Rekap Performa A'ja Wilson di Final WNBA 2023, MVP!

Cetak double-double di tiga pertandingan

Las Vegas Aces berhasil menjuarai WNBA 2023. Mereka mengalahkan New York Liberty pada babak final dengan kedudukan 3-1. Memenanginya pula pada 2022, ini merupakan gelar beruntun untuk Aces. Mereka merupakan tim pertama dengan gelar beruntun setelah Los Angeles Sparks pada 2002.

A'ja Wilson berhasil meraih MVP Final WNBA musim ini. Ia mengambil peran besar dalam membawa Aces kembali menjadi juara. Selalu tampil dominan, berikut rekap performa A'ja Wilson di Final WNBA 2023.

1. Bermain konsisten pada pertandingan pertama

Rekap Performa A'ja Wilson di Final WNBA 2023, MVP!A'ja Wilson (aces.wnba.com)

Panggung Final WNBA sudah tidak asing untuk A'ja Wilson. Pada pertandingan pertama, ia mampu memberikan performa solid untuk Las Vegas Aces. Mereka akhirnya menang dominan atas New York Liberty dengan skor akhir 99-82.

Wilson mencetak 19 poin, 8 rebound, dan 2 assist pada pertandingan pertama. Sebagai pemain bertahan terbaik di WNBA, ia juga menambahkan 3 blok dan 2 steal untuk Aces. Wilson memiliki akurasi tembakan 63,6 persen pada pertandingan pertama, 7 dari 11 tembakannya masuk.

Aces sempat tertinggal di kuarter kedua. Namun, Wilson berhasil mencetak poin-poinnya untuk menghindari jarak skor yang jauh. Setelah Aces berhasil mengambil alih pertandingan, ia juga mampu mengoleksi berbagai poin dan memberikan energi positif di lapangan sehingga momentum untuk Aces makin kuat hingga akhir pertandingan.

2. Perfomanya jauh lebih ganas pada pertandingan kedua

Rekap Performa A'ja Wilson di Final WNBA 2023, MVP!A'ja Wilson (aces.wnba.com)

A'ja Wilson berhasil mengamankan pertandingan pertama untuk Las Vegas Aces. Tak berhenti sampai situ, ia tampil jauh lebih dominan pada pertandingan kedua. Aces berhasil mempertahankan kandang mereka dan hanya membutuhkan satu kemenangan lagi untuk menjadi juara.

Wilson memimpin Aces pada pertandingan kedua dengan mencetak double-double 26 poin, 15 rebound, dan 3 assist dengan akurasi tembakan 62,5 persen. Dari 16 tembakan yang ia ambil, 10 di antaranya berhasil masuk. Dominasi Aces pada pertandingan kedua berawal dari performa Wilson. Ia berhasil mencetak 12 dari 21 poin Aces di kuarter pertama. Pada saat itu, Aces sempat unggul 19-2 atas Liberty.

Wilson berhasil mengoleksi double-double ke-16 di playoff pada pertandingan ini. Dengan pencapaian ini, ia menduduki posisi tujuh dalam total double-double di playoff WNBA, bersebelahan dengan DeWanna Bonner. Wilson juga merupakan pemain pertama dalam sejarah Aces yang berhasil mengoleksi 15 rebound di Final WNBA.

Baca Juga: 3 Fakta Juara Las Vegas Aces di WNBA 2023

3. Turut mempertahankan Aces agar tetap hidup pada pertandingan ketiga

Rekap Performa A'ja Wilson di Final WNBA 2023, MVP!A'ja Wilson dan Jonquel Jones (aces.wnba.com)

Las Vegas Aces berhasil memenangi tujuh pertandingan beruntun memasuki pertandingan ketiga. Mereka hanya perlu satu kemenangan lagi untuk meraih gelar beruntun. Namun, Aces harus merelakan pertandingan ketiga untuk New York Liberty dengan skor akhir 87-73.

Wilson mengoleksi 16 poin dan 11 rebound pada pertandingan ketiga. Ini merupakan double-double ke-17 untuknya di playoff. Wilson juga mencetak 8 dari 10 tembakan gratis, terbanyak selama ia bermain di Final WNBA 2023. Dengan 16 poinnya, Wilson berhasil mencetak poin dobel digit dalam 31 dari 36 pertandingan playoff selama berkarier di WNBA.

4. Membawa Aces jadi juara meski kehilangan dua starter

Rekap Performa A'ja Wilson di Final WNBA 2023, MVP!A'ja Wilson (instagram.com/aja22wilson)

Las Vegas Aces harus bermain tanpa dua starternya, Chelsea Gray dan Kiah Stokes, pada pertandingan keempat. Meski begitu, mereka masih bisa memenangi pertandingan dan menjadi juara. A'ja Wilson sebagai MVP Final WNBA 2023 memiliki pengaruh besar dalam kemenangan ini.

Wilson kembali mencetak double-double dengan 24 poin dan 16 rebound dengan akurasi tembakan 52,4 persen pada pertandingan keempat. Aces selalu tertinggal sebelum kuarter tiga berakhir. Wilson muncul di saat yang tepat dengan mencetak 9 poin dan 6 rebound pada kuarter 3. Kemudian, ia juga berhasil mencetak poin untuk menjauhkan kedudukan hingga 6 poin dengan sisa waktu 1 menit 26 detik, sekaligus menjadi poin terakhir serta penentu kemenangan Aces sehingga mereka berhasil bertahan dengan skor akhir 70-69.

Dengan trofi MVP Final WNBA 2023, A'ja Wilson makin kuat untuk disebut sebagai salah satu pemain terbaik sepanjang sejarah WNBA. Baru bermain selama 6 musim, ia telah memiliki segudang prestasi. Wilson masih memiliki banyak waktu untuk  membuat kariernya di WNBA menjadi selegendaris mungkin.

Baca Juga: 4 Fakta A'ja Wilson, Peraih Defensive Player of the Year WNBA 2023

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya