5 Fakta Dirk Nowitzki, Hall of Famer Terbaru Dallas Mavericks

Penembak jitu terbaik sebagai big man

Dirk Nowitzki akhirnya meraih penghargaan tertinggi atas 21 tahun karier legendarisnya. Namanya masuk ke dalam Naismith Memorial Basketball Hall of Fame angkatan 2023. Selain Nowitzki, legenda-legenda NBA lainnya, seperti Dwyane Wade, Pau Gasol, dan Tony Parker juga masuk ke dalam angkatan ini.

Banyak orang menyebut Nowitzki sebagai pemain Dallas Mavericks terbaik sepanjang sejarah. Ia terkenal dengan gaya fadeaway ikoniknya serta kemampuan menembaknya yang di atas rata-rata sebagai seorang big man. Sepanjang kariernya di NBA, ia juga hanya bermain untuk Mavericks. Yuk, berkenalan lebih jauh dengan Dirk Nowitzki dengan deretan fakta di bawah ini!

1. Big man dengan segudang prestasi

5 Fakta Dirk Nowitzki, Hall of Famer Terbaru Dallas MavericksDirk Nowitzki (nba.com)

Dirk Nowitzki berhasil mengumpulkan banyak penghargaan sepanjang kariernya di NBA. Pada 2007, ia dinobatkan sebagai MVP NBA. Ia mencetak rataan 24,6 poin, 8,9 rebound, 3,4 assist dengan akurasi tripoin 41,6 persen dan berhasil menempatkan Mavericks di posisi teratas NBA dengan rekor 67-15.

Selain itu, Nowitzki terpilih sebagai All-Star sebanyak 14 kali. Namanya juga pernah masuk ke dalam All-NBA First Team (4 kali), All-NBA Second Team (5 kali), dan All-NBA Third Team (3 kali). Atas karier serta performanya yang spektakuler, Nowitzki dinobatkan sebagai salah satu legenda dari NBA 75th Anniversary Team.

2. Berhasil membawa Mavericks jadi juara untuk pertama kalinya

5 Fakta Dirk Nowitzki, Hall of Famer Terbaru Dallas MavericksDirk Nowitzki dan Dallas Mavericks (nba.com)

Karier Dirk Nowitzki sangat bermakna bagi Dallas Mavericks. Tak hanya memberikan kesetiaannya, ia juga membawa trofi Larry O'Brien untuk Mavericks pada 2011. Ini merupakan kali pertama Mavericks menjuarai NBA.

Nowitzki tampil dominan dari awal hingga akhir playoff. Di putaran kedua, ia mencatat rataan 25,3 poin dan 9,3 rebound dengan akurasi tripoin 72,7 persen dan berhasil menyapu bersih Los Angeles Lakers. Di Final NBA 2011 melawan Miami Heat, Nowitzki mencatat rataan 26 poin, 9,7 rebound, dan 2 assist. Mavericks berhasil mengalahkan Miami Heat dengan kedudukan 4-2 dan Nowitzki dinobatkan sebagai MVP Final NBA.

Baca Juga: 5 Tokoh NBA yang Masuk Hall of Fame 2023, Ada Nowitzki!

3. Pemain keenam yang berhasil mengumpulkan 30.000 poin

5 Fakta Dirk Nowitzki, Hall of Famer Terbaru Dallas MavericksDirk Nowitzki (nba.com)

Pada 7 Maret 2017, Dallas Mavericks berhadapan dengan Los Angeles Lakers. Nowitzki hanya membutuhkan 20 poin untuk mencetak sejarah baru. Di tengah kuarter dua, ia mencetak skor dengan fadeaway ikoniknya dan resmi menjadi pemain keenam yang berhasil mengoleksi 30.000 poin sepanjang karier di NBA.

Pada saat itu, Nowitzki menyusul Wilt Chamberlain, Michael Jordan, Kobe Bryant, Karl Malone, dan Kareem Abdul-Jabbar dalam pencapaian ini. Ia juga merupakan pemain internasional pertama yang berhasil mengoleksi 30.000 poin. Nowitzki mengakhiri pertandingan bersejarah tersebut dengan mengumpulkan 25 poin dan 11 rebound dengan akurasi tembakan 69,2 persen.

4. Nomor punggungnya diistirahatkan oleh Mavericks

5 Fakta Dirk Nowitzki, Hall of Famer Terbaru Dallas MavericksNomor punggung Dirk Nowitzki (twitter.com/dallasmavs)

Dirk Nowitzki menginjakkan kakinya sebagai pemain untuk terakhir kalinya pada 11 April 2019. Berhadapan dengan saingan lama San Antonio Spurs, ia mencetak double-double dengan 20 poin dan 10 rebound. Nowitzki menutup 21 tahun kariernya dengan hanya bermain untuk Dallas Mavericks.

Atas jasanya yang luar biasa, Mavericks mengistirahatkan nomor 41, nomor punggung Nowitzki, pada 5 Januari 2022. Bermain dalam 1.522 pertandingan, ia mencatat rataan 20,7 poin, 7,5 rebound, dan 2,4 assist dengan akurasi tripoin 38 persen. Nowitzki juga merupakan pemain Mavericks dengan jumlah tripoin, rebound, dan blok terbanyak.

5. Dianugerahi patung penghormatan di depan American Airlines Center

5 Fakta Dirk Nowitzki, Hall of Famer Terbaru Dallas MavericksPatung Dirk Nowitzki (nba.com)

Dirk Nowitzki merupakan salah satu penembak terbaik sepanjang sejarah NBA. Selain mengubah cara bermain big man menjadi semakin modern, ia juga berhasil mempertahankan kesetiaannya dan membawa pulang kejuaraan. Nowitzki akhirnya diberikan patung penghormatan di depan American Airlines Center, arena Dallas Mavericks.

Patung tersebut diresmikan pada 25 Desember 2022 di tengah perayaan Natal. Dilansir dari Mainbasket, patung bergaya fadeaway ikonik Nowitzki ini memiliki tinggi sekitar 7 meter dan bertuliskan "Loyalitas tidak pernah pudar" di bawahnya. Tak hanya itu, seragam dan sepatu yang diukir juga merupakan salah satu yang Nowitzki gunakan di Final NBA 2011 saat Mavericks menjuarai NBA untuk pertama kalinya sepanjang sejarah.

Nowitzki telah membuat sejarah NBA dan bola basket menjadi semakin berwarna. Ia berhasil mengawali big main  lainnya dalam era baru dengan permainan yang semakin kompleks. Penghargaan yang diberikan untuk Nowitzki sudah lengkap setelah memasuki Hall of Fame.

Baca Juga: 5 Pebasket Eropa yang Pernah Juara NBA, Ada Dirk Nowitzki

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya