3 Pemain NBA 2024 di 40 Besar All-Time Rebound Leaders

LeBron James menduduki peringkat ke-30

Rebound termasuk salah satu aspek penting dalam permainan bola basket. Rebound bisa memberi tim kesempatan untuk melakukan serangan balik (defensive rebound) ataupun kesempatan kedua dalam menyerang (offensive rebound). Rebound biasanya menjadi tugas para pemain berposisi power forward atau center. 

Di NBA sendiri, ada beberapa pemain yang sudah mengumpulkan cukup banyak rebound. Salah satunya adalah bintang veteran Los Angeles Lakers, LeBron James. Dia kini berada di peringkat ke-30 All-Time NBA Rebound Leaders. Selain James, masih ada dua pemain NBA 2024 lain yang juga masuk dalam 40 besar All-Time NBA Rebound Leaders. Siapa saja mereka?

1. LeBron James mengumpulkan total 11.062 rebound dan bercokol di peringkat ke-30

3 Pemain NBA 2024 di 40 Besar All-Time Rebound LeadersLeBron James (nba.com)

LeBron James adalah pemain berusia 39 tahun yang kini bermain untuk Los Angeles Lakers. Di usia yang sudah tidak muda, dia masih mampu tampil di level tertinggi. Pemain berposisi small forward dan power forward ini masih jadi tumpuan utama Los Angeles Lakers, baik dalam menyerang maupun bertahan.

James sendiri sudah berkarier di NBA selama kurang lebih 20 tahun. Dalam kurun waktu itu, dia sukses menyabet berbagai penghargaan, di antaranya 4 cincin juara NBA, 4 NBA Finals MVP, dan 4 NBA MVP. Selain itu, James juga baru-baru ini berhasil memecahkan rekor sebagai pemain NBA pertama yang mengumpulkan 40.000 poin.

Di sisi lain, nama James sudah masuk dalam beberapa kategori All-Time NBA yang berbeda. Salah satu kategori tersebut adalah All-Time NBA Rebound Leaders. Dalam kategori tersebut, pemain setinggi 206 sentimeter ini mengumpulkan total 11.062 rebound  per 8 Maret 2024. Jumlah itu membuat James bercokol di peringkat ke-30 All-Time NBA Rebound Leaders.

James masih berpeluang untuk naik peringkat dalam kategori All-Time NBA Rebound Leaders. Pasalnya, dia masih aktif bermain di NBA dan memiliki produktivitas yang tinggi. Saat ini, James terpaut 194 rebound dari Dolph Schayes yang berada di peringkat ke-29.

2. Andre Drummond, center pelapis Chicago Bulls dengan total 10.513 rebound

3 Pemain NBA 2024 di 40 Besar All-Time Rebound LeadersAndre Drummond (nba.com)

Berikutnya, ada pemain berposisi center yang kini berseragam Chicago Bulls. Pemain itu adalah Andre Drummond. Sebelum menjadi bagian dari Chicago Bulls, pria berusia 30 tahun ini sempat bermain untuk beberapa tim NBA berbeda. Sebut saja Detroit Pistons, Cleveland Cavaliers, Los Angeles Lakers, Philadelphia 76ers, dan Brooklyn Nets.

Sayang, Drummond kini hanya menjadi center pelapis di Chicago Bulls. Dia agaknya kesulitan menyaingi Nikola Vucevic yang dipercaya sebagai center nomor satu tim. Sejatinya, Drummond merupakan salah satu center top NBA pada masanya. Dia pernah 2 kali terpilih NBA All-Star dan 4 kali menyabet penghargaan NBA Rebounding Leader.

Drummond memang cukup piawai dalam mengamankan bola muntah. Secara keseluruhan, pemain setinggi 211 sentimeter ini sudah mengantongi 10.513 rebound per 8 Maret 2024. Jumlah itu membuat nama Drummond menduduki peringkat ke-33 di All-Time NBA Rebound Leaders.

3. DeAndre Jordan menempati peringkat ke-36 dengan total 10.476 rebound

3 Pemain NBA 2024 di 40 Besar All-Time Rebound LeadersDeAndre Jordan (nba.com)

DeAndre Jordan adalah pemain berusia 35 tahun yang kini memperkuat Denver Nuggets. Pemain dengan tinggi badan 211 sentimeter ini biasa tampil sebagai center. Sayang, nasibnya tidak jauh lebih baik ketimbang Andre Drummond. Jordan juga hanya menjadi  center pelapis di Denver Nuggets.

Jordan sendiri pernah jadi salah satu center top di NBA, terutama saat masih berkostum Los Angeles Clippers. Bersama Chris Paul dan Blake Griffin, Jordan membuat Los Angeles Clippers punya julukan lob city.  Penyebab Jordan hanya menjadi pemain pelapis di Denver Nuggets agaknya adalah faktor usia dan performa yang sudah tidak prima. Apalagi, dia harus bersaing dengan center kaliber MVP seperti Nikola Jokic.

Di sisi lain, Jordan menjadi pemain aktif ketiga setelah LeBron James dan Andre Drummond yang berada di 40 besar All-Time NBA Rebound Leaders. Dia telah mengumpulkan total 10.476  rebound per 8 Maret 2024. Capaian itu membuat Jordan kini mengamankan peringkat ke-36 di All-Time NBA Rebound Leaders.

Dari 3 pemain di atas, LeBron James menjadi yang paling tua dengan usia 39 tahun. Kendati demikian, dia justru satu-satunya yang masih jadi tumpuan utama di tim dan mampu tampil di level tertinggi. Andre Drummond dan DeAndre Jordan sudah mengalami penurunan performa dan hanya jadi pelapis di tim masing-masing.

Baca Juga: 3 Fakta DeAndre Jordan, Center Veteran Denver Nuggets

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya