Francesco Bagnaia Waspadai Penampilan Marc Marquez di MotoGP 2024

Marc Marquez bakal pakai Desmosedici GP23

MotoGP 2024 menjadi momen menarik untuk Ducati. Pabrikan asal Italia itu kini memiliki Marc Marquez yang memperkuat Gresini Racing. Marc Marquez akan memacu motor Desmosedici GP23 yang sebelumnya dipakai oleh Johann Zarco musim lalu.

Kehadiran Marc Marquez dalam skuad Ducati rupanya menarik perhatian Francesco Bagnaia. Juara MotoGP 2023 itu mewaspadai potensi yang dimiliki Marc Marquez pada musim ini. Apalagi, Desmosedici GP23 merupakan motor dengan performa terbaik musim lalu.

1. Kepindahan Marc Marquez ke Gresini Racing menarik perhatian banyak pihak

Francesco Bagnaia Waspadai Penampilan Marc Marquez di MotoGP 2024Marc Marquez saat menjalani tes di Valencia. (instagram.com/estrellagalicia00)

Kepindahan Marc Marquez ke Gresini Racing menjadi perhatian banyak pihak di MotoGP. Sebelumnya, Marc Marquez sudah menghabiskan 11 musim bersama Repsol Honda sejak debut di kelas premier pada 2013. Ini menjadi kali pertama pembalap asal Spanyol itu memacu Ducati meski tak berada di tim pabrikan.

Penampilan perdana Marc Marquez di atas motor Desmosedici terjadi saat tes resmi di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, pada 28 November 2023. Saat itu Marc Marquez mampu menempatkan namanya di posisi keempat dengan catatan waktu 1 menit 29,424 detik. Ia berselisih 0,078 detik dari Marco Bezzecchi yang bertengger di posisi ketiga.

Hasil oke Marc Marquez saat tes pramusim memantik respons sejumlah pihak. Kakak kandung Alex Marquez itu dijagokan untuk bisa terlibat dalam kontestasi gelar juara MotoGP 2024. Apalagi, Desmosedici saat ini dinilai sebagai motor dengan performa terbaik di kejuaraan. Namun, Marc Marquez mengesampingkan prediksi tersebut dan lebih berfokus pada proses adaptasi dengan hal-hal yang ada di tim barunya.

"Ada sejumlah hal berkaitan dengan posisi dan komunikasi dengan tim yang perlu aku pahami. Itu masuk akal karena aku telah meluangkan 11 tahun bekerja dengan tim yang sama, tetapi mereka menyambutku dengan baik. Semuanya sangat menyenangkan dan ini membantuku untuk lebih santai," kata Marquez dilansir Motorcycle Sports.

2. Francesco Bagnaia yakin Marc Marquez bakal tampil kompetitif di MotoGP 2024

Francesco Bagnaia Waspadai Penampilan Marc Marquez di MotoGP 2024pembalap Gresini Racing, Marc Marquez (motogp.com)

Kehadiran Marc Marquez dalam skuad Ducati turut mengundang komentar Francesco Bagnaia. Ia meyakini Marc Marquez akan tampil kompetitif di kejuaraan pada 2024. Bagnaia juga memberikan penilaian terhadap motor Ducati musim lalu yang bakal dipakai Marc Marquez.

"Aku melihatnya sebagai tahun yang normal. Keseimbangannya akan tetap sama. Perbedaannya adalah Marc Marquez akan memiliki motor kompetitif. Itu akan menggantikan yang sebelumnya.

Itu akan menjadi kompetitif mulai dari sekarang. Itu hal normal. Banyak pembalap tampil kompetitif. Desmosedici GP23 yang dia pakai adalah motor pemenang. Itu tentu lebih baik daripada yang dia pakai pada 2023. Kita lihat saja nanti," kata Bagnaia dilansir Crash.

3. Tak hanya Marc Marquez, Francesco Bagnaia juga mewaspadai Jorge Martin

Francesco Bagnaia Waspadai Penampilan Marc Marquez di MotoGP 2024Jorge Martin (kiri) dan Francesco Bagnaia saat menjalani main race GP Thailand 2023. (motogp.com)

Tak hanya menyoroti Marc Marquez, Francesco Bagnaia juga turut mewaspadai Jorge Martin di MotoGP 2024. Pada 2023, Bagnaia berduel ketat dengan Martin dalam perebutan gelar juara. Persaingan tersebut diprediksi bakal terjadi kembali tahun ini. Terlebih, keduanya sama-sama dipersenjatai oleh Desmosedici GP24.

"Aku tak tahu. Dia adalah pembalap kuat tentunya, tetapi terlalu awal untuk mengatakannya. Sulit untuk mengetahui karena semua pembalap Ducati sangat kompetitif.

Pabrikan lain akan meningkat, seperti KTM atau Aprilia. Sulit untuk memprediksi. Jadi, kita lihat saja nanti," jelas Bagnaia dikutip Crash.

Pada 2023, ada tiga pembalap Ducati yang menguasai posisi atas klasemen pembalap, yaitu Francesco Bagnaia, Jorge Martin, dan Marco Bezzecchi. Menilik hal tersebut, bukan tidak mungkin persaingan antarpembalap Ducati dapat kembali terjadi musim ini. Akankah Marc Marquez dapat ikut meramaikannya? Menarik untuk diamati bersama!

Baca Juga: Semesta Mendukung Kisah Marquez dan Gresini Racing

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya