Lakers dan Nuggets Bertemu Lagi di NBA Playoffs 2024

Pertemuan ketiga dalam 5 musim terakhir

Los Angeles Lakers berhasil menduduki peringkat ketujuh dalam klasemen Wilayah Barat NBA 2023/2024. Hal tersebut mereka dapatkan dengan mengalahkan New Orleans Pelicans pada babak play-in, Rabu (17/4/2024). Lakers membawa pulang kemenangan dari kandang Pelicans dengan skor akhir ketat (110-106).

Dengan kemenangan ini, Lakers resmi berpartisipasi di NBA Playoffs 2024. Mereka akan berhadapan dengan Denver Nuggets, sang juara bertahan yang menduduki peringkat dua musim ini. Lakers memiliki kesempatan untuk membalaskan dendamnya setelah dikalahkan Nuggets di Final Wilayah Barat musim lalu. Sedangkan, Nuggets juga berkesempatan untuk menguatkan dominasinya terhadap Lakers selama beberapa tahun terakhir.

1. Lakers mampu bertahan dari serangan bertubi-tubi Pelicans

Lakers dan Nuggets Bertemu Lagi di NBA Playoffs 2024Herbert Jones dan LeBron James (nba.com/pelicans)

Babak play-in NBA 2023/2024 dimulai dengan laga antara New Orleans Pelicans dan Los Angeles Lakers. Kedua tim ini memperebutkan peringkat tujuh di klasemen Wilayah Barat sekaligus tiket untuk bermain pada babak playoff. Mereka pun bergantian memberikan perlawanan sengit.

Memasuki paruh kedua dalam pertandingan ini, Lakers bermain dominan hingga unggul 18 poin atas Pelicans. Meski begitu, semangat Pelicans tak pernah meredup. Mereka perlahan bangkit dan berhasil menyamakan kedudukan dalam beberapa waktu pada kuarter empat. Namun, Pelicans hilang harapan setelah bintang mereka, Zion Williamson, harus keluar dari pertandingan karena cedera kaki dengan 3 menit tersisa.

LeBron James (23), D'Angelo Russell (21), dan Anthony Davis (20) masing-masing mencetak setidaknya 20 poin. Didukung Austin Reaves (16) dan Rui Hachimura (13), semua starter Lakers berhasil mengumpulkan dobel digit poin. Di sisi lain, Williamson bermain ganas dengan mencetak double-double 40 poin, 11 rebound, dan 5 assist sebelum beranjak keluar dari lapangan.

Baca Juga: Deretan Pebasket yang Memimpin Perolehan Statistik NBA 2023/2024

2. Berhadapan dengan juara NBA pada putaran pertama

Lakers dan Nuggets Bertemu Lagi di NBA Playoffs 2024Anthony Davis dan Jamal Murray (nba.com/nuggets)

Setelah lolos dari babak play-in, Los Angeles Lakers langsung menghadapi lawan berat pada playoff 2024. Mereka akan bertemu kembali dengan Nikola Jokic dan Denver Nuggets. Selain telah berstatus sebagai juara bertahan, Nuggets juga berkembang makin kuat musim ini.

Berada di Wilayah Barat yang makin panas dan kompetitif, Nuggets berhasil menduduki peringkat dua dengan rekor 57-25. Musim lalu, mereka hanya berhasil meraih total 53 kemenangan. Rekor menang kalah ini pun menyamai rekor musim reguler terbaik Nuggets pada 2012/2013 lalu.

Pada musim reguler 2023/2024, Lakers gagal merebut 1 kemenangan pun dari Nuggets selama 3 kali bertanding. Nuggets juga berhasil memenangi delapan pertandingan terakhir mereka melawan Lakers. Atas hal tersebut, Lakers harus mengerahkan seluruh kekuatannya jika ingin mengimbangi kekuatan Nuggets pada playoff musim ini.

3. Seri panas dengan berbagai kemungkinan

Lakers dan Nuggets Bertemu Lagi di NBA Playoffs 2024Jamal Murray dan LeBron James (nba.com)

Seri ulangan antara Denver Nuggets dan Los Angeles Lakers telah ditunggu-tunggu banyak orang. Sebagai juara bertahan, Nuggets tentu difavoritkan dengan mudah untuk keluar sebagai pemenang dalam seri ini. Namun, mengingat situasi dan kondisi yang berbeda dari musim lalu, apa pun masih bisa terjadi di lapangan.

Lakers memang berada dalam keadaan yang sulit dengan melawan Nuggets lebih awal, apalagi usia LeBron James dan Anthony Davis yang makin tua. Untungnya, mereka dan Lakers memiliki kondisi badan yang jauh lebih segar untuk berhadapan dengan sang juara bertahan ketimbang musim lalu. Lakers masih memiliki kemungkinan untuk memenangi beberapa pertandingan dibanding kalah total hingga disapu bersih seperti musim lalu. 

Di sisi lain, Nuggets juga masih haus akan juara. Namun, mentalitas pemain cadangan mereka yang jauh lebih muda akan diuji dan akan menjadi faktor penentu seri ini. Bagaimana pun kemungkinannya, tim yang tampil lebih cerdas dan hebat akan mengambil momentum dan keluar sebagai pemenang.

NBA Playoffs 2024 menyajikan banyak seri yang menarik layaknya cerita dongeng. Salah satunya antara Nuggets dan Lakers. Hampir semua tim yang lolos ke babak ini memiliki kesempatan yang solid untuk menjadi juara. Pertandingan pertama antara Nuggets dan Lakers sendiri akan berlangsung pada Minggu (21/4/24) pukul 7.30 WIB.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Total Rebound Terbanyak di NBA 2023/2024

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

NBA enthusiast!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya