Penampilan New York Knicks pada Putaran 1 NBA Playoff 2024

Menumbangkan Sixers dalam enam pertandingan

Basket New York kembali memanas. Setelah berhasil memenangi seri pertamanya dalam 1 dekade terakhir pada 2023, New York Knicks lagi-lagi berhasil melaju ke putaran kedua setelah mengalahkan Philadelphia 76ers. Dipimpin Jalen Brunson, Knicks memulangkan sang MVP 2022/2023, Joel Embiid, cs dengan agregat 4-2.

Seri berlangsung sengit. Jumlah poin antara Knicks (650) dan Sixers (649) selama 6 pertandingan hanya berjarak 1 poin. Sebagian besar hasil pertandingan di seri ini ditentukan pada detik-detik akhir yang krusial. Knicks selalu berhasil memanfaatkan beberapa situasi kacau Sixers di lapangan.

1. Knicks membuktikan kedalaman skuad mereka di laga pembuka seri

Penampilan New York Knicks pada Putaran 1 NBA Playoff 2024Jalen Brunson, Bojan Bogdanovic, dan Miles McBride (nba.com/knicks)

New York Knicks menduduki peringkat kedua di Wilayah Timur dengan rekor 50-32. Ini merupakan kali pertama mereka meraih total 50 kemenangan sejak era Carmelo Anthony pada 2012/2013 (54-28). Sayang, di NBA playoff 2024 ini, Knicks harus kehilangan salah satu bintang mereka, Julius Randle, karena operasi bahu. Meski begitu, mereka tetap mampu bermain solid di pertandingan pertama.

Pertandingan pertama antara Knicks dan Sixers memiliki berbagai cerita menarik. Setelah melakukan dunk ganas pada kuarter dua, Joel Embiid terlihat mencederai kakinya kembali dan seketika keluar dari pertandingan. Ia akhirnya kembali pada paruh kedua dan memimpin Sixers untuk bangkit setelah tertinggal hingga 12 poin. Namun, Josh Hart sukses mencetak berbagai tripoin pada kuarter empat yang mengunci kemenangan Knicks dengan skor akhir 111-104.

Jalen Brunson dan Josh Hart masing-masing mencetak 22 poin. Namun, yang menjadi pahlawan dalam pertandingan ini adalah Miles McBride, pemain cadangan Knicks. Ia mencetak 21 poin, 4 assist, 3 rebound, dan 5 tripoin dalam 28 menit. Bojan Bogdanovic (13 poin) dan OG Anunoby (11 poin) juga turut membantu Knicks merebut kemenangan ini. Kedalaman skuad Knicks berhasil memberikan momentum yang baik untuk menjaga kandang mereka.

2. Akhir dramatis memanaskan euforia pertandingan kedua

Penampilan New York Knicks pada Putaran 1 NBA Playoff 2024Isaiah Hartenstein (nba.com/knicks)

Knicks dan Sixers terus berjuang mati-matian untuk merebut kemenangan di seri ini. Di pertandingan kedua, mereka semua menyajikan permainan bertahan yang sangat ketat. Namun, Knicks mendapatkan momen penuh keajaiban pada detik-detik akhir untuk meraih kemenangan keduanya.

Sixers sudah unggul 5 poin atas Knicks dengan sisa waktu 47 detik pada kuarter 4. Saat bola berada di tangan Knicks, permainan fisik di lapangan menjadi sangat kuat. Hingga pada akhirnya, tembakan tripoin Brunson yang memantul di atas ring berhasil masuk.

Pertahanan Knicks pun juga tak kalah keras dengan Sixers. Empat detik setelah Lowry melakukan inbound, bola berhasil dicuri Josh Hart yang mengopernya kepada Donte DiVincenzo yang berada di luar garis tripoin. Terbuka lebar tanpa pertahanan, tembakan DiVicenzo malah meleset. Namun, ia berhasil mencetaknya pada percobaan kedua setelah Isaiah Hartenstein mendapatkan offensive rebound. Knicks menang dengan skor akhir 104-101.

Seluruh starter Knicks berhasil mengumpulkan setidaknya sepuluh poin. Brunson masih kesulitan untuk memasukkan tembakan-tembakannya. Dari 29 tembakan yang ia ambil, hanya 8 yang berhasil masuk. Meski begitu, ia tetap mampu mencetak hingga 24 poin, dlengkapi dengan 8 rebound dan 6 assist.

3. Kesulitan membendung dominasi Embiid di kandang Sixers

Penampilan New York Knicks pada Putaran 1 NBA Playoff 2024Josh Hart (nba.com/knicks)

Memasuki pertandingan ketiga, New York Knicks memiliki momentum yang sempurna. Mereka telah unggul 2-0 dalam seri ini. Tekanan berat berada di atas kepala Philadelphia 76ers yang harus berjuang lebih untuk merebut kemenangan di kandang mereka sendiri.

Knicks pun akhirnya gagal merebut kemenangan dari Sixers yang jauh lebih lapar. Embiid berhasil mencetak 50 poin, didukung pula dengan Maxey yang mengumpulkan 25 poin. Sama seperti sebelumnya, pertandingan ketiga ini juga memiliki permainan fisik yang keras. Mitchell Robinson, center Knicks, sampai harus keluar dari lapangan karena cedera pergelangan kaki. Sixers menang dengan skor meyakinkan 125-114.

Brunson memimpin Knicks dengan double-double 39 poin dan 13 assist. Hart tampil impresif dengan mencetak 20 poin, 6 rebound, dan 6 assist. Anunoby dan Hartenstein juga turut bermain solid dengan masing-masing 17 dan 14 poin.

Baca Juga: Performa 13 Pemain Undrafted 2019 pada NBA 2023/2024

4. Mencuri kemenangan dengan performa bersejarah Jalen Brunson

Penampilan New York Knicks pada Putaran 1 NBA Playoff 2024Jalen Brunson (twitter.com/nbahistory)

New York Knicks akhirnya berhasil merebut satu kemenangan di kandang Philadelphia 76ers di pertandingan keempat. Kemenangan ini tak lepas dari permainan luar biasa Brunson. Ia berhasil tampil dominan hingga mencetak sejarah baru untuk Knicks.

Brunson berhasil mencetak hingga 47 poin. Catatan tersebut merupakan yang terbanyak dalam satu pertandingan playoff sepanjang sejarah Knicks. Performa legendaris Brunson ini dilengkapi dengan 10 assist dan 4 rebound. Ia juga berhasil mencetak tembakan-tembakan krusial untuk menjauhkan kedudukan dari Sixers. Pertandingan berakhir dengan skor 97-92 untuk keunggulan Knicks.

Hart memberikan performa yang tidak lazim sebagai seorang guard dengan mencetak 4 poin, 17 rebound, 5 assist, dan 3 blok. Anunoby mencatat double-double dengan 16 poin dan 14 rebound. Selain itu, McBride juga kembali beraksi dengan mengumpulkan 13 poin dan 3 tripoin.

5. Dibombardir di kandang sendiri

Penampilan New York Knicks pada Putaran 1 NBA Playoff 2024Mitchell Robinson (nba.com/knicks)

Knicks memiliki kesempatan emas untuk mengeliminasi Sixers di kandang mereka sendiri. Namun, Sixers berhasil bertahan dan mengubah agregat menjadi 3-2 melalui overtime. Pertandingan kelima berakhir dengan skor 112-106.

Kemenangan sempat berada di depan mata Knicks. Dengan hanya 28 detik tersisa di kuarter 4, mereka unggul 96-90 atas Sixers. Namun, Maxey datang sebagai penyelamat dengan mencetak dua tripoin krusial beruntun untuk menyamakan kedudukan dan memaksa pertandingan untuk lanjut ke overtime. Saat Knicks berpotensi merebut kedudukan pada detik-detik akhir overtime, terjadi miskomunikasi antara Brunson dan Hartenstein, sehingga bola sekaligus kesempatan menang mereka terbuang sia-sia.

Tidak ada pemain Knicks yang bisa menghentikan Maxey. Ia mencetak 46 poin, 9 assist, dan 7 tripoin. Brunson tetap menjadi tulang punggung Knicks dengan mengumpulkan 40 poin, 6 assist, 4 tripoin, 3 rebound, dan 3 steal.

6. Resmi memulangkan Sixers di pertandingan keenam

Penampilan New York Knicks pada Putaran 1 NBA Playoff 2024Jalen Brunson (twitter.com/nyknicks)

Dengan kemenangan dramatis Sixers atas Knicks di pertandingan kelima, maka seri harus kembali ke Philadelphia. Knicks pun langsung mendiamkan para penggemar di kandang Sixers. Mereka berhasil mengalahkan sekaligus mengusir Sixers dari playoff 2024 dengan skor akhir 118-115.

Kedua tim sama-sama ingin merebut kemenangan ini. Namun, Knicks lebih menginginkan pertandingan ini daripada Sixers. Hal tersebut terlihat dari kacaunya skema bertahan Sixers pada detik-detik akhir kuarter empat, yang membuat posisi Josh Hart terbuka lebar di luar garis tripoin. Dengan 26 detik tersisa dan skor 111 sama, Hart berhasil mencetak tripoin untuk menjauhkan kedudukan Knicks. Sixers memiliki kesempatan untuk membawa pertandingan ke overtime, tetapi tembakan yang diambil Buddy Hield tidak sesuai harapan.

Performa Brunson tidak pernah meredup. Ia mencetak 41 poin dan 12 assist di pertandingan ini. Hart juga mencatat double-double dengan 16 poin, 14 rebound, dan 7 assist. Seluruh starter Knicks kembali mencetak setidaknya sepuluh poin.

Knicks memiliki skuad yang berpotensi untuk menjuarai Wilayah Timur di NBA Playoff 2024. Tak hanya itu, Jalen Brunson juga berhasil membuktikan dirinya sebagai salah satu pemain terhebat sepanjang sejarah Knicks. Pada putaran kedua, mereka akan berhadapan dengan Indiana Pacers, salah satu tim yang juga harus mulai sering diperhatikan di Wilayah Timur.

Baca Juga: Penampilan Boston Celtics pada Putaran 1 NBA Playoff 2024

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

NBA enthusiast!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya