Breanna Stewart Raih Gelar MVP WNBA 2023

Trofi MVP kedua untuk Stewart

Persaingan MVP WNBA 2023 berjalan sangat ketat. Namun, Breanna Stewart berhasil meraih trofi MVP keduanya pada musim ini. Setelah melalui proses pemungutan suara, ia menduduki posisi teratas dalam persaingan ini, mengalahkan Alyssa Thomas dan A'ja Wilson.

Stewart tampil fenomenal sepanjang musim. Bersamanya, New York Liberty berhasil mengakhiri musim reguler dengan rekor 32-8, terbaik sepanjang sejarah tim. Hingga saat September 2023 ini, Breanna Stewart mampu membawa New York Liberty hingga babak semifinal.

1. MVP pertama dalam sejarah New York Liberty

Breanna Stewart Raih Gelar MVP WNBA 2023Breanna Stewart (liberty.wnba.com)

Breanna Stewart berhasil mencetak sejarah baru untuk New York Liberty. Ia langsung menjadi MVP WNBA pada musim pertamanya bersama mereka. Stewart juga merupakan pemain Liberty pertama yang meraih gelar MVP.

Stewart mencatat rataan 23 poin, 9,3 rebound, 3,8 assist, 1,5 steal, dan 1,6 blok dengan akurasi tembakan 46,5 persen pada 2023. Rataan poin dan assist-nya merupakan yang tertinggi sepanjang kariernya di WNBA. Selain itu, Stewart berhasil menjadi pemain pertama dalam sejarah WNBA dengan rataan 23 poin, 9 rebound, dan 3 assist dalam semusim.

Baca Juga: 4 Fakta Satou Sabally, Peraih Most Improved Player WNBA 2023 

2. Pecahkan rekor total poin terbanyak dalam semusim

Breanna Stewart Raih Gelar MVP WNBA 2023Breanna Stewart (liberty.wnba.com)

WNBA 2023 merupakan musim yang fantastis bagi Breanna Stewart. Tak hanya meraih MVP, ia juga mampu mengukir sejarah baru untuk WNBA. Stewart berhasil memecah rekor total poin terbanyak dalam semusim di WNBA.

Sebelum Stewart, rekor ini dipegang legenda Phoenix Mercury, Diana Taurasi, dengan 860 poin. Ia merebut rekor ini saat melawan Dallas Wings pada 5 September 2023. Stewart mencetak double-double 40 poin dan 10 rebound di pertandingan tersebut. Ia akhirnya memiliki total 919 poin pada 2023.

3. Mendominasi sisi menyerang dan bertahan secara konsisten

Breanna Stewart Raih Gelar MVP WNBA 2023Breanna Stewart (liberty.wnba.com)

Karier Breanna Stewart di WNBA tak berhenti untuk melesat. Performanya makin meningkat dari tahun ke tahun. Hal ini dapat dibuktikan dengan berbagai pencapaian besarnya pada musim ini.

Stewart berhasil mencetak 40 poin dalam 4 pertandingan pada 2023. Ia berhasil menjadi pemain pertama yang mencapai hal tersebut. Selain itu, Stewart juga merupakan satu-satunya pemain pada 2023 yang mencatat rataan setidaknya 1,5 steal dan blok. Saat ia berada di lapangan, Liberty selalu memberikan permainan yang memuaskan.

Atas performanya yang luar biasa sepanjang musim, Breanna Stewart pantas untuk membawa pulang gelar MVP ini. Ia makin membuktikan bahwa dirinya merupakan salah satu dari yang terbaik sepanjang sejarah. Kini, Stewart berfokus untuk meraih gelar juara WNBA ketiganya. Ia bersama New York Liberty berhasil menyamakan kedudukan 1-1 melawan Connecticut Sun pada pertandingan kedua babak semifinal pada Rabu (27/9/2023).

Baca Juga: 4 Fakta A'ja Wilson, Peraih Defensive Player of the Year WNBA 2023

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya