Francesco Bagnaia Berambisi Raih Kemenangan di MotoGP Indonesia 2023

Demi jaga peluang dalam perebutan gelar juara

Francesco Bagnaia siap menyambut GP Indonesia yang digelar pada 13–15 Oktober 2023. Pembalap Ducati Lenovo Team itu datang ke Sirkuit Mandalika sebagai pemuncak klasemen pembalap. Hanya saja, jarak Bagnaia dengan Jorge Martin kini tersisa 3 poin.

Kondisi tersebut membuat posisi Bagnaia di klasemen rawan tergusur. Apalagi, Martin tampil mentereng dalam tiga seri balap terakhir. Tak heran Bagnaia menargetkan kemenangan di GP Indonesia demi menjaga peluang terus berada di puncak klasemen.

1. Performa Francesco Bagnaia musim ini oke, tapi penampilan Jorge Martin layak diwaspadai

Francesco Bagnaia Berambisi Raih Kemenangan di MotoGP Indonesia 2023Francesco Bagnaia berada di depan Jorge Martin saat sprint race GP Spanyol 2023. (ducati.com)

Pencapaian Francesco Bagnaia musim ini terbilang bagus. Pembalap berkebangsaan Italia itu sudah menorehkan lima kemenangan saat main race. Selain itu, Bagnaia juga tercatat empat kali finis terdepan dalam gelaran sprint race.

Meski begitu, performa Jorge Martin dalam tiga balapan terakhir perlu diwaspadai. Pembalap Pramac Racing itu mampu finis pertama secara beruntun saat sprint race GP San Marino, India, dan Jepang. Martin juga mampu keluar sebagai pemenang saat main race GP San Marino dan Jepang.

2. Torehan Francesco Bagnaia dalam tiga balapan terakhir berbeda dengan Jorge Martin

Francesco Bagnaia Berambisi Raih Kemenangan di MotoGP Indonesia 2023Francesco Bagnaia saat berada di podium GP Jepang 2023. (ducati.com)

Torehan Martin itu berbeda dengan yang didapat Bagnaia dalam tiga balapan terakhir sebelum GP Indonesia. Selepas insiden di main race GP Catalunya, Bagnaia mampu finis ketiga berturut-turut saat sprint dan main race GP San Marino. Kemudian, juara MotoGP 2022 itu berhasil merampungkan sprint race GP India di posisi kedua.

Hanya saja, Bagnaia gagal finis saat main race di Buddh International Circuit. Bagnaia terjatuh pada lap 14 saat berada di posisi kedua. Itu menjadi keempat kalinya sepanjang musim ini Bagnaia gagal menuntaskan main race.

Baca Juga: MotoGP Makin Tegang, Bagnaia dan Jorge Martin Terpaut 3 Poin

3. Francesco Bagnaia ingin merengkuh kemenangan di GP Indonesia 2023

Francesco Bagnaia Berambisi Raih Kemenangan di MotoGP Indonesia 2023Francesco Bagnaia saat menjalani sprint race GP San Marino 2023. (ducati.com)

Francesco Bagnaia kini menantikan GP Indonesia dengan antusias. Ia mengaku ingin meraih kemenangan agar peluangnya dalam kontestasi gelar juara musim ini tetap terjaga. Apalagi, Bagnaia terakhir kali menang saat main race MotoGP 2023 adalah di GP Austria pada 20 Agustus 2023 lalu.

“Aku menantikan balapan di Indonesia lagi. Sirkuit Mandalika berada di lokasi yang indah dan semangat para penggemar di sana benar-benar hebat. Setelah GP Jepang, kami punya beberapa hari untuk istirahat. Aku termotivasi untuk bertarung demi kemenangan lagi,” kata Bagnaia dilansir Speedweek.

4. Francesco Bagnaia tak akan mengubah pendekatan saat jalani pekan balap GP Indonesia

Francesco Bagnaia Berambisi Raih Kemenangan di MotoGP Indonesia 2023pembalap Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia (ducati.com)

Walau kini dalam posisi dikejar oleh Jorge Martin di klasemen pembalap, Bagnaia mengaku tak akan mengubah pendekatannya saat balapan. Ia tetap menekankan pentingnya menjaga fokus dan memaksimalkan potensi yang ada pada motor Desmosedici GP23. Bagnaia juga menegaskan siap menghadapi balapan dalam kondisi cuaca apa pun.

“Pendekatanku pada pekan balap tidak berubah. Kami harus tetap fokus dan mencoba melakukan yang terbaik demi hasil maksimal. Di Indonesia, kondisi cuaca juga tak menentu. Akan tetapi, aku yakin bahwa diriku bisa bekerja dengan baik dalam segala kondisi,” tegas Bagnaia.

5. Enea Bastianini siap hadapi GP Indonesia 2023 setelah absen selama tiga seri balap

Francesco Bagnaia Berambisi Raih Kemenangan di MotoGP Indonesia 2023pembalap Ducati Lenovo Team, Enea Bastianini (motogp.com)

Tak hanya Bagnaia, Enea Bastianini juga tak sabar menyongsong GP Indonesia. Rekan setim Bagnaia itu dipastikan ikut serta setelah absen selama tiga seri balap. Itu menyusul cedera yang dideritanya akibat insiden di tikungan pertama pada main race GP Catalunya.

Bastianini merasa senang bisa kembali mengaspal bersama Ducati Lenovo Team. Meski begitu, ia menyayangkan sejumlah seri balap yang terlewat akibat cedera yang diderita. Padahal, Bastianini sudah mulah merasa nyaman saat menunggangi Desmosedici GP23.

“Namun, setelah operasi, menjadi hal yang penting untuk mendedikasikan beberapa pekan untuk pulih sebaik mungkin walau aku masih belum dalam kondisi 100 persen. Sekarang, kami harus kembali memulai dan mendedikasikan beberapa balapan terakhir untuk tenang serta menjadi kompetitif secepat mungkin.

Jadi, aku tak punya ekspektasi tinggi pada akhir pekan ini. Aku hanya ingin bekerja dengan cara sebaik mungkin dengan timku,” ujar Bastianini dikutip Crash.

Musim lalu, Enea Bastianini finis di posisi kesebelas saat main race GP Indonesia. Ketika itu, Bastianini masih memperkuat Gresini Racing. Sementara itu, Francesco Bagnaia menuntaskan balapan di posisi ke-15. Kedua pembalap tentu ingin hasil lebih baik ketimbang yang mereka dapat musim lalu.

Baca Juga: Kepasrahan Enea Bastianini Bersama Ducati di MotoGP

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya