5 Hal Menarik dari Bill Russell, Legenda NBA dengan 11 Cincin Juara

Bill Russell tutup usia pada umur 88 tahun

Kabar duka datang dari dunia bola basket. Bill Russell, legenda NBA, meninggal dunia pada usia 88 tahun.

Jeannine, istri Bill Russell, mengumumkan itu. Selama hidupnya, Russell sendiri mendedikasikan dirinya sebagai pemain, pelatih, dan aktivis.

Ada sedikitnya lima hal menarik dari Bill Russell, legenda NBA dengan sebelas cincin juara.

1. Saingan berat Wilt Chamberlain

5 Hal Menarik dari Bill Russell, Legenda NBA dengan 11 Cincin JuaraBill Russell dan Wilt Chamberlain (nba.com/sixers)

Bill Russell dan Wilt Chamberlain mendominasi NBA era 1960-an. Mereka seolah tidak bisa berhenti mencetak angka-angka spektakuler.

Russell merupakan saingan terkuat Chamberlain. Selama 1 dekade, kedua legenda NBA ini berhadapan delapan kali di NBA Playoffs. Wilt Chamberlain berhasil lolos pada 1967, sedangkan Bill Russell memenangi tujuh pertemuan lainnya.

2. Pengoleksi cincin juara NBA terbanyak sepanjang masa

5 Hal Menarik dari Bill Russell, Legenda NBA dengan 11 Cincin JuaraBill Russell (nba.com)

Bill Russell punya karier yang legendaris. Pencapaiannya sulit dilampaui dalam waktu yang lama. 

Russell berhasil meraih sebelas cincin juara dalam 13 tahun kariernya sebagai seorang pemain NBA. Dalam dua gelar juaranya, ia juga merangkap sebagai kepala pelatih Boston Celtics.

Dinasti Celtics dengan tujuh belas gelar juara saat ini dimulai dari keganasan Russell di atas lapangan. Atas kehebatan dan kesuksesannya, NBA mengubah nama trofi NBA Finals MVP menjadi Bill Russell NBA Finals MVP sejak 2009.

Baca Juga: Bill Russell Meninggal Dunia, NBA Diselimuti Duka Mendalam

3. Berjasa besar di luar lapangan

5 Hal Menarik dari Bill Russell, Legenda NBA dengan 11 Cincin JuaraBill Russell (nba.com)

Selain menjadi legenda dalam dunia basket, Bill Russell juga punya warisan sebagai aktivis. Ia menjadi inspirasi banyak orang untuk memperjuangkan hak asasi manusia.

Saat terjadi segregasi ras di Boston pada masa bermainnya, Bill Russell berani bertindak demi masyarakat. Ia menaruh kariernya dalam risiko besar untuk tujuan yang lebih besar.

Russell terus berusaha menyatukan warga kulit hitam dengan kulit putih lewat popularitasnya sebagai pemain NBA. Ia membuat fondasi untuk para atlet dalam mengupayakan keadilan.

4. Namanya akan selalu melekat dengan NBA

5 Hal Menarik dari Bill Russell, Legenda NBA dengan 11 Cincin JuaraBill Russell (nba.com)

Bill Russell mengambil peran besar dalam membangun komunitas NBA saat ini. Kehadirannya mendorong pemain-pemain generasi saat ini untuk terus menembus batas potensi mereka.

Pada 2009, NBA mulai menamai trofi NBA Finals MVP menjadi Bill Russell NBA Finals MVP. Kebijakan ini dibuat untuk menghargai kesuksesannya dalam 13 tahun kariernya sebagai pemain.

Bill Russell juga sering hadir dalam berbagai acara NBA. Semua orang menghormatinya sebagai legenda.

5. Meninggal dengan damai di samping istrinya

5 Hal Menarik dari Bill Russell, Legenda NBA dengan 11 Cincin JuaraBill Russell dan Jeannine (twitter.com/RealBillRussell)

Istri Bill Russell, Jeannine, mengatakan bahwa suaminya meninggal dunia dengan damai di sisinya. Pernyataan tersebut disampaikan melalui akun Twitter Bill Russell pada Minggu (31/72022) waktu setempat.

Berbagai ucapan duka berdatangan dari para pemain, legenda, seluruh komunitas NBA, dan fans. Mereka menganggap Bill Russell telah menjadi perintis permainan NBA yang makin modern.

Nama Bill Russell kini akan dikenang sebagai pemenang terbaik di NBA. Ia adalah pribadi yang tangguh. Warisannya tidak akan hilang. Justru akan diteruskan generasi selanjutnya.

Baca Juga: Bill Russell, Pemain dengan Cincin Juara NBA Terbanyak Sepanjang Masa

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya