Potensi Timnas Basket Amerika Serikat di Olimpiade 2024

Banyak megabintang NBA bersedia bermain

Amerika Serikat telah lama dikenal sebagai negara bola basket terbesar di dunia. Mereka selalu berhasil memproduksi talenta-talenta fantastis. Tak heran apabila Timnas Basket Amerika Serikat mengoleksi medali emas terbanyak dalam kompetisi global, baik Olimpiade maupun FIBA World Cup.

Meski dianggap masih memegang takhta, negara-negara lain mulai menunjukkan kekuatannya untuk menyaingi Amerika Serikat. Akhir-akhir ini, mereka gagal meraih medali di FIBA World Cup 2023. Hal tersebut mendatangkan berbagai pertanyaan tentang seperti apa respons Amerika Serikat untuk Olimpiade 2024.

1. Amerika Serikat menduduki peringkat empat di FIBA World Cup 2023

Potensi Timnas Basket Amerika Serikat di Olimpiade 2024Mikal Bridges (fiba.basketball)

Perjalanan Timnas Basket Amerika Serikat di FIBA World Cup 2023 berhasil mengejutkan dunia. Setelah dikalahkan Jerman pada babak semifinal, mereka juga harus merelakan medali perunggu di tangan Kanada. Meski banyak bintang NBA yang bermain, Amerika Serikat masih gagal meraih medali di FIBA World Cup sejak 2019.

Pertandingan melawan Jerman berlangsung intens. Namun, Amerika Serikat harus mengakui keunggulan mereka dengan skor akhir 111-113. Saat berhadapan dengan Kanada demi medali perunggu, Mikal Bridges, berhasil mencetak tripoin dramatis untuk menyamakan kedudukan dengan 2 detik tersisa pada kuarter empat. Sayang, Kanada tampil jauh lebih dominan pada babak overtime dan mereka berhasil mengalahkan Amerika Serikat dengan skor akhir 127-118.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Timnas Amerika Serikat di FIBA World Cup 2023

2. Kontroversi megabintang NBA yang jarang tampil di FIBA World Cup

Potensi Timnas Basket Amerika Serikat di Olimpiade 2024Anthony Edwards (fiba.basketball)

Selama hampir 1 dekade terakhir, tak banyak kumpulan megabintang NBA yang bersedia untuk membela Amerika Serikat di FIBA World Cup. Hal tersebut memicu berbagai perdebatan. Tentunya mereka mengambil langkah ini dengan mempertimbangkan berbagai situasi.

Setelah bermain di NBA selama 1 musim penuh, para pemain lebih memilih untuk beristirahat dibanding berkompetisi di ajang global. Tak hanya itu, banyak dari tim-tim di NBA yang juga menginginkan megabintangnya dalam kondisi sehat memasuki musim berikutnya. Mereka mengantisipasi cedera yang berpotensi untuk memengaruhi performa mereka di NBA.

Amerika Serikat masih memiliki banyak talenta yang siap untuk berkontribusi. Di FIBA World Cup 2023, mereka mengirim bintang-bintang muda seperti Anthony Edwards, Tyrese Haliburton, dan Paolo Banchero. Selain itu, ada juga Brandon Ingram, Mikal Bridges, Jalen Brunson, dan Austin Reaves yang turut membela Amerika Serikat di ajang ini.

3. Amerika Serikat siap mengirim pemain-pemain ternama untuk Olimpiade 2024

Potensi Timnas Basket Amerika Serikat di Olimpiade 2024Kevin Durant (nba.com)

Saat ini, Amerika Serikat fokus untuk memenangi Olimpiade 2024 di Paris, Prancis. Perjalanan yang akan mereka lalui tidaklah mudah. FIBA World Cup 2023 telah memperingatkan Amerika Serikat, negara-negara lain akan mengejar mereka dalam merebut medali emas.

Setelah pulang tanpa medali, berbagai pemain ternama di NBA mulai menunjukkan ketertarikannya untuk membela Amerika Serikat di Olimpiade 2024. LeBron James tertarik untuk bermain sekali lagi di Olimpiade. Stephen Curry juga mulai membicarakan hal ini. Tak hanya mereka, megabintang lainnya, seperti Kevin Durant, Jayson Tatum, Anthony Davis, Devin Booker, Damian Lillard, Kyrie Irving, DeAaron Fox, dan Bam Adebayo juga bersedia untuk membela Amerika Serikat di Paris.

Amerika Serikat terlihat akan tampil maksimal untuk Olimpiade 2024. Beberapa megabintang NBA telah berkomitmen untuk kembali membawa pulang medali emas. Makin ketatnya persaingan antarnegara akan menjadi permasalahan yang harus Amerika Serikat selesaikan mulai saat ini.

Baca Juga: Bintang NBA Kompak Bela Amerika Serikat di Olimpiade 2024

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya