AMR24 Jadi Andalan Baru Aston Martin di Formula 1 2024

Aston Martin optimistis tampil gemilang musim ini

Aston Martin sedang bersiap menyongsong Formula 1 2024. Salah satu agenda yang tim tersebut lakukan sebelum dimulainya kejuaraan musim ini adalah peluncuran mobil. Aston Martin resmi meluncurkan mobil baru andalan mereka, AMR24.

Peluncuran AMR24 digelar pada Senin (12/2/2024) sore WIB. Warna hijau tetap menghiasi mobil yang akan dikemudikan oleh Fernando Alonso dan Lance Stroll. Lantas, seperti apa harapan Aston Martin terhadap mobil baru mereka kali ini?

1. AMR24 masih memakai warna hijau dan mendapati sejumlah perubahan

AMR24 Jadi Andalan Baru Aston Martin di Formula 1 2024tampilan depan serta samping mobil AMR23 dan AMR24 (twitter.com/F1)

Aston Martin menjadi tim keenam yang merilis mobil baru menjelang Formula 1 2024. Tim yang dipimpin Mike Krack itu melakukan peluncuran AMR24 di markas mereka yang berlokasi di Silverstone, Inggris. Acara peluncuran tersebut dihadiri oleh Mike Krack, Fernando Alonso, Lance Stroll, Lawrence Stroll selaku pemilik tim, dan Dan Fallows yang bertugas sebagai Technical Director.

Warna hijau dan hitam fiber carbon dengan sejumlah aksen kuning masih terlihat di bodi mobil AMR24. Aramco sebagai sponsor utama Aston Martin muncul di sayap depan dan belakang AMR24. Sama seperti AMR23, mobil AMR24 menggunakan suspensi push-rod. Lubang engine intake di bagian sidepod juga lebih lebar meski terlihat lebih pipih. Ujung hidung AMR24 tampak tidak menempel di bagian main plane sayap depan.

2. Mike Krack yakin AMR24 akan tampil lebih kuat di Formula 1 2024

AMR24 Jadi Andalan Baru Aston Martin di Formula 1 2024tampilan mobil AMR24 (formula1.com)

Mike Krack mengaku bahwa dirinya dan tim telah mencurahkan fokus dan usaha dalam pengembangan mobil AMR24. Kekurangan yang ada pada AMR23 berupaya ditelaah demi pengembangan AMR24 ke arah lebih baik. Krack yakin kerja yang telah dilakukan selama libur kompetisi membuat Aston Martin tampil lebih kuat.

“Kami telah mencoba fokus pada semua area dari mobil AMR23 yang menjalani musim luar biasa dan penuh dengan hal-hal positif tahun lalu. Namun, kami tidak meninggalkan satu batu pun. Kami benar-benar berusaha melihat ke semua area, baik itu mobil, operasi, dan reliabilitas. Itu dilakukan untuk membuat langkah maju ke segala arah.

Itu telah menjadi hal yang intens selama beberapa bulan sejak kami menuntaskan musim lalu. Kami berharap bahwa kami telah cukup melakukan banyak hal. Kami yakin bahwa kami akan memiliki penantang yang kuat,” kata Krack dilansir Formula 1.

3. Dan Fallows juga menyuarakan optimisme terhadap performa AMR24

Tak hanya Mike Krack, Dan Fallows juga menyuarakan optimisme terhadap AMR24. Ia yakin Aston Martin dapat mengulangi performa mengesankan seperti musim lalu. Fallows juga menargetkan Aston Martin bisa kembali menjadi pesaing terdekat Red Bull dalam persaingan di Formula 1 2024.

“Kami benar-benar mencari waktu putaran dari hal-hal yang lebih kecil. Kami telah menemukan elemen yang lebih rinci dari lantai dan bagian lain pada mobil. Namun, masih ada banyak waktu putaran yang akan datang.

Kami mengambil pendekatan bahwa Red Bull benar-benar bisa dikalahkan. Itulah yang kami sedang kejar. Kami fokus terhadap hal tersebut dan itulah target kami,” jelas Fallows dikutip Racing News 365.

Pencapaian Aston Martin di Formula 1 2023 terbilang oke. Mereka mampu meraih 8 podium lewat Fernando Alonso. Meski begitu, performa Aston Martin yang begitu menjanjikan pada awal musim perlahan mengalami penurunan saat putaran kedua.

Alhasil, Aston Martin harus puas menduduki posisi kelima klasemen konstruktor lewat perolehan 280 poin. Jika dibandingkan musim 2022, perolehan Aston Martin tahun lalu mengalami peningkatan pesat. Pasalnya, Aston Martin menduduki peringkat ketujuh setelah mengumpulkan 55 poin pada 2022.

Kiprah Aston Martin di Formula 1 2024 tentu dinantikan banyak pihak. Sebab, ambisi untuk menempel ketat Red Bull belum juga sirna. Bisakah Aston Martin memberi tekanan terhadap Red Bull musim ini?

Baca Juga: Aston Martin Ungkap Cara Menangani Hubungan Alonso dan Stroll

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya