MotoGP: Pimpin Klasemen Sementara, Bagnaia Ingin Jaga Ketenangan

Perjalanan Bagnaia di musim 2021 ini masih panjang

Pembalap Ducati, Francesco Bagnaia, sukses meraih hasil positif di GP Spanyol pada Minggu (2/5). Ia finis di posisi runner-up. Sementara itu, rekan setimnya, Jack Miller, memenangi balapan.

Tambahan 20 poin yang didapat membuat Bagnaia memuncaki klasemen sementara dengan 66 poin. Ia pun tak bisa menyembunyikan rasa bahagia karena baru pertama kali ada di pucuk klasemen. Meski demikian, ia berusaha untuk tetap tenang dan fokus pada seri-seri selanjutnya.

1. Poinnya di empat seri awal musim 2021 lebih banyak daripada total poin musim sebelumnya

MotoGP: Pimpin Klasemen Sementara, Bagnaia Ingin Jaga KetenanganFranscesco Bagnaia di GP Spanyol (motogp.com)

Rasa senang yang dirasakan Pecco Bagnaia, sapaan akrabnya, bukan tanpa sebab. Selain bisa memuncaki klasemen sementara setelah menjalani empat balapan, jumlah poinnya kini jauh mengalami peningkatan dari musim sebelumnya.

Data dari MotoGP mencatat bahwa musim lalu pembalap asal Italia itu mengumpulkan total 47 poin di akhir musim bersama Pramac Ducati. Saat ini, 66 poin sudah digenggamnya meski baru menuntaskan empat seri balap.

2. Jaga ketenangan dan fokus untuk seri-seri selanjutnya serta tak terlalu pusingkan gelar juara

MotoGP: Pimpin Klasemen Sementara, Bagnaia Ingin Jaga KetenanganFranscesco Bagnaia pada sesi wawancara di GP Spanyol (motogp.com)

Walau namanya kini tercatat di singgasana klasemen pembalap, Bagnaia ingin tetap menjaga ketenangan yang dirinya miliki. Ia berusaha tetap fokus pada seri-seri balap berikutnya dan tak terlalu memikirkan gelar juara untuk saat ini.

“Aku senang kini memimpin klasemen. Saya harus menyadarinya, namun tak terlalu memikirkannya karena kami memiliki 16 balapan di depan dan kami harus terus seperti ini,” ujar Bagnaia dilansir Autosport

“Aku pikir jika aku mulai memikirkan soal gelar juara dunia setelah empat balapan, aku jadi makin lambat melaju. Jadi, aku harus berpikir tentang balapan demi balapan dan melihat apa yang kelak akan terjadi,” lanjutnya.

Baca Juga: Hasil MotoGP Jerez: Perjuangan Jack Miller yang Luar Biasa

3. Bagnaia merasa beruntung bisa finis di podium GP Spanyol

MotoGP: Pimpin Klasemen Sementara, Bagnaia Ingin Jaga KetenanganFranscesco Bagnaia rayakan posisi kedua di podium GP Spanyol (motogp.com)

Bagnaia merasa beruntung bisa finis di podium bersama rekan setimnya, Jack Miller. Selain performa motornya yang baik di akhir pekan lalu, ia merasa tertolong oleh masalah yang dialami oleh Fabio Quartararo.

Sejatinya, Fabio Quartararo berpeluang memenangi GP Spanyol. Sayangnya, ia harus finis di posisi ke-13 akibat mengalami arm pump atau otot lengan yang mengalami pembengkakan.

“Kami beruntung karena masalah yang dialami Fabio karena jika ia tak alami masalah, ia bisa menang karena kecepatannya luar biasa dan dia mendominasi sepanjang akhir pekan."

"Namun, bagaimanapun juga, untuk memenangkan kejuaraan, Anda  juga harus memiliki keberuntungan,” jelas Bagnaia.

4. Merasa puas pada peningkatan hasil dibanding seri sebelumnya

MotoGP: Pimpin Klasemen Sementara, Bagnaia Ingin Jaga KetenanganFrancesco Bagnaia dan Jack Miller saling berpelukan usai GP Spanyol (motogp.com)

Bagnaia merasa puas pada penampilannya bersama motor Desmosedici di Jerez, Spanyol. Kepuasan ini didapat karena dirinya merasa semua berjalan dengan baik meski belum meraih kemenangan.

“Aku pikir hasilnya lebih baik dari Portimao (seri ketiga saat dirinya juga finis kedua) karena di Portimao kami datang dengan motor yang sama seperti di Qatar dan semuanya berjalan dengan baik.”

“Kali ini kami harus bekerja keras pada motor yang dipakai dan aku merasakan hal yang sangat luar biasa. Saya merasa luar biasa dengan semuanya,” jelas Bagnaia dikutip Motorsport.com.

5. Optimistis dapat hasil baik lagi di seri berikutnya

MotoGP: Pimpin Klasemen Sementara, Bagnaia Ingin Jaga KetenanganFrancesco Bagnaia dan Jack Miller rayakan keberhasilan di GP Spanyol (motogp.com)

Keberhasilan Ducati finis di posisi 1 dan 2 pada GP Spanyol juga memunculkan rasa optimistis di benak Bagnaia. Ia yakin Ducati akan mendapat hasil bagus kembali di seri-seri berikutnya.

“Menyelesaikan balapan di posisi 1 dan 2 pastinya membuat kami termotivasi untuk hadir pada trek-trek di mana motor kami dapat bekerja dengan baik di sana,” pungkasnya.

Baca Juga: Misteri Lesunya Fabio Quaratararo di MotoGP Jerez

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya