Augusto Fernandez Senang dengan Bantuan Mika Kallio dan Dani Pedrosa

Ketiganya menganalisis data selama tes pramusim

Augusto Fernandez merampungkan tes pramusim MotoGP 2023 di Sepang, Malaysia. Sebagai debutan, ia juga menjalani shakedown test.

Selama tes, Augusto Fernandez memperoleh beragam data sebagai persiapan menghadapi musim pertama di kelas utama. Pembalap asal Spanyol itu juga senang mendapat bantuan dari Mika Kallio dan Dani Pedrosa.

1. Augusto Fernandez jadi satu-satunya pembalap reguler yang turun di shakedown test

Augusto Fernandez Senang dengan Bantuan Mika Kallio dan Dani PedrosaAugusto Fernandez saat mengikuti shakedown test MotoGP 2023 di Sepang. (motogp.com)

Augusto Fernandez menjadi satu-satunya pembalap reguler yang turun dalam shakedown test MotoGP 2023. Sesi yang digelar pada 5—7 Februari itu memang berguna bagi pembalap tes dan debutan.

Berselang 3 hari, juara Moto2 2022 itu kembali turun dalam tes pramusim pertama pada 10—12 Februari 2023. Augusto Fernandez menggunakan RC16 versi musim lalu dalam dua sesi tes yang dilakoni.

2. Alasan Augusto Fernandez memakai RC16, salah satunya untuk proses adaptasi motor

Augusto Fernandez Senang dengan Bantuan Mika Kallio dan Dani PedrosaAugusto Fernandez saat menjajal motor pada tes pramusim MotoGP 2023 di Sepang. (motogp.com)

Ada alasan di balik Augusto Fernandez menggunakan motor RC16 musim 2022. Itu dilakukan sebagai adaptasi terhadap motor MotoGP dan ban Michelin yang dipakai di kelas utama. Hal tersebut dikonfirmasi langsung oleh pembalap di sela-sela tes pramusim.

"Aku berfokus pada penyesuaian gaya balapku selama tes Sepang. Ini karena aku harus mengubah beberapa hal dibandingkan saat di Moto2. Aku harus memahami motor dan perilakunya terlebih dahulu sebelum mulai mencoba suku cadang baru," jelas Augusto dilansir Speedweek.

Baca Juga: Marc Marquez Baper Tak Dijenguk Pembalap MotoGP saat Cedera

3. KTM pastikan Augusto Fernandez memakai RC16 versi terbaru pada 2023 ini

Augusto Fernandez Senang dengan Bantuan Mika Kallio dan Dani PedrosaAugusto Fernandez saat mengikuti shakedown test MotoGP 2023 di Sepang. (motogp.com)

Keputusan pihak KTM dan GASGAS menurunkan Augusto Fernandez dengan memakai RC16 versi 2022 saat tes pramusim menuai tanda tanya. Spekulasi pun bermunculan. Pembalap berusia 25 tahun itu akan tetap memakai RC16 musim lalu atau tidak selepas tes Sepang.

Dugaan langsung dijawab Pit Beirer selaku Direktur Motorsport KTM. Ia mengonfirmasi Augusto Fernandez akan diberi RC16 versi 2023 setelah performa mengesankan selama tes pramusim.

"Dia mendapatkan materi yang sama seperti Pol Espargaro dari awal karena ini satu-satunya cara kami bisa benar-benar membandingkan data. Ini membantu kami dalam pengembangan motor. 

Augusto juga bisa dengan membandingkan data dengan Pol Espargaro untuk gaya balapnya. Kami sangat siap sekarang sehingga tak masuk akal memberikannya motor versi 2022," tegas Beirer dikutip Motorsportweek.

4. Augusto Fernandez terbantu oleh kehadiran Mika Kallio dan Dani Pedrosa

Augusto Fernandez Senang dengan Bantuan Mika Kallio dan Dani PedrosaAugusto Fernandez saat mengikuti shakedown test MotoGP 2023 di Sepang. (motogp.com)

Augusto Fernandez juga menceritakan pertemuan dirinya dengan Mika Kallio dan Dani Pedrosa selama tes. Ia mendapat masukan dari dua seniornya yang membantunya dalam peningkatan performa di atas lintasan.

"Aku bekerja sama dengan Mika Kallio dan Dani Pedrosa. Kami mengadakan sejumlah pertemuan.

Kami melihat data dan menganalisis gaya balapku untuk meningkatkan performa. Itu benar-benar bantuan besar untukku," ungkap Augusto.

5. MotoGP masih punya satu tes pramusim sebelum seri pembuka

Augusto Fernandez Senang dengan Bantuan Mika Kallio dan Dani Pedrosasalah satu sudut Autódromo Internacional do Algarve (motogp.com)

MotoGP masih memiliki satu sesi tes pramusim lagi di Portimao, Portugal, sebelum seri pembuka. Sesi tersebut akan digelar pada 11—12 Maret mendatang, berjarak 2 minggu dari GP Portugal.

Berdasarkan catatan waktu kombinasi tes Sepang selama 3 hari, Augusto Fernandez menempati posisi ke-22 dengan torehan 1 menit 59,660 detik. Ia tertinggal 1,771 detik dari Luca Marini yang berada di posisi teratas.

Baca Juga: Alonso Lopez Masuk Radar MotoGP 2024, Pembalap Potensial Moto2!

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya