Alex Rins Tak Bakal Ikut Balapan di GP Inggris, Belum Bugar

Dalam masa pemulihan cedera

Alex Rins harus menelan pil pahit menjelang paruh kedua MotoGP 2023. Pembalap LCR Honda itu tak akan turun di GP Inggris yang bakal berlangsung pada 4–6 Agustus 2023. Rins belum dinyatakan fit untuk ikut pada pekan balap yang digelar di Sirkuit Silverstone itu.

Hal tersebut tentu menjadi kerugian untuk Alex Rins. Apalagi, ia baru memperkuat LCR Honda setelah pindah dari Suzuki pada 2023 ini. Lantas, siapa yang bakal mengisi posisi kosong Rins?

1. Pemilik LCR Team memastikan Alex Rins bakal absen di GP Inggris

Alex Rins Tak Bakal Ikut Balapan di GP Inggris, Belum Bugarpembalap LCR Honda Alex Rins (motogp.com)

Lucio Cecchinello menyampaikan langsung kepastian absennya Alex Rins di GP Inggris. Namun, pemilik tim LCR Honda itu menyebut proses pemulihan cedera kaki sang pembalap berlangsung baik. Hanya saja, belum bisa dipastikan kapan Rins bisa kembali berada di atas motor RC213V.

“Alex Rins tidak akan ikut di GP Inggris. Pemulihannya berlangsung dengan sangat baik. Namun, aku tak tahu kapan dia akan bisa balapan lagi dan kapan dia akan menjalani comeback,” kata Lucio dilansir Crash.

2. Waktu comeback Alex Rins bakal diputuskan pada pekan awal Agustus 2023

LCR Honda terus memantau perkembangan pemulihan cedera kaki Alex Rins. Keputusan mengenai waktu comeback pembalap bernomor motor 42 itu akan diambil paling cepat pada pekan awal Agustus 2023. Keputusan bergantung kepada seberapa bugar kondisi fisik Rins selepas pemulihan.

“Kemudian, Rins dapat membebani kakinya yang patah lagi untuk pertama kalinya. Lalu, dia akan diizinkan untuk mengambil langkah pertamanya untuk kali pertama sejak insiden. Jika dia merasa baik, maka dia bisa kembali di GP Austria pada 20 Agustus. Atau, dia bisa kembali ikut balapan di GP Catalunya pada 3 September. Kami belum tahu soal itu,” jelas Lucio dikutip Speedweek.

Baca Juga: Alex Rins, Cahaya Honda di Tengah Situasi Sulit Musim Ini

3. Stefan Bradl bakal mengisi posisi Alex Rins di GP Inggris

Alex Rins Tak Bakal Ikut Balapan di GP Inggris, Belum BugarTest Rider Honda Stefan Bradl (motogp.com)

Stefan Bradl akan mengisi kekosongan yang ditinggalkan Alex Rins. Test rider Honda itu sebelumnya turun dalam tiga seri balap musim ini, yaitu GP Amerika, Spanyol, dan Belanda. Hasil terbaik yang ditorehkan Bradl adalah finis ke-13 saat main race GP Belanda.

Bradl kini bercokol di posisi ke-26 klasemen pembalap. Ia sudah mengumpulkan lima poin dengan seluruhnya didapat ketika main race. Perolehan poin Bradl bisa bertambah andai tampil oke di GP Inggris nanti.

4. Naik turun perjalanan Alex Rins selama paruh pertama MotoGP 2023

Alex Rins Tak Bakal Ikut Balapan di GP Inggris, Belum BugarAlex Rins mengangkat trofi usai finis pertama di main race GP Amerika 2023. (motogp.com)

Alex Rins sudah melewatkan tiga main race di GP Italia, Jerman, dan Belanda. Ia juga tak turun dalam sprint race GP Jerman dan Belanda. Hal tersebut imbas dari cedera patah tulang tibia dan fibula kaki kanan yang dialami akibat terjatuh saat sprint race GP Italia pada 10 Juni 2023 lalu.

Sebelum mengalami cedera, Rins mampu menunjukkan performa bagus saat menunggangi RC213V. Itu dibuktikannya saat menjalani pekan balap di GP Amerika. Rins sukses finis sebagai runner-up saat sprint race di Circuit of the Americas (COTA).

Puncaknya, Alex Rins berhasil finis sebagai pemenang ketika main race di sirkuit yang sama. Ini menjadi pertama kalinya pembalap Honda selain Marc Marquez yang berhasil memenangi main race di MotoGP. Terakhir kali ada pembalap Honda di luar Marc Marquez yang sukses finis terdepan adalah Cal Crutchlow saat GP Argentina 2018.

Alex Rins bertengger di posisi ke-13 klasemen pembalap setelah mengumpulkan 47 poin. Sejauh ini, ia masih jadi pembalap Honda dengan perolehan poin terbanyak di klasemen MotoGP 2023. Rins unggul 13 poin dari rekan setimnya, Takaaki Nakagami, yang bertengger di peringkat ke-16.

Baca Juga: Alex Rins Beberkan Kekurangan RC213V yang Harus Dibenahi Honda

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya