5 Prospek Bombastis NBA dari Eropa, Ada Wembanyama!

Pemain Eropa makin ramai di NBA

NBA selalu memberikan banyak hal menarik tiap tahunnya. Menjelang NBA Draft, ada saja prospek yang mampu jadi sorotan. Tidak hanya bagi tim-tim NBA, tetapi juga fans di seluruh dunia. Pemain-pemain ini diharapkan dapat menguasai panggung NBA dalam beberapa tahun mendatang.

Tak hanya dari Amerika Serikat, NBA juga memiliki prospek luar biasa dari Eropa. Kehadiran mereka membuat liga bola basket terbaik sedunia itu makin berwarna. Victor Wembanyama, yang terpilih di urutan pertama NBA Draft 2023, misalnya, turut menggaungkan nama mereka ke kancah internasional, utamanya di Prancis dan Eropa.

Termasuk Wembanyama, ada beberapa prospek bombastis NBA dari Eropa yang sempat menghiasi halaman media massa. Mereka mendapat sorotan karena punya potensi besar untuk menjadi bintang sebelum bergabung dengan tim NBA. Namun, apakah para pemain itu berhasil melakukannya?

1. Victor Wembanyama

5 Prospek Bombastis NBA dari Eropa, Ada Wembanyama!Victor Wembanyama (nba.com)

Victor Wembanyama dikenal sebagai salah satu prospek terbesar di NBA. Ia dipilih di urutan pertama oleh San Antonio Spurs di NBA Draft 2023. Pebasket asal Prancis ini terkenal dengan kemampuannya secara keseluruhan yang luar biasa untuk tinggi 226 cm dengan wingspan 240 cm.

Sebelum memasuki NBA, Wembanyama bermain bersama Metropolitans 92 di LNB Pro A, liga basket profesional teratas Prancis. Ia mencetak rataan 21,6 poin, 10,4 rebound, 2,4 assist, dan 3 blok pada 2022/2023. Wembanyama juga merupakan pemain dengan poin dan blok terbanyak Ia berhasil membawa timnya menembus babak final pada musim itu.

2. Luka Doncic

5 Prospek Bombastis NBA dari Eropa, Ada Wembanyama!Luka Doncic (mavs.com)

Potensi besar yang dimiliki pebasket asal Slovenia ini berhasil mencuri perhatian dunia. Mulai bermain di liga profesional bersama Real Madrid pada usia 16 tahun, Luka Doncic merupakan pemain muda dengan segudang prestasi sebelum memasuki NBA. Atlanta Hawks memilihnya pada urutan ketiga di NBA Draft 2018, yang kemudian ditukar ke Dallas Mavericks.

Doncic sebelumnya menjadi juara di Liga ACB, liga profesional Spanyol, dan EuroLeague. Selain itu, ia juga sempat menjadi MVP EuroLeague 2018. Doncic bahkan berhasil membawa Slovenia ke peringkat empat di Olimpiade 2020 Tokyo.

Luka Doncic kini berkembang menjadi megabintang muda NBA dengan kemampuan mencetak skor di atas rata-rata. Pada 2022/2023, ia mencatat rataan 32,4 poin, 8,6 rebound, dan 8 assist. Ia berhasil membawa Mavericks hingga ke final wilayah pada 2021/2022.

Baca Juga: 6 Draft Pick Pertama pada NBA Draft 2023, Victor Wembanyama Teratas!

3. Darko Milicic

5 Prospek Bombastis NBA dari Eropa, Ada Wembanyama!Darko Milicic (nba.com/timberwolves)

Berasal dari Serbia, Darko Milicic merupakan salah satu prospek menjanjikan di NBA Draft 2003. Pada saat itu, kemampuannya telah dibanding-bandingkan dengan berbagai legenda NBA, seperti Wilt Chamberlain dan Hakeem Olajuwon. Detroit Pistons memilihnya pada urutan kedua, mengalahkan Carmelo Anthony, Chris Bosh, dan Dwyane Wade.

Milicic merupakan pemain post yang handal dengan kemampuan dribel dan menembak yang baik untuk tinggi 213 cm. Ia masih berusia 17 tahun pada saat itu, tetapi tidak pernah mencapai potensi terbaiknya. Kariernya di NBA tidak berjalan sesuai ekspektasi. Ia hanya mencetak rataan 6 poin, 4,2 rebound, dan 1,3 blok selama bermain di sana. Namun, sebagai rookie, Milicic sempat meraih gelar juara NBA 2004 bersama Pistons.

4. Andrea Bargnani

5 Prospek Bombastis NBA dari Eropa, Ada Wembanyama!Andrea Bargnani (nba.com/knicks)

Andrea Bargnani merupakan pemain pilihan pertama di NBA Draft 2006. Berasal dari Italia, ia big man yang dominan dengan kemampuan menembak di atas rata-rata. Sebagai prospek, Bargnani sering dibanding-bandingkan dengan legenda Dallas Mavericks, Dirk Nowitzki.

Selama bermain bersama Raptors, ia tampil sebagai pemain yang cukup solid. Bargnani bahkan sempat mencatat rataan 21,4 poin dan 5,2 rebound pada 2010/2011. Sayang, ia tidak mampu berkembang menjadi salah satu bintang NBA karena tembakannya yang kurang efisien. Ia mencatat rataan 14,3 poin, 4,6 rebound, dan 1,2 assist selama 10 musim di NBA.

5. Ricky Rubio

5 Prospek Bombastis NBA dari Eropa, Ada Wembanyama!Ricky Rubio (nba.com)

Hampir sama seperti Luka Doncic, Ricky Rubio telah masuk ke dunia basket profesional pada usia yang sangat muda, yaitu 14 tahun. Pada 2009, Minnesota Timberwolves memilihnya di urutan kelima di NBA Draft. Namun, ia sepakat untuk bermain bersama Barcelona selama 2 musim sebelum memasuki NBA.

Sebelum bermain di NBA, Rubio telah menjadi pemain yang matang di Liga ACB dan EuroLeague. Ia memiliki potensi besar sebagai seorang point guard andal. Rubio juga sempat membawa timnya menjadi juara di kedua liga tersebut.

Rubio berkembang menjadi seorang playmaker yang solid di NBA. Pada 13 Maret 2017, ia berhasil mencetak 22 poin dan 19 assist. Namun, banyak pihak menganggapnya tidak mencapai potensi terbaik karena kerap diganggu cedera. Saat ini, Rubio sendiri mengambil peran sebagai veteran dalam skuad muda Cleveland Cavaliers.

Talenta internasional perlahan-lahan dapat mengubah permainan NBA menjadi unik. Hingga saat ini, posisi-posisi teratas di NBA mulai didominasi pemain-pemain Eropa. Berbagai prospek besar dari luar Amerika Serikat akan terus bermunculan tiap tahun mengingat pintu telah dibuka sejak lama oleh pemain-pemain berbakat di atas. Belum lagi pemain sekaliber Giannis Antetokounmpo dan Nikola Jokic yang kini jadi pemain terbaik di NBA.

Baca Juga: Luka Doncic Masuk Jajaran Pemain Legendaris NBA

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya