Road to Final New York Liberty di WNBA 2023, Tumbangkan Sun!

Liberty siap cetak sejarah baru

New York Liberty kembali berlaga di Final WNBA. Mereka berhasil mengalahkan Connecticut Sun pada babak semifinal dengan kedudukan akhir 3-1. Liberty akan berhadapan dengan sang juara bertahan Las Vegas Aces di Final WNBA 2023. 

Ini merupakan Final WNBA pertama sejak 2002 untuk Liberty. Hingga saat ini, mereka sendiri belum pernah menjuarai WNBA. Dengan susunan tim yang makin kuat, Liberty memiliki peluang yang cukup untuk meraih gelar juara pertamanya musim ini.

1. Mencetak sejarah unik sebagai sebuah tim

Road to Final New York Liberty di WNBA 2023, Tumbangkan Sun!Sabrina Ionescu (liberty.wnba.com)

New York Liberty memiliki ambisi yang besar untuk menjadi juara musim ini. Mereka mengakhiri musim reguler 2023 dengan rekor 32-8, terbaik sepanjang sejarah tim. Tak berhenti sampai situ, dominasi Liberty berlanjut hingga playoff.

Memasuki Final WNBA 2023, Liberty menjadi tim WNBA pertama dengan 4 pemain berbeda yang berhasil mencatat rataan setidaknya 16 poin sepanjang playoff. Keempat pemain tersebut merupakan sang MVP Breanna Stewart (19,8 poin), Betnijah Laney (17 poin), Jonquel Jones (16,5 poin), dan Sabrina Ionescu (16,3). Di pertandingan keempat pada semifinal, Stewart, Laney, dan Jones berhasil mencetak setidaknya 20 poin. Ini merupakan kali pertama terdapat 3 pemain yang mencetak 20 poin dalam 1 pertandingan playoff sepanjang sejarah Liberty.

Baca Juga: Maya Moore, Hiatus dari WNBA demi Advokasi Kasus Salah Tangkap

2. Dominasi Jonquel Jones tak dapat dihentikan

Road to Final New York Liberty di WNBA 2023, Tumbangkan Sun!Jonquel Jones (liberty.wnba.com)

Jonquel Jones baru menjalani musim pertamanya bersama New York Liberty pada 2023. Meski begitu, ia mampu mengambil peran sebagai salah satu forward utama mereka dan langsung tampil dominan. Jones juga berhasil mencatat berbagai pencapaian impresif sepanjang playoff ini.

Memasuki Final WNBA 2023, total poin yang dimiliki Jones selama bermain di playoff berhasil menyentuh 500 poin. Hingga saat ini, ia juga berhasil mencetak enam double-double beruntun, terbanyak sepanjang sejarah playoff WNBA. Tak hanya itu, Jones memiliki pengaruh besar dalam kesuskesan Liberty pada semifinal. Di pertandingan keempat, ia memimpin Liberty dengan mencetak 25 poin, 15 rebound, 4 blok, serta 2 tripoin dan menyudahi langkah Connecticut Sun di playoff WNBA 2023.

3. Akan berhadapan dengan tim terbaik di WNBA untuk meraih gelar juara

Road to Final New York Liberty di WNBA 2023, Tumbangkan Sun!New York Liberty melawan Las Vegas Aces. (liberty.wnba.com)

Setelah mengakhiri pertandingan keempat melawan Connecticut Sun dengan kemenangan dramatis 87-84, langkah New York Liberty makin dekat untuk meraih gelar juara pertama. Namun, mereka harus mengalahkan Las Vegas Aces di Final WNBA 2023 terlebih dahulu. Aces sendiri merupakan tim terbaik di WNBA saat ini dengan rekor musim reguler 34-6 dan belum terkalahkan di playoff.

Panggung final ini merupakan kesempatan bagi Liberty untuk membuktikan kemampuan mereka yang sesungguhnya. Sang MVP Breanna Stewart akan berhadapan langsung dengan saingan terbesarnya, A'ja Wilson. Selain itu, Betnijah Laney dan Sabrina Ionescu juga harus menyaingi bintang Aces lainnya, seperti Chelsea Gray dan Jackie Young. Dua kekuatan terbaik di WNBA akan bertarung untuk membuktikan siapa yang layak menduduki posisi teratas.

Final WNBA 2023 akan berlangsung mulai Senin (9/10/2023). Las Vegas Aces menjadi tuan rumah untuk pertandingan pertama dan kedua, kemudian New York Liberty untuk pertandingan ketiga dan keempat. Kedua tim masih memiliki banyak waktu luang untuk mempersiapkan permainan mereka di panggung terbesar WNBA.

Baca Juga: Road to Final Las Vegas Aces di WNBA 2023, Sudah Terprediksi?

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

Writing, Basketball, and Music!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya