Senyum Bahagia Augusto Fernandez Usai Pastikan Diri jadi Juara Moto2

Augusto Fernandez tutup perjalanannya di Moto2 dengan manis

Augusto Fernandez bisa tersenyum lebar usai GP Valencia yang digelar di Circuit Ricardo Tormo, Minggu (6/11/2022) malam WIB. Gelar juara Moto2 yang diidamkan akhirnya sampai juga ke tangan pembalap Red Bull KTM Ajo ini.

Rasa bahagia tentu dirasakan oleh Augusto Fernandez. Sebab, musim balapnya di kelas intermediate sukses ditutup dengan manis jelang debutnya di kelas utama MotoGP 2023.

1. Augusto Fernandez datang ke Valencia bermodalkan keunggulan 9,5 poin dari Ai Ogura

Senyum Bahagia Augusto Fernandez Usai Pastikan Diri jadi Juara Moto2Augusto Fernandez dan Ai Ogura dalam sebuah balapan Moto2 musim 2022 (motogp.com)

Augusto Fernandez datang ke Valencia dengan keunggulan 9,5 poin dari Ai Ogura. Meski begitu, pembalap berkebangsaan Spanyol itu tak ingin terlena dan tetap berusaha fokus sepanjang pekan balap GP Valencia kal ini.

Hasilnya, Augusto Fernandez mengamankan posisi start ketiga dalam kualifikasi yang digelar, Sabtu (5/11/2022). Sementara itu, Ai Ogura harus puas memulai balapan dari baris kedua, tepatnya di posisi kelima.

Kondisi tersebut tentu membuat Augusto Fernandez memiliki peluang lebih besar untuk finis di depan Ai Ogura dan keluar sebagai juara. Sementara itu, Ai Ogura perlu mengerahkan segala upaya untuk finis dengan margin keunggulan 10 poin jika ingin merengkuh titel juara.

2. Ai Ogura merangsek ke posisi kedua, Augusto Fernandez sempat melorot ke posisi keenam

Senyum Bahagia Augusto Fernandez Usai Pastikan Diri jadi Juara Moto2Augusto Fernandez berada di belakang Pedro Acosta saat balapan GP Valencia 2022. (motogp.com)

Selepas lampu start padam, Ai Ogura langsung naik satu posisi ke posisi keempat. Sementara itu, Augusto Fernandez melorot ke posisi keenam pada lap pertama.

Pada lap kedua, Ai Ogura naik ke posisi kedua usai menyalip Alonso Lopez dan Pedro Acosta yang terlibat kontak di tikungan kedua. Di sisi lain, Augusto Fernandez berhasil menyalip Fermin Aldeguer untuk berada di posisi kelima.

Augusto Fernandez naik ke posisi keempat pada lap keempat menyusul Alonso Lopez yang terjatuh di tikungan sebelas. Akan tetapi, Cameron Beaubier mampu menyalip pada lap keenam sebelum pada akhirnya posisi keempat kembali jadi milik Augusto Fernandez. Hal itu terjadi lantaran Cameron Beaubier terjatuh di pengujung lap keenam.

Baca Juga: Klasemen Akhir Rookie Moto2 2022, Pedro Acosta Rebut Titel RoTY

3. Nasib sial menimpa Ai Ogura, Augusto Fernandez tuntaskan balapan di posisi kedua

Ai Ogura masih tetap nyaman di posisi kedua sampai lap ketujuh tuntas. Akan tetapi, nasib sial menimpa pembalap asal Jepang itu pada lap kedelapan.

Ai Ogura mengalami lowside pada tikungan kedelapan yang membuatnya terpaksa keluar balapan. Bersamaan dengan itu, peluang juara pembalap berusia 21 tahun itu pun langsung tertutup.

Ini menjadi kedua kali secara beruntun Ai Ogura gagal finis. Sebelumnya, pembalap bernomor motor 79 itu juga gagal menuntaskan balapan usai terjatuh di lap terakhir GP Malaysia. 

Sementara itu, pada lap 13, Augusto Fernandez sudah berada di posisi kedua usai menyalip Tony Arbolino. Posisi tersebut tak berubah hingga bendera chequered dikibarkan. Augusto Fernandez pun menuntaskan 25 lap GP Valencia sebagai runner-up sekaligus mengukuhkan diri sebagai juara dunia Moto2 2022.

4. Augusto Fernandez merasa puas bisa meraih hasil terbaik pada musim 2022

Senyum Bahagia Augusto Fernandez Usai Pastikan Diri jadi Juara Moto2Augusto Fernandez berselebrasi di podium GP Valencia 2022. (twitter.com/Afernandez37)

Selepas balapan, Augusto Fernandez berbagi kebahagiaan meraih gelar juara dunia Moto2 2022. Apalagi, ini adalah penantian pembalap berusia 25 tahun itu sejak pertama kali debut di kelas Moto2 pada 2017 silam.

Meski merasa kecewa karena sempat kehilangan posisi, Augusto Fernandez tetap merasa puas dengan hasil yang diperoleh. Ia juga turut bersimpati pada Ai Ogura karena gagal menuntaskan balapan. 

"Aku bersimpati pada Ai Ogura. Dia telah memberikan segalanya meski akhirnya terjatuh. Setelahnya aku melupakan semuanya demi berkendara untuk balapanku dan juga kecepatanku.

Aku mencoba mengakhiri musim dengan kemenangan. Pedro Acosta sudah sangat cepat saat sesi latihan, seperti diriku, tetapi sedikit lebih baik. Aku senang karena aku mencoba memberinya tekanan hingga tikungan terakhir," ujar Augusto Fernandez dilansir Speedweek.

5. Red Bull KTM Ajo panen gelar, tutup Moto2 musim 2022 dengan indah

Senyum Bahagia Augusto Fernandez Usai Pastikan Diri jadi Juara Moto2Augusto Fernandez dan Pedro Acosta berfoto bersama kru Red Bull KTM Ajo usai GP Valencia 2022. (twitter.com/RedBull_KTM_Ajo)

Tak hanya Augusto Fernandez saja yang gembira. Pedro Acosta pun juga turut berbahagia selepas balapan GP Valencia. Pasalnya, selain finis sebagai pemenang balapan, Pedro Acosta juga menorehkan prestasi sebagai Rookie of The Year (RoTY) Moto2 2022.

Ia bertengger di puncak klasemen kategori tersebut lewat perolehan 177 poin. Pesaing terdekatnya, yaitu Alonso Lopez, harus puas berada di posisi runner-up karena berselisih 21,5 poin.

Kebahagiaan semakin bertambah sebab Red Bull KTM Ajo yang notabene adalah tim yang diperkuat Pedro Acosta dan Augusto Fernandez juga turut memeroleh gelar sebagai tim terbaik Moto2 2022.

Kesuksesan demi kesuksesan yang didapatkan skuad Red Bull KTM Ajo musim ini tentu tak akan pernah dilupakan oleh seluruh orang di dalam tim, tak terkecuali Augusto Fernandez. Sebab, musim depan dia akan naik ke kelas utama MotoGP.

Nantinya, Augusto Fernandez akan bertandem dengan Pol Espargaro memperkuat GasGas Tech3. Kita nantikan seperti apa kiprah Augusto Fernandez di kelas para raja dalam MotoGP 2023.

Baca Juga: 6 Pembalap Asal Spanyol yang Menjadi Juara Dunia Moto2

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya