Enea Bastianini Sebut Francesco Bagnaia Rival Penting di MotoGP 2023

Enea Bastianini kini jadi rekan setim Francesco Bagnaia

Enea Bastianini kini menyandang status sebagai pembalap utama Ducati. Ia resmi dipromosikan dari Gresini Racing untuk menjadi tandem Francesco Baganaia.

Meski berada dalam garasi yang sama, Enea Bastianini menunjuk Bagnaia sebagai rival penting di MotoGP 2023. Lantas, faktor apa yang membuat La Bestia memilih Bagnaia untuk jadi lawan pertamanya pada musim ini?

1. Bagnaia sukses putus puasa gelar juara pembalap yang dialami Ducati

Enea Bastianini Sebut Francesco Bagnaia Rival Penting di MotoGP 2023Francesco Bagnaia dalam perayaan gelar juara dunia MotoGP 2022 (motogp.com)

Francesco Bagnaia meraih kesuksesan pada 2022 lalu. Pembalap asal Italia itu berhasil merengkuh gelar juara untuk pertama kalinya di kelas utama MotoGP. 

Pencapaian itu sukses memutus puasa yang dialami Ducati sejak terakhir kali meraih gelar juara dunia pembalap pada 2007. Bagnaia juga menjadi pembalap Italia pertama sejak 2009 yang merebut mahkota juara.

2. Bastianini anggap Bagnaia sebagai lawan pertama di MotoGP 2023

Enea Bastianini Sebut Francesco Bagnaia Rival Penting di MotoGP 2023Enea Bastianini dan Francesco Bagnaia saat balapan GP Jepang 2022 (motogp.com)

Torehan gemilang musim lalu tentu akan berusaha dipertahankan Bagnaia. Akan tetapi, pembalap bernomor motor 63 bakal menghadapi tantangan dari Bastianini yang kini berbagi garasi dengannya. 

Bastianini secara tegas menyebut Bagnaia sebagai lawan pertama untuk gelaran musim ini meski tetap menjunjung rasa persahabatan. Ia bakal belajar banyak dari Bagnaia yang lebih dulu berada di tim utama Ducati sembari tetap menghidupkan asa berjibaku di barisan depan demi gelar utama.

"Aku menghormatinya. Aku akan belajar banyak. Namun, dia akan jadi lawan pertamaku.

Apakah mereka lebih memujiku di Bologna ketimbang dia? Bagnaia juga punya banyak penggemar. Aku pikir banyak orang suka padaku karena aku ingin menggairahkan orang-orang serta menunjukkan apa yang aku rasakan tanpa terlalu melihat bentuk," jelas Bastianini dilansir Crash.

Baca Juga: Enea Bastianini Beberkan Rahasianya Menghemat Ban

3. Bastianini libatkan nama Marc Marquez dalam bursa persaingan gelar juara musim 2023

Enea Bastianini Sebut Francesco Bagnaia Rival Penting di MotoGP 2023Marc Marquez dalam pekan balap GP Valencia 2022 (motogp.com)

Selain Bagnaia, Bastianini juga akan menghadapi sejumlah pembalap yang berpotensi meramaikan persaingan gelar juara. Salah satu di antaranya adalah Marc Marquez.

Hanya saja, Marc Marquez akan menghadapi kesulitan karena baru saja menjalani operasi lengan kanan pertengahan tahun 2022 lalu. Saat ini, ia sedang menjalani proses pemulihan. Selain itu, RC213V masih jadi sorotan karena performa yang melempem selama 3 musim terakhir. 

Walau begitu, Bastianini tetap memasukkan nama Marc Marquez dalam bursa kontestasi gelar juara musim 2023. Ia melihat pemilik enam gelar juara dunia kelas utama itu akan kembali ke performa terbaiknya. 

4. Bagnaia sebut Desmosedici GP23 bakal mengalami evolusi ketimbang musim sebelumnya

Enea Bastianini Sebut Francesco Bagnaia Rival Penting di MotoGP 2023pembalap Ducati Lenovo Team Francesco Bagnaia (motogp.com)

Di sisi lain, Bagnaia menatap musim 2023 dengan optimistis. Pembalap jebolan VR46 Academy itu menuturkan Desmosedici GP23 akan mengalami evolusi jika dibandingkan dengan musim sebelumnya.

"Setiap tahun pengembangan terus berlanjut. Akan tetapi, tahun ini akan menjadi sebuah evolusi dan bukan revolusi seperti tahun lalu," kata Bagnaia dikutip Speedweek.

5. Bagnaia bakal putuskan akan memakai nomor motor 1 atau tidak dalam waktu dekat

Enea Bastianini Sebut Francesco Bagnaia Rival Penting di MotoGP 2023Francesco Bagnaia selepas memenangkan GP Malaysia 2022 (motogp.com)

Menyandang status sebagai juara dunia MotoGP 2022, Bagnaia punya kesempatan memakai nomor 1 pada motornya. Hanya saja, ia belum memastikan apakah akan menggunakan nomor tersebut atau tetap pada nomor 63 yang sudah jadi ciri khasnya selama ini. 

Bagnaia bakal memberi keputusan pada, Selasa, 17 Januari 2023, terkait nomor mana yang bakal dipilih. Ia mengaku akan ikut sesi foto tim dengan menggunakan dua nomor.

"Aku telah banyak berubah pikiran akhir-akhir ini. Itulah mengapa aku memutuskan akan datang ke sesi foto tim untuk musim baru pada hari Selasa dengan kedua nomor itu. Aku akan tetap pada nomor yang memberikanku perasaan yang tepat di atas motor," ungkapnya.

Baca Juga: Marc Marquez Berpotensi Jadi Pesaing Francesco Bagnaia di MotoGP 2023

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya