Romero (ufc.com)

Yoel Romero merupakan petarung asal Kuba. Ia menjadi salah satu petarung tertua di UFC yang berkompetisi di divisi middleweight. Keberingasan Romero di atas arena dapat dibuktikan dengan mengalahkan beberapa juara dunia, di antaranya Tim Kennedy, Jacare Souza, dan Lyoto Machida.

Di samping itu, Yoel Romero juga pernah mempersembahkan medali perak cabang olahraga gulat freestyle 85 kilogram untuk Kuba di Olimpiade 2000 Sydney. Ia merupakan seorang atlet gulat saat itu. Ia tambah gemilang setelah meraih sedikitnya lima medali di kejuaraan dunia gulat.

Baca Juga: 5 Petarung Bertubuh Pendek dalam Sejarah UFC

3. Henry Cejudo menyabet medali emas Olimpiade 2008 Beijing saat berusia 21 tahun

5 Petarung UFC yang Pernah Meraih Medali OlimpiadeHenry Cejudo (ufc.com)

Henry Cejudo dikenal sebagai petarung bertubuh pendek. Akan tetapi, prestasi yang ditorehkan Cejudo sebagai petarung UFC dan atlet gulat sangat membanggakan. Ia pernah memenangkan medali emas cabang olahraga gulat freestyle 55 kilogram di Olimpiade 2008 Beijing saat masih berusia 21 tahun.

Sedangkan, di UFC, Henry Cejudo merupakan juara dunia di dua divisi sekaligus, yaitu flyweight dan bantamweight. Ia membuat rekor dalam kariernya dengan meraih sepuluh kemenangan secara beruntun. Saat ini, Cejudo sendiri berstatus sebagai salah satu legenda UFC.

4. Matt Lindland mendapat medali perak gulat greco-roman di Olimpiade 2000 Sydney

5 Petarung UFC yang Pernah Meraih Medali OlimpiadeMatt Lindland (mmaweekly.com)

Matt Lindland merupakan mantan atlet gulat dan petarung UFC. Perjalanan karier Lindland terbilang menarik. Ia pernah menjadi petarung sekaligus pelatih MMA. Pada 1999, kebetulan Lindland bersama dua temannya mendirikan sebuah pusat pelatihan yang diberi nama Team Quest MMA.

Kehebatannya dalam olahraga gulat memang tidak perlu diragukan lagi. Ia pernah menyabet medali perak cabang olahraga gulat greco-roman 76 kilogram di Olimpiade 2000 Sydney. Hal inilah yang membuatnya memiliki kemampuan grappling yang mengagumkan. Pada 2013, Matt Lindland pun dipercaya untuk melatih US Greco-roman Wrestling Team.

5. Ronda Rousey merebut medali perunggu cabang olahraga judo di Olimpiade 2008 Beijing

5 Petarung UFC yang Pernah Meraih Medali OlimpiadeRonda Rousey melakukan kuncian (ufc.com)

Ronda Rousey menjadi petarung perempuan paling terkenal di UFC. Ia juga bekerja sebagai aktris yang berperan di beberapa film Hollywood, di antaranya Fast and Furious 7 dan Mile 22. Di UFC, Rousey sendiri berkompetisi di divisi bantamweight.

Sebagai atlet berprestasi, ia telah memegang sabuk juara dunia bantamweight. Rousey berhasil mempertahankan gelarnya itu sebanyak enam kali. Sebagian besar kemenangan didapatnya dengan cara kuncian atau submission. Selain itu, Rousey sempat menyabet medali perunggu cabang olahraga judo 70 kilogram di Olimpiade 2008 Beijing.

Sebagian besar petarung UFC yang meraih medali Olimpiade bertanding di cabang olahraga gulat. Hanya Ronda Rousey yang tampil di cabang olahraga judo. Sebagian besar juga meraih medali perak atau perunggu. Hanya Henry Cejudo yang menyabet medali emas.

Baca Juga: Legenda UFC Royce Gracie Kalahkan 4 Petarung dalam Semalam

IDTM Photo Verified Writer IDTM

Hidup itu mudah jangan dipersulit

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya