4 Cabang Olahraga Barcelona selain Sepak Bola

Cukup berprestasi seperti tim sepak bola

Barcelona merupakan salah satu klub sepak bola terbesar di dunia. Klub tersebut mempunyai basis penggemar yang kuat. Barcelona juga pernah menggemparkan dunia karena sextuple pada 2008/2009.

Klub yang dilatih Pep Guardiola pada musim tersebut sukses meraih enam trofi, terdiri dari: Copa del Rey, LaLiga Spanyol, Piala Super Spanyol, Liga Champions Eropa, Piala Super Eropa, dan Piala Dunia Antarklub. Sejauh ini, rekor tersebut hanya dimiliki oleh dua klub, yaitu Barcelona dan Bayern Munchen.

Di liga sendiri, Barcelona merupakan rival dari Real Madrid. Kedua klub tersebut selalu bersaing mendapatkan gelar juara liga tiap musimnya. Namun, siapa sangka Barcelona yang terkenal sebagai salah satu klub sepak bola terbesar ternyata juga menekuni beberapa cabang olahraga dengan nama sama. Inilah cabang olahraga Barcelona selain sepak bola itu.

1. Klub basket Barcelona pernah meraih empat gelar juara dalam semusim

4 Cabang Olahraga Barcelona selain Sepak BolaNicolas Laprovittola (instagram.com/fcbbasket)

Barcelona mendirikan klub bola basket pada 24 Agustus 1926. Dibutuhkan waktu berpuluh tahun agar klub tersebut dapat bermain di divisi pertama. Pada 1984/1985, klub tersebut berhasil meraih kejuaraan Eropa pertamanya. Tak butuh waktu lama, setahun kemudian, klub basket Barcelona berhasil meraih gelar yang sama untuk kedua kalinya.

Masa keemasan klub ini terjadi pada 2009/2010. Pada saat itu, pelatih bernama Xavi Pascual sukses mengantarkan mereka meraih empat gelar juara, yang terdiri dari: Liga Catalan, Piala Super ACB, Copa del Rey, dan EuroLeague. Semenjak didirikan sampai sekarang ini, klub basket Barcelona telah meraih banyak gelar, seperti 20 gelar juara Piala Liga, 2 gelar juara EuroLeague, 6 gelar juara Piala Super Spanyol, dan 1 gelar juara Intercontinental Cup.

2. Klub bola tangan Barcelona mencatatkan rekor fantastis

4 Cabang Olahraga Barcelona selain Sepak BolaAleix Gomez (instagram.com/fcbhandbol)

Barcelona mendirikan klub bola tangan secara resmi pada 23 November 1943. Klub ini mulai memiliki masa emas pada 1980-an. Pada 1984, kedatangan pelatih bernama Valero Rivera sukses membuat klub tersebut mendapatkan banyak gelar.

Klub bola tangan Barcelona pernah mencatatkan rekor yang fantastis atas juara liga berturut-turut pada 1987–1992. Rekor tersebut diulang pada 1995–2000. Sejak didirikan sampai sekarang, klub bola tangan Barcelona telah meraih banyak gelar, seperti 31 Liga Asobal, 11 Liga Champions, 27 Piala Raja, dan 24 Piala Super Spanyol.

Baca Juga: 7 Pemain yang Pernah Membela Barcelona dan PSG dalam 10 Tahun Terakhir

3. Klub futsal Barcelona langsung sukses tak lama setelah didirikan

4 Cabang Olahraga Barcelona selain Sepak BolaPara pemain futsal Barcelona sedang merayakan kejuaraan. (instagram.com/fcbfutsal)

Cabang olahraga ini ditekuni Barcelona pada 1978. Barcelona secara resmi membentuk klub tersebut dan bergabung ke divisi ketiga. Tak butuh waktu lama, pada 1979/1980, Barcelona membawa klubnya promosi ke divisi pertama. Klub tersebut sukses menjadi juara pada 2 musim pertamanya.

Barcelona mendapatkan Piala UEFA Futsal pertama pada 2012. Kemudian, pada 2022, klub tersebut sukses menjuarai Piala UEFA lagi sebanyak tiga kali. Selain itu, di kancah domestik, Barcelona juga telah meraih beberapa gelar, seperti 7 kali juara liga dan 7 kali juara Piala Spanyol.

4. Klub hoki roller Barcelona mengantongi trofi Eropa terbanyak

4 Cabang Olahraga Barcelona selain Sepak BolaPara pemain hoki roller Barcelona pada saat pertandingan. (instagram.com/fcbhoquei)

Roller Hockey FC Barcelona didirikan pada 1 Juni 1942. Klub ini sempat memiliki kendala tempat setahun kemudian yang membuatnya menghilang dan muncul kembali pada 1948. Meski begitu, pada 1970, klub ini mulai memiliki pencapaian yang fantastis. Sepanjang 1972–1987, Barcelona setidaknya mendapatkan satu piala tiap musim, kecuali pada 1975/1976.

Klub hoki roller Barcelona telah memenangkan Liga Spanyol sebanyak 33 kali, Liga Eropa 22 kali, Copa del Rey 26 kali, dan Piala Super Spanyol 13 kali. Hoki roller merupakan cabang olahraga Barcelona yang memiliki Piala Eropa terbanyak di antara yang lainnya.

Barcelona yang dikenal sebagai klub sepak bola ternyata juga memiliki klub di cabang olahraga lain. Tak jauh beda dengan klub sepak bolanya, klub di cabang olahraga lain juga memiliki prestasi yang gemilang. Mungkinkah klub Barcelona di cabang olahraga lain bisa seterkenal klub sepak bolanya?

Baca Juga: Xavi Hernandez Ingin Tetap Bertahan di Barcelona

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya