Penampilan Denver Nuggets pada Putaran 1 NBA Playoff 2024

Mengalahkan Lakers dalam lima pertandingan

Denver Nuggets berhasil merebut tiket ke putaran kedua di NBA Playoff 2024. Itu terjadi setelah mereka mengeliminasi Los Angeles Lakers yang menduduki peringkat tujuh di Wilayah Barat pada Selasa (30/4/2024). Nuggets memenangi putaran pertama dengan agregat 4-1.

Ini merupakan seri ulangan dari Final Wilayah Barat 2023. Saat itu, Nuggets berhasil menyapu bersih Lakers untuk melaju ke Final NBA pertama sepanjang sejarah tim. Setahun kemudian, Lakers masih belum menemukan jawaban yang sempurna untuk membalaskan kekalahan mereka.

1. Tampil perkasa di laga pembuka seri

Penampilan Denver Nuggets pada Putaran 1 NBA Playoff 2024Denver Nuggets (nba.com/nuggets)

Seri yang mempertemukan Denver Nuggets dan Los Angeles merupakan salah satu dari yang paling ditunggu-tunggu di NBA Playoff 2024. Kedua tim sama-sama memiliki kondisi badan yang segar untuk memberikan performa terhebat mereka di panggung bergengsi ini. Dalam pertandingan pertama, Nuggets keluar sebagai pemenang.

Sempat tertinggal hingga 12 poin, Nuggets berhasil menang dengan skor akhir 114-103. Nuggets memutarbalikkan momentum dengan mencetak 14 poin lebih banyak dibanding Lakers pada kuarter tiga (32-18). Skuad Nuggets dipimpin oleh Nikola Jokic yang mencetak 32 poin, 12 rebound, 7 assist, dan 2 steal. Selain Jokic, ada juga Jamal Murray yang mengumpulkan 22 poin, 10 assist, dan 6 rebound.

2. Tembakan maut penghancur kepercayaan diri

Penampilan Denver Nuggets pada Putaran 1 NBA Playoff 2024Jamal Murray menembak bola (nba.com/nuggets)

Pertandingan kedua antara Nuggets dan Lakers menyajikan sesuatu yang baru. Skuad Lakers berhasil memberikan performa yang tertata dan efisien sepanjang paruh pertama. Bahkan, mereka sempat unggul hingga 20 poin atas Nuggets.

Namun, lagi-lagi Nuggets bangkit secara perlahan pada kuarter tiga. Kedua tim terus balas-membalas tembakan pada akhir kuarter empat. Pertandingan diakhiri dengan tembakan dramatis Jamal Murray di depan Anthony Davis untuk menyempurnakan comeback Nuggets dengan skor akhir 101-99.

Meski gagal memasukkan 13 dari 16 tembakan pertamanya, Murray berhasil memanas saat Nuggets membutuhkannya. Jokic tetap tampil sesuai dengan identitasnya dengan triple-double 27 poin, 20 rebound, dan 10 assist. Michael Porter Jr berhasil tampil konsisten dengan mencetak 22 poin, 9 rebound, dan 6 tripoin dengan akurasi tembakan 61,5 persen.

Baca Juga: Anthony Edwards Apik, Timberwolves ke Semifinal Wilayah NBA

3. Datang ke kandang Lakers sebagai pemenang

Penampilan Denver Nuggets pada Putaran 1 NBA Playoff 2024Denver Nuggets (nba.com/nuggets)

Pertandingan ketiga dijadikan Denver Nuggets sebagai ajang pembuktian mentalitas pemenang. Mereka berhasil membungkam Lakers di kandangnya sendiri dengan skor akhir 112-105. Nuggets kembali memaksa Lakers untuk berada di ambang eliminasi.

Pemain kunci Nuggets dalam pertandingan ketiga ini adalah Aaron Gordon. Ia berhasil meningkatkan performanya dengan mencetak 29 poin, 15 rebound, dan 3 assist dengan akurasi tembakan 66,7 persen. Selain Gordon, ada Jokic (24), Murray (22), dan Porter Jr (20) yang berhasil mengumpulkan setidaknya 20 poin. Mereka berhasil menjatuhkan mental beberapa pemain Lakers. Salah satunya D'Angelo Russell yang gagal untuk mencetak satu poin pun. Nuggets berhasil memenangi sebelas pertandingan beruntun atas Lakers sejak Desember 2022.

4. Terlalu nyaman dengan momentum

Penampilan Denver Nuggets pada Putaran 1 NBA Playoff 2024Justin Holiday (nba.com/nuggets)

Memasuki pertandingan keempat, Nuggets memiliki kemungkinan besar untuk menyapu bersih Lakers dalam dua seri berturut-turut. Namun, hal tersebut tidak dapat mereka penuhi. Nuggets jatuh dalam kenyamanan mereka hingga akhirnya dikalahkan Lakers dengan skor akhir 119-108.

Dalam pertandingan ini, Lakers sudah memegang kendali penuh sejak kuarter pertama. Mereka akhirnya mampu mempertahankan keunggulan dobel digitnya sampai pertandingan berakhir. Nuggets tidak bisa berbuat banyak. Barisan pemain cadangan mereka hanya berhasil mencetak satu tembakan saja sepanjang pertandingan.

Jokic terus berusaha membawa Nuggets tetap hidup dengan triple-double 33 poin, 14 rebound, dan 14 assist. Porter Jr kembali bermain impresif dengan mengumpulkan 27 poin dan 11 rebound. Kentavious Caldwell-Pope mulai menyala dengan mencetak 14 poin dan 4 steal dengan akurasi tembakan 75 persen.

5. Pulangkan Lakers dengan cara yang menyakitkan

Penampilan Denver Nuggets pada Putaran 1 NBA Playoff 2024Jamal Murray (nba.com/nuggets)

Setelah Lakers berhasil mencuri kemenangan di pertandingan keempat, seri terpaksa harus kembali ke Denver. Nuggets lagi-lagi mendapatkan kesempatan untuk mengeliminasi Lakers, kali ini di kandangnya sendiri. Pekerjaan pun berhasil mereka selesaikan dengan skor ketat 108-106. 

Nuggets masih kurang waspada terhadap keamanan bola mereka dengan melakukan 14 turnover. Namun, mereka berhasil memperbaiki ritme bermain menjadi lebih rapi pada paruh kedua. Lakers juga turut memberikan perlawanan yang sepadan, hingga akhirnya Murray kembali menghancurkan hati Lakers dengan mencetak tembakan penentu kemenangan keduanya pada seri ini.

Menderita cedera betis, Murray tetap mampu memberikan permainan yang impresif dengan mencetak 32 poin, 7 assist, dan 5 tripoin. Jokic kembali mencatat angka fantastis dengan 25 poin, 20 rebound, dan 9 assist. Selain itu, Porter Jr juga makin menunjukkan kehebatan dirinya dengan mencetak 26 poin dan 5 tripoin dengan akurasi tembakan 66,7 persen.

Denver Nuggets berhasil membuktikan diri mereka sebagai juara bertahan. Permainan memang masih harus diperbaiki lagi. Namun, mereka selalu berhasil untuk menutup pertandingan secara dominan. Nuggets akan menghadapi salah satu tantangan terbesar mereka dengan menghadapi Anthony Edwards dan Minnesota Timberwolves pada putaran kedua.

Baca Juga: Penampilan Minnesota Timberwolves pada Putaran 1 NBA Playoff 2024

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

NBA enthusiast!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya