Comscore Tracker

Sebelum Gui Santos, 5 Pemain Brasil Ini Pernah Berkiprah di NBA

Hanya Raul Neto yang masih aktif bermain di NBA saat ini

Terpilihnya Gui Santos sebagai satu-satunya pemain Brasil pada gelaran NBA Draft 2022 seolah memberi harapan bagi pemain Brasil lainnya untuk bisa menembus NBA. Pasalnya, tidak banyak pemain Brasil yang berhasil menembus NBA, apalagi yang masih aktif hingga saat ini.

Sebelum Gui Santos, Brasil telah sukses mengirimkan beberapa pemain ke NBA. Berikut akan kami ulas beberapa di antaranya!

1. Nene Hilario

https://www.youtube.com/embed/5ffRN19gsSA

Nene Hilario memulai kariernya di NBA setelah dipilih di urutan ketujuh pada NBA Draft 2002. Tim yang memilihnya adalah New York Knicks, dan langsung menukar Nene ke Denver Nuggets pada hari yang sama. 

Sebelum melantai di NBA, Nene terlebih dulu bermain untuk klub Brasil, yang bernama Vasco da Gama selama 3 tahun. Nene cukup lama berkarier di NBA, yakni sejak 2002 hingga 2020. Prestasi terbaiknya adalah terpilih NBA All-Rookie First Team 2003.

2. Leandro Barbosa

Sebelum Gui Santos, 5 Pemain Brasil Ini Pernah Berkiprah di NBALeandro Barbosa (nba.com)

Leandro Barbosa pemain berposisi guard yang berkarier di NBA setelah dipilih di urutan ke-28 oleh San Antonio Spurs pada NBA Draft 2003. Pemain yang sekarang telah berusia 39 tahun ini sudah pensiun, dan kini menjabat sebagai staf pelatif di Golden State Warriors.

Barbosa sempat mencicipi gelar juara NBA pertamanya saat membela Golden State Warriors pada musim 2014/2015. Selain juara NBA, Barbosa juga pernah terpilih NBA Sixth Man of the Year 2007.

Baca Juga: 5 Pelatih NBA Musim Ini yang Pernah Juara NBA Saat Jadi Pemain

3. Raul Neto

Sebelum Gui Santos, 5 Pemain Brasil Ini Pernah Berkiprah di NBARaul Neto (nba.com)

Raul Neto adalah satu-satunya pemain dalam daftar ini yang masih aktif di NBA. Perjalanannya di NBA dimulai setelah ia dipilih di urutan ke-47 oleh Atlanta Hawks pada NBA Draft 2013, meski Neto langsung ditukar ke Utah Jazz pada hari yang sama.

Meski sudah terpilih pada kelas draf 2013, Neto baru debut bersama Jazz pada 2015. Setelah 4 tahun di Jazz, pemain yang rutin mewakili Timnas Brasil ini sempat membela Philadelphia 76ers selama semusim sebelum hijrah ke Washington Wizards, tim yang ia perkuat hingga saat ini.

4. Anderson Varejao

Sebelum Gui Santos, 5 Pemain Brasil Ini Pernah Berkiprah di NBAAnderson Varejao (nba.com)

Anderson Varejao terakhir bermain di NBA pada 2021, saat mendapat kontrak 10 hari dari Cleveland Cavaliers. Varejao sendiri dipilih di urutan ke-30 pada NBA Draft 2004 oleh Orlando Magic, sebelum langsung ditukar ke Cleveland Cavaliers pada hari yang sama.

Varejao cukup awet di Cavaliers, dengan bermain selama 12 tahun (2004--2016), sebelum berpindah ke Golden State Warriors. Ia tidak bertahan lama di Warriors, dan hanya memainkan total 36 pertandingan. Soal prestasi individu, Varejao pernah 1 kali terpilih NBA All-Defensive 2010.

5. Tiago Splitter

https://www.youtube.com/embed/BFYos9YVmwA

Tiago Splitter termasuk dalam staf kepelatihan Brooklyn Nets sejak 2019 hingga saat ini. Jauh sebelumnya, ia pernah berkarier di NBA sebagai pemain setelah dipilih di urutan ke-28 pada NBA Draft 2007 oleh San Antonio Spurs.

Meski demikian, Splitter baru debut bersama Spurs pada 2010, dan bertahan di sana selama 5 tahun (2010--2015). Dalam kurun waktu itu, Splitter merengkuh satu cincin juara NBA bersama Spurs pada 2014. Ia mengakhiri kariernya sebagai pemain bersama Philadelphia 76ers di musim 2016/2017. 

 

Dari semua nama di atas, memang tidak ada yang menjadi pemain bintang. Meski demikian, keberhasilan mereka berkarier di NBA sudah menjadi kebanggaan tersendiri bagi Brasil. Untuk Gui Santos, mampukah ia tampil lebih baik dari para pendahulunya dan menjadi pemain bintang ke depannya?

Baca Juga: 10 Potret Raul Neto, Pebasket Brasil Paling Senior di NBA Saat Ini

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

Penulis iseng yang bingung mau nulis apa :D

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya