Perjalanan Los Angeles Clippers di NBA 2023/2024

Kawhi Leonard gagal tampil maksimal

Los Angeles Clippers gagal melangkah lebih jauh di NBA Playoff 2024. Mereka tersandung oleh Dallas Mavericks, tim peringkat kelima Wilayah Barat, pada putaran pertama babak gugur. Meski diperkuat barisan bintang veteran, seperti Kawhi Leonard, James Harden, Paul George, dan Russell Westbrook, Clippers belum mampu menekuk Dallas Mavericks.

Hal ini cukup mengejutkan lantaran dari segi materi pemain Los Angeles Clippers bisa dibilang lebih matang ketimbang musim sebelumnya. Sayang, Clippers malah tampil tidak sesuai ekspektasi. Mereka kesulitan meredam mesin poin Dallas Mavericks seperti Luka Doncic dan Kyrie Irving. Lalu, seperti apa perbandingan performa Los Angeles Clippers di NBA 2024 dan 2023?

1. Los Angeles Clippers kedatangan James Harden pada 2023/2024

Perjalanan Los Angeles Clippers di NBA 2023/2024James Harden (nba.com)

Los Angeles Clippers mencatatkan hasil yang tidak buruk pada musim reguler NBA 2023/2024. Di bawah komando Tyronn Lue, pelatih yang pernah membawa Cleveland Cavaliers menjuarai NBA pada 2016, Los Angeles Clippers sukses bercokol di peringkat keempat klasemen Wilayah Barat. Mereka memiliki rekor 51 kemenangan dan 31 kekalahan.

Salah satu faktor krusial di balik ketangguhan Clippers adalah kedatangan sosok James Harden. Pemain dengan julukan Si Berewok ini bergabung pada 1 November 2023 setelah menjadi bagian dari Philadelphia 76ers. Kedatangan Harden menambah barisan pemain bintang yang dimiliki Clippers.

Performa Harden bersama Los Angeles Clippers bisa dibilang tidak buruk. Dia mengemas rata-rata 16,6 poin, 5,1 rebound, dan 8,5 assist bersama tim pada musim reguler NBA 2023/2024. Harden juga mampu tampil padu bersama pemain Clippers lainnya seperti Kawhi Leonard, Paul George, dan Russell Westbrook. 

Jika dilihat dari segi statistik, rata-rata Harden memang tidak secemerlang saat dia masih bersama Philadelphia 76ers. Kendati demikian, peran guard berusia 34 tahun ini tetap terbilang sentral bagi Clippers. Harden rutin dipercaya turun sebagai starter di tiap pertandingan mereka.

Baca Juga: Kiprah 5 Pemain Senior Los Angeles Clippers pada Paruh Musim 2023/2024

2. Harus mengakui keunggulan Dallas Mavericks di NBA Playoff 2024

Perjalanan Los Angeles Clippers di NBA 2023/2024Kawhi Leonard (nba.com)

Meski mencatatkan performa apik pada musim reguler, Los Angeles Clippers justru gagal tampil maksimal di NBA Playoff 2024. Mereka ditekuk oleh Dallas Mavericks pada ronde pertama babak gugur dengan agregat 2-4. Los Angeles Clippers agaknya kesulitan meredam keganasan bintang Dallas Mavericks seperti Kyrie Irving dan Luka Doncic.

Clippers juga sempat kehilangan pemain pilarnya, Kawhi Leonard, yang harus absen lantaran cedera lutut. Absennya Leonard yang notabene andalan tim, baik dalam menyerang maupun bertahan, tentu menjadi pukulan telak bagi mereka. Russell Westbrook juga tidak terlalu menonjol lantaran harus berbagi peran dengan James Harden.

Los Angeles Clippers sejatinya mengawali babak gugur dengan meyakinkan. Mereka lebih dahulu unggul dari Dallas Mavericks pada pertandingan pertama. Sayang, Los Angeles Clippers gagal mempertahankan keunggulan tersebut hingga akhirnya gugur dari NBA Playoff 2024.

3. Hasil yang diraih Los Angeles Clippers pada 2023/2024 tak jauh berbeda dari 2022/2023

Perjalanan Los Angeles Clippers di NBA 2023/2024Paul George (nba.com)

Kedatangan pemain sekaliber James Harden sejatinya membuat Los Angeles Clippers cukup diperhitungkan di NBA 2023/2024. Setidaknya, mereka digadang-gadang mampu menorehkan hasil lebih baik ketimbang pada 2022/2023. Pada musim reguler 2022/2023, Clippers hanya mampu menduduki peringkat keenam klasemen Wilayah Barat.

Di NBA Playoff 2023, Clippers yang bertumpu kepada Kawhi Leonard, Paul George, dan Russell Westbrook harus gugur pada ronde pertama. Mereka terpaksa mengakui keunggulan Phoenix Suns yang menang dengan agregat 4-1. Phoenix Suns pun melaju hingga ke semifinal wilayah sebelum dipulangkan oleh Denver Nuggets.

Jika dibandingkan dari segi hasil musim reguler dan NBA Playoff, performa Los Angeles Clippers pada 2023/2024 bisa dibilang tak jauh berbeda ketimbang musim sebelumnya. Padahal, jika dilihat dari segi materi pemain, Clippers seharusnya mampu lebih kompetitif pada 2023/2024 dengan tambahan tenaga dari James Harden. Sayang, Los Angeles Clippers justru tampil di bawah ekspektasi. 

Tersingkir pada putaran pertama di NBA Playoff 2024 menjadi pukulan telak bagi Los Angeles Clippers. Dengan skuad bertabur bintang, mereka tentu memiliki harapan besar untuk berbuat banyak di NBA Playoff 2024. Sayang, harapan tersebut harus terkubur dalam-dalam usai kekalahan Clippers di tangan Dallas Mavericks.

Baca Juga: 3 Pemain Cadangan Terpenting Los Angeles Clippers di NBA 2023/2024

Christopher Rudolf Photo Verified Writer Christopher Rudolf

-

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya