Carlos Sainz Jadi Kandidat Pembalap Red Bull untuk Formula 1 2025

Sainz bukan sosok asing di mata Red Bull

Bursa pembalap Formula 1 2025 terus menjadi perbincangan hingga saat ini. Salah satu yang menarik perhatian adalah nasib Carlos Sainz. Ia dipastikan tak akan memperkuat Ferrari musim depan selepas tim merekrut Lewis Hamilton dan memperpanjang kontrak Charles Leclerc.

Meski begitu, Sainz kini sedang dikaitkan dengan sejumlah tim. Red Bull adalah satu di antaranya. Tim yang berbasis di Milton Keynes, Inggris, itu tak menampik Sainz masuk dalam bursa calon pembalap mereka untuk tahun depan.

1. Carlos Sainz sukses menorehkan kemenangan di GP Australia 2024

Carlos Sainz Jadi Kandidat Pembalap Red Bull untuk Formula 1 2025Carlos Sainz memegang trofi di podium GP Australia 2024. (twitter.com/Carlossainz55)

Carlos Sainz baru saja menuai hasil mentereng di GP Australia 2024. Pembalap berkebangsaan Spanyol itu berhasil finis pertama dalam balapan yang berlangsung pada Minggu (24/3/2024) siang WIB. Sainz mengungguli Charles Leclerc serta Lando Norris yang menuntaskan balapan masing-masing di posisi kedua serta ketiga.

Ini menjadi kemenangan perdana Sainz di Formula 1 2024. Prestasi tersebut diraih berselang 2 pekan setelah Sainz menjalani operasi usus buntu yang membuatnya absen dalam balapan GP Arab Saudi. Bahkan, Sainz juga dinobatkan sebagai Driver of the Day di GP Australia berdasarkan voting penggemar.

Baca Juga: Profil Oliver Bearman, Pembalap Akademi Ferrari Pengganti Carlos Sainz

2. Christian Horner menyebut Carlos Sainz layak dipertimbangkan untuk jadi pembalap Red Bull

Carlos Sainz Jadi Kandidat Pembalap Red Bull untuk Formula 1 2025Carlos Sainz saat menjalani main race GP Australia 2024. (formula1.com)

Performa mengesankan Carlos Sainz turut menyita perhatian Christian Horner. Ia percaya Sainz benar-benar layak dipertimbangkan untuk menjadi bagian dari Red Bull pada 2025. Hanya saja, Horner tak mau terburu-buru mengambil keputusan terkait kursi balap Red Bull. Tim masih ingin melihat performa Perez pada seri berikutnya.

“Berdasarkan performa seperti itu, Anda tak bisa mengesampingkan kemungkinan apa pun. Kami ingin meluangkan waktu. Perez mengalami gangguan saat balapan, tetapi dia memiliki permulaan yang bagus musim ini. Jadi, kami tak terburu-buru. Sainz menjadi satu-satunya pembalap yang mengalahkan Red Bull sejak 2023, jadi dia terlihat seperti musuh bebuyutan kami,” kata Christian Horner dilansir F1i.

3. Carlos Sainz pernah menjadi bagian dari Red Bull dan Toro Rosso

Carlos Sainz Jadi Kandidat Pembalap Red Bull untuk Formula 1 2025Carlos Sainz (kiri) dan Max Verstappen saat memperkuat Toro Rosso. (formula1.com)

Carlos Sainz bukan sosok asing di mata Red Bull. Sainz pernah menjadi bagian Red Bull Junior Team pada 2010. Menjuarai Formula Renault 3.5 Series pada 2014, Sainz menjalani debut di Formula 1 bersama Scuderia Toro Rosso setahun berselang. Ia menjadi rekan setim Max Verstappen yang juga debut pada 2015.

Meski satu tim, Sainz dan Verstappen saling bersaing meraih hasil terbaik saat berada di lintasan. Sayangnya, persaingan antara Sainz dan Verstappen menimbulkan atmosfer kurang baik di Toro Rosso. Hal tersebut yang membuat kebersamaan Sainz dengan Toro Rosso berakhir sebelum musim 2017 rampung. Sainz pindah ke Renault jelang bergulirnya GP Amerika Serikat 2017.

“Hubungan keduanya cukup toksik di Toro Rosso. Dengan komposisi tim seperti saat itu, aku melihat tidak ada cara bagi kami mempertahankan Sainz. Jadi, seperti itulah dia berakhir di Ferrari melalui Renault dan McLaren.

Tak bisa dimungkiri bahwa Sainz adalah pembalap yang hebat. Dia hampir berada di level yang sama seperti Verstappen saat di Toro Rosso. Akan tetapi, nasib sialnya justru karena Verstappen adalah rekan setimnya,” kata Helmut Marko dalam sebuah wawancara dengan Marca dilansir Racing News 365.

Selain Carlos Sainz, pembalap lain yang masuk daftar kandidat pembalap Red Bull musim depan adalah Yuki Tsunoda dan Daniel Ricciardo. Namun, peluang Ricciardo kembali memperkuat Red Bull berkurang akibat performa kurang cemerlang dalam tiga balapan awal Formula 1 2024.

Baca Juga: Carlos Sainz Sukses Memenangi Formula 1 GP Australia 2024

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya