Alexander Albon Mengenang Nasihat Terbaik Franz Tost

Nasihat yang Albon ingat hingga saat ini

Formula 1 menjadi salah satu ajang balap paling bergengsi dan kompetitif di dunia. Persaingan di dalam kejuaraan tersebut tentunya berlangsung intens pada tiap musimnya. Tim dan pembalap dituntut menampilkan performa terbaik demi memperoleh hasil maksimal.

Hal tersebut juga dirasakan Alexander Albon sejak debut di Formula 1 pada 2019. Ada banyak pengalaman yang didapatkan pembalap berkebangsaan Thailand itu selama berada di kejuaraan. Albon juga mendapat sejumlah nasihat dari orang-orang yang berkecimpung di bidang yang sama, salah satunya dari Franz Tost.

Apa nasihat mantan team principal AlphaTauri (kini Visa CashApp RB) tersebut kepada Albon yang dikenang hingga sekarang?

1. Alexander Albon mengalami pasang surut karier selama di Formula 1

Alexander Albon Mengenang Nasihat Terbaik Franz TostAlexander Albon mengangkat trofi usai finis ketiga di GP Tuscany 2020. (formula1.com)

Alexander Albon memulai perjalanannya di Formula 1 bersama Toro Rosso pada 2019. Ia masuk ke kejuaraan setelah menuntaskan Formula 2 2018 dengan menduduki posisi ketiga klasemen pembalap. Albon menjadi rekan setim Daniil Kvyat hingga GP Hungaria 2019 saat itu.

Selama memperkuat Toro Rosso, Albon mampu meraih 16 poin dengan prestasi terbaiknya finis keenam di GP Jerman 2019. Capaian oke di Toro Rosso membuka jalan Albon untuk promosi ke Red Bull pada pertengahan 2019. Ia menggeser posisi Pierre Gasly yang diturunkan ke Toro Rosso setelah GP Hungaria.

Posisi Albon sebagai pembalap Red Bull berlanjut pada 2020. Sayangnya, Albon gagal memuaskan tim karena tak mampu tampil maksimal. Ia hanya dua kali naik podium di GP Tuscany dan Bahrain. Alhasil, Albon harus merelakan posisinya diisi Sergio Perez dan mengemban tugas sebagai reserve driver.

Albon akhirnya kembali balapan di Formula 1 pada 2022. Ia memperkuat Williams setelah semusim tak berada di grid balap. Albon terikat kontrak dengan Williams hingga akhir tahun 2024.

Baca Juga: AMR24 Jadi Andalan Baru Aston Martin di Formula 1 2024

2. Nasihat Franz Tost sederhana, tetapi membekas dalam ingatan Alexander Albon

Alexander Albon Mengenang Nasihat Terbaik Franz Tostmantan Team Principal AlphaTauri, Franz Tost (formula1.com)

Pasang surut karier Alexander Albon di Formula 1 menyisakan banyak kenangan di benak pembalap yang kini berusia 27 tahun tersebut. Salah satu yang tak terlupakan adalah nasihat dari Franz Tost, mantan bos Albon saat memperkuat Toro Rosso. Franz Tost bukanlah sosok sembarangan di Formula 1.

Ia menjadi salah satu team principal dengan masa bakti terlama di kejuaraan. Dilansir Sportskeeda, Franz Tost menempati posisi kelima sebagai team principal dengan masa jabatan terlama di Formula 1. Ia memimpin Toro Rosso sejak 2006 hingga terakhir kali pada 2023 saat tim berkompetisi memakai nama AlphaTauri.

Albon ingat nasihat yang disampaikan Franz Tost kepadanya saat menjalani musim debut di Formula 1. Saat itu, Tost mengingatkan Albon untuk fokus kepada diri sendiri. Sebuah nasihat sederhana, tetapi begitu membekas dalam pikiran Albon.

“Dia berbicara kepadaku tentang Formula 1 ketika diriku masih berstatus debutan. Dia bilang, ‘Alex, jika ada satu hal yang Anda perlu pelajari tentang Formula 1, itu adalah sikap untuk tidak peduli.’ Terdengar sangat sederhana dan tidak terlalu dalam, tetapi itu sangat tepat.

Aku tidak benar-benar memahaminya hingga diriku mengalami masa sulit. Saat itulah kami berbicara tentang menempatkan diri sendiri terlebih dahulu dan bersikap egois,” kata Albon dikutip Racing News 365.

3. Alexander Albon awalnya merasa aneh dengan nasihat Franz Tost

Alexander Albon Mengenang Nasihat Terbaik Franz TostAlexander Albon dan Franz Tost (formula1.com)

Nasihat Franz Tost pada awalnya terasa aneh untuk Alexander Albon. Pasalnya, seorang bos tim umumnya mengatakan kepada pembalap bahwa mereka perlu peduli kepada tim. Namun, Tost justru meminta Albon untuk fokus kepada diri sendiri serta performa di atas lintasan.

"Sangat aneh bagi seorang bos tim berkata seperti itu. Sebab, pada akhirnya mereka ingin Anda peduli dengan tim. Mereka ingin Anda peduli dengan citra tim. Akan tetapi, dia tidak seperti itu. Dia bilang untuk mengutamakan diri sendiri terlebih dahulu dan itu saja,” papar Albon dilansir Racing News 365.

Alexander Albon akan menjalani musim ketiga bersama Williams sekaligus musim kelimanya di Formula 1. Albon tentu menginginkan hasil lebih baik ketimbang musim lalu saat dirinya bercokol di peringkat ke-13 klasemen pembalap lewat perolehan 27 poin. Akankah Albon mampu tampil oke musim ini?

Baca Juga: 10 Potret Livery Tim Formula 1 untuk Musim 2024

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya