Rekap Perjalanan Minnesota Timberwolves di NBA 2022/2023

Timberwolves tereliminasi pada putaran pertama

Putaran pertama playoffs NBA 2023 telah berakhir. Minnesota Timberwolves jadi salah satu tim yang harus mundur lebih awal dari panggung bergengsi ini.

Timberwolves sendiri mesti melalui perjalanan yang panjang pada 2022/2023. Mereka melakukan eksperimen, lalu mengalami momen-momen krusial yang berpengaruh pada performa tim.

Berikut rekap perjalanan Minnesota Timberwolves di NBA 2022/2023.

1. Mengejutkan NBA dengan memperoleh Rudy Gobert

Rekap Perjalanan Minnesota Timberwolves di NBA 2022/2023Rudy Gobert (nba.com)

Minnesota Timberwolves mendapatkan Rudy Gobert dari pertukaran pemain dengan Utah Jazz pada 6 Juli 2022. Sebagai gantinya, mereka melepas Malik Beasley, Jarred Vanderbilt, Patrick Beverley, Leandro Bolmaro, Walker Kessler, dan empat draf putaran pertama.

Pertukaran ini mengejutkan. Rudy Gobert dan Karl-Anthony Towns membuat Timberwolves jadi memiliki dua bintang berposisi center.

Timberwolves juga memperoleh Kyle Anderson, Austin Rivers, Bryn Forbes, dan Josh Minott. Skuad mereka terlihat menjanjikan saat ditambah dengan Anthony Edwards yang mulai bersinar.

2. Karl-Anthony Towns cedera, situasi semakin rumit

Rekap Perjalanan Minnesota Timberwolves di NBA 2022/2023Karl-Anthony Towns (nba.com)

Performa Minnesota Timberwolves yang baru belum memenuhi ekspektasi. Namun, mereka berhasil memenangi lima pertandingan beruntun pada 14—24 November 2022.

Timberwolves harus menghadapi kondisi sulit. Pada 28 November 2022, Towns menderita cedera betis tingkat tiga. Cedera ini membuatnya absen hingga akhir Maret 2023.

Selama Towns absen, Timberwolves mencatat rekor 26-26. Mereka belum berada di posisi yang aman untuk meraih tiket ke playoff mengingat padatnya Wilayah Barat.

Baca Juga: Perkuat Pertahanan, Minnesota Timberwolves Datangkan Rudy Gobert

3. Perubahan signifikan pada pertengahan musim

Rekap Perjalanan Minnesota Timberwolves di NBA 2022/2023Mike Conley (nba.com/timberwolves)

Minnesota Timberwolves mencari segala cara untuk mengembangkan komposisi timnya. Mereka menukar pemain-pemainnya pada pertengahan musim.

Timberwolves akhirnya melepas D'Angelo Russell dalam pertukaran tiga tim dengan Los Angeles Lakers dan Utah Jazz. Sebagai gantinya, mereka mendapatkan guard veteran Mike Conley dan Nickeil Alexander-Walker dari Jazz. 

Pada 2022/2023, Conley mencatat akurasi tripoin sebesar 42 persen, sedangkan Alexander-Walker 36,1 persen. Keunggulan fisik Alexander-Walker juga memberikan kontribusi yang besar untuk mereka dari segi pertahanan.

4. Drama bermunculan di pertandingan terakhir pada 2022/2023

Rekap Perjalanan Minnesota Timberwolves di NBA 2022/2023Rudy Gobert, center Minnesota Timberwolves (twitter.com/timberwolves)

Menjelang akhir 2022/2023, Minnesota Timberwolves mulai menunjukkan tren positif. Sejak 21 Maret hingga 10 April 2023, mereka mencatat rekor 7-3 dan dapat bermain di playin.

Selain itu, Karl-Anthony Towns juga telah pulih dari cederanya. Namun, mereka menghadapi berbagai momen kurang menyenangkan di pertandingan terakhir pada 2022/2023 melawan New Orleans Pelicans.

Terjadi pertengkaran antara Rudy Gobert dan Kyle Anderson saat berdiskusi di bangku cadangan Timberwolves. Jaden McDaniels, salah satu pemain kunci mereka, juga mengalami patah tangan kanan setelah meninju tembok saat halftime.

Timberwolves akhirnya memenangi pertandingan ini dengan skor 113-108. Sayangnya, mereka mendapati masalah internal serta kehilangan pemain penting.

5. Berhasil mengamankan tiket ke playoff

Rekap Perjalanan Minnesota Timberwolves di NBA 2022/2023Kyle Anderson, Karl-Anthony Towns, dan Mike Conley (nba.com/timberwolves)

Minnesota Timberwolves menduduki posisi kedelapan di Wilayah Barat pada 2022/2023. Mereka harus melewati playin untuk bermain di playoff.

Timberwolves menghadapi Los Angeles Lakers tanpa Rudy Gobert yang sedang dihukum akibat friksi dengan Kyle Anderson. Pertandingan berlangsung sengit hingga membutuhkan overtime. Timberwolves pada akhirnya kalah dramatis dengan skor 102-108.

Untungnya, mereka memiliki kesempatan untuk mengamankan tiket ke playoff dengan mengalahkan Oklahoma City Thunder. Timberwolves berhasil menang dominan atas Thunder dengan skor 120-95. Towns, Gobert, dan Edwards masing-masing mencatat 28, 21, dan 19 poin.

6. Minnesota Timberwolves dihentikan raja Wilayah Barat pada putaran pertama playoff

Rekap Perjalanan Minnesota Timberwolves di NBA 2022/2023Minnesota Timberwolves (nba.com/timberwolves)

Minnesota Timberwolves berhasil mendapatkan tiket ke playoff 2022/2023 di peringkat delapan. Mereka pun harus berhadapan dengan Denver Nuggets, tim nomor satu di Wilayah Barat.

Anthony Edwards menjadi salah satu pemain yang disorot pada putaran pertama playoff. Sang bintang muda mencatat rataan 31,6 poin, 5 rebound, dan 5,2 assist pada seri ini. Ia juga sempat mencetak 41 poin pada pertandingan kedua dan berhasil mencetak tembakan krusial pengunci kemenangan pada overtime di pertandingan keempat.

Sayangnya, Timberwolves belum cukup kuat untuk menghadapi Nuggets. Mereka ditaklukkan tim asal Denver dalam lima pertandingan. Setelah melewati berbagai rintangan, langkah Timberwolves di NBA 2022/2023 resmi berakhir.

Baca Juga: 10 Fakta Karl-Anthony Towns, Pemenang NBA Three Point Contest 2022

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya