Nikola Jokic dan Sederet Pebasket Serbia di Kancah NBA

Ada yang pernah main film Hollywood

Serbia adalah salah satu negara dengan kualitas basket terbaik di Eropa. Jika ditanya pemain Serbia paling dikenal saat ini, tentu terlintas di benak kita nama Nikola Jokic.

Ternyata, selain Jokic, masih ada beberapa pemain Serbia lain yang berkarier di NBA. Penasaran? Yuk, simak beberapa nama di bawah!

1. Bogdan Bogdanovic

Nikola Jokic dan Sederet Pebasket Serbia di Kancah NBABogdan Bogdanovic (nba.com)

Bogdan Bogdanovic lahir di Belgrad, Serbia, 18 Agustus 1992. Sebelum bermain di NBA, Bogdan sempat bermain di beberapa klub, seperti Partizan (Serbia) dan Fenerbahce (Turki).

Bogdanovic mengikuti NBA Draft 2014 dan dipilih oleh Phoenix Suns di urutan ke-27 ronde pertama. Namun, ia baru berkesempatan debut di NBA pada 2017 setelah ditukar ke Sacramento Kings.

Setelah 3 tahun di Kings, Bogdan pindah ke Atlanta Hawks. Di Hawks, performa Bogdan makin meningkat. Hal ini terbukti dari keberhasilannya membantu Hawks menembus final Wilayah Timur pada Playoff 2021. Sayang, Hawks ditekuk Milwaukee Bucks yang kemudian berhasil keluar sebagai juara NBA 2021.

2. Boban Marjanovic

https://www.youtube.com/embed/CZqyEHErXMc

Boban Marjanovic adalah salah satu pemain tertinggi di NBA saat ini. Ia menjulang dengan tinggi 2,24 meter. Tingginya hanya kalah oleh pemain asal Senegal yang kini berseragam Cleveland Cavaliers, Tacko Fall.

Marjanovic mengikuti NBA Draft 2014 dan berakhir undrafted. Namun, ia mendapat kesempatan dari San Antonio Spurs yang memberinya kontrak 1 tahun pada 17 Juli 2015. Setelah kontraknya habis, Marjanovic sempat berpindah klub beberapa kali hingga sekarang berseragam Dallas Mavericks.

Selain bermain basket, ternyata Marjanovic juga menjajal dunia akting. Ia telah membintangi beberapa film. Salah satunya adalah John Wick: Chapter 3 - Parabellum yang dibintangi aktor ternama Keanu Reeves.

Baca Juga: 10 Potret Nikola Jokic, MVP NBA Pertama dari Serbia

3. Nemanja Bjelica

Nikola Jokic dan Sederet Pebasket Serbia di Kancah NBANemanja Bjelica (nba.com)

Nemanja Bjelica mengikuti NBA Draft 2010 dan terpilih di urutan ke-35 ronde kedua oleh Washington Wizards. Namun, ia baru berkesempatan debut pada 28 Oktober 2015 setelah ditukar ke Minnesota Timberwolves.

Setelah beberapa kali berganti tim, sekarang Bjelica berseragam Golden State Warriors yang merupakan salah satu tim unggulan juara. Tentu ini menjadi kesempatan Bjelica untuk meraih titel juara NBA pertamanya. Performanya di Warriors juga cukup apik dengan beberapa kali mencetak poin berdigit ganda.

4. Aleksej Pokusevski

https://www.youtube.com/embed/9XKrkpd6TTk

Pokusevski mengikuti NBA Draft 2020 dan terpilih di ronde pertama urutan ke-17 oleh Oklahoma City Thunder. Sebelumnya, ia bermain untuk klub Yunani, Olympiacos. Setelah memainkan beberapa pertandingan bersama Thunder, Pokusevski dipindah ke tim G League, Oklahoma City Blue, pada 3 Februari 2021 lalu.

Meski demikian, performa Pokusevski bisa dibilang cukup bagus. Ia beberapa kali mencetak statistik digit ganda dan menjadi pemain termuda kedua dalam sejarah, setelah LeBron James, yang berhasil mencetak lima tripoin dalam satu pertandingan.

5. Nikola Jokic

Nikola Jokic dan Sederet Pebasket Serbia di Kancah NBANikola Jokic (nba.com)

Nikola Jokic adalah salah satu pebasket Serbia terbaik sekaligus paling populer saat ini. Berposisi sebagai center, Jokic memiliki kemampuan mengoper, menembak jarak jauh, dan kelincahan yang luar biasa. Ia juga sangat mendominasi paint area dengan kemampuan rebound-nya yang sangat apik.

Jokic sendiri mengikuti NBA Draft 2014 dan terpilih di urutan ke-41 ronde kedua oleh Denver Nuggets. Meski dipilih di urutan buncit, Jokic termasuk steal draft seiring berhasil membuktikan kualitasnya dengan terpilih NBA MVP 2021, tiga kali NBA All-Star, serta beberapa penghargaan bergengsi lainnya.

Sekarang, Jokic menjadi tulang punggung Nuggets saat cederanya point guard sekaligus bintang Nuggets lainnya, Jamal Murray. Jokic sendiri dikenal dengan gerakan sombor shuffle-nya yang disebut mirip legenda Dallas Mavericks, Dirk Nowitzki.

Kita masih bisa menyaksikan penampilan pemain di atas dalam beberapa tahun ke depan. Mereka saat ini bermain untuk timnya masing-masing, berjuang agar bisa menembus playoff. Siapa yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: Suns ke Final Conference NBA, Nikola Jokic Jadi Pesakitan

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya