Saga Transfer Pascal Siakam ke Indiana Pacers di NBA 2024

Skuad Pacers di NBA makin menjanjikan

Batas akhir pertukaran pemain NBA makin dekat. Indiana Pacers telah membuat pergerakan. Mereka berhasil mendapatkan bintang Toronto Raptors, Pascal Siakam, pada Rabu (17/1/2024). Sebagai gantinya, Pacers mengirim beberapa pemain dan aset NBA Draft yang bernilai cukup tinggi kepada tim asal Kanada tersebut.

Memiliki rekor yang cukup positif musim ini, Pacers tengah berada dalam momentum yang bagus untuk mengamankan Siakam. Kehadirannya dapat melengkapi sistem permainan mereka. Dengan Siakam dan Tyrese Haliburton, Pacers berpotensi menjadi salah satu tim yang tidak bisa diremehkan di Wilayah Timur.

1. Toronto Raptors fokus membangun wajah baru dengan mengirim Pascal Siakam pergi

Saga Transfer Pascal Siakam ke Indiana Pacers di NBA 2024Pascal Siakam (nba.com/pacers)

Toronto Raptors berhasil meraih gelar juara pertamanya di NBA pada 2019 lalu. Pascal Siakam merupakan pemain inti terakhir dari skuad tersebut yang masih bertahan hingga 2023/2024 ini. Dengan kepergiannya dari Raptors, mereka resmi memulai era baru yang berfokus kepada bintang muda, Scottie Barnes.

Siakam telah sukses membangun kariernya bersama Raptors. Dahulunya sempat bermain di NBA G-League, ia mampu menjadi juara NBA dan Most Improved Player pada 2019. Nama Siakam juga dinobatkan sebagai All-Star dua kali pada 2020 dan 2023 lalu.

Musim ini, Siakam mencatat rataan 22,2 poin, 6,3 rebound, dan 4,9 assist dengan akurasi tembakan 52,2 persen. Meski performanya cukup solid, Raptors memutuskan untuk menyudahi langkahnya bersama Siakam dan berfokus membangun masa depan mereka dari sekarang dengan pemain-pemain muda. Per 20 Januari 2023, Raptors sendiri menduduki peringkat 12 di klasemen Wilayah Timur.

Baca Juga: 5 Pemain Charlotte Hornets yang Tampil Ciamik di NBA 2023/2024

2. Indiana Pacers harus mengorbankan pemain berkualitas seperti Bruce Brown Jr

Saga Transfer Pascal Siakam ke Indiana Pacers di NBA 2024Bruce Brown (nba.com/pacers)

Memasuki NBA 2023/2024, Indiana Pacers memiliki susunan tim yang cukup menarik. Dengan kombinasi yang sesuai antara kemampuan pemain-pemain muda dan veteran, mereka berhasil mengejutkan NBA dengan mencapai babak final NBA In-Season Tournament. Namun, mereka harus kehilangan beberapa pemain tersebut untuk mendapatkan Pascal Siakam.

Pacers menukar Bruce Brown Jr dan Jordan Nwora kepada Raptors untuk Pascal Siakam. Raptors juga menerima Kira Lewis Jr dari Pacers setelah ditukar dari New Orleans Pelicans. Tak hanya itu, Pacers mesti memberikan tiga hak pilih putaran pertama di NBA Draft untuk Raptors.

Brown Jr sendiri menjalani musim terbaiknya di NBA bersama Pacers. Ia mencatat rataan 12,1 poin, 4,7 rebound, 3 assist, dan 1,1 steal. Brown Jr memiliki pengaruh yang cukup besar sebagai pemain pendukung Tyrese Haliburton. Ia memberikan energi positif untuk Pacers di lapangan.

3. Permainan Pascal Siakam dianggap sesuai dengan strategi Indiana Pacers

Indiana Pacers belum bisa mencapai babak playoff selama 3 tahun terakhir. Namun, 2023/2024 akan menjadi kesempatan besar untuk mereka. Pacers akhirnya memiliki duo bintang untuk bersaing dalam merebut gelar juara dalam diri Pascal Siakam dan Tyrese Haliburton.

Siakam memiliki teknik serangan yang unik dan sesuai dengan strategi Pacers. Selain itu, kemampuan bertahannya yang fleksibel dan serbaguna akan meningkatkan performa mereka di lapangan. Kehadirannya adalah pelengkap yang membuat susunan tim makin mantap untuk bersaing dengan tim-tim terbaik, terutama di Wilayah Timur.

Per 20 Januari 2024, Pacers menduduki peringkat pertama dalam total poin tertinggi dalam satu pertandingan (125,6 poin). Tak hanya itu, mereka juga memiliki akurasi tembakan 50,9 persen dalam 1 pertandingan, tertinggi di NBA. Pacers berada di peringkat enam dalam klasemen Wilayah Timur dengan rekor 24-17.

Pascal Siakam siap untuk memulai perjalanan barunya bersama Indiana Pacers. Bersama mereka, ia masih memiliki banyak kesempatan untuk kembali menjadi juara. Keputusan Pacers untuk mengambil Siakam merupakan pembuka untuk pergerakan bombastis lainnya menjelang batas akhir pertukaran pemain musim ini.

Baca Juga: 5 Pemain dengan Gaji Terbesar di Indiana Pacers pada 2023/2024

Clemens Kristo Budiutomo Photo Verified Writer Clemens Kristo Budiutomo

NBA enthusiast!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya