Charles Leclerc Hadapi Sejumlah Masalah saat Balapan di GP Hungaria

Leclerc kembali gagal naik podium

Charles Leclerc kembali harus gigit jari setelah balapan Formula 1 2023 di GP Hungaria. Pembalap asal Monako itu kembali gagal naik podium usai finis di posisi ketujuh dalam balapan yang berlangsung pada Minggu (23/7/2023) malam WIB. Ini sebuah capaian yang tentu saja membuat Leclerc tak puas.

Di balik kegagalan Leclerc finis di posisi tiga besar, terdapat sejumlah masalah yang harus dihadapi pembalap Ferrari itu. Ia pun menceritakannya selepas balapan kepada awak media. Lantas, apa saja kendala yang dialami Leclerc ketika memacu SF-23 di Sirkuit Hungaroring?

1. Charles Leclerc mengalami masalah saat melakukan pergantian ban pada lap 18

Charles Leclerc Hadapi Sejumlah Masalah saat Balapan di GP HungariaCharles Leclerc ketika masuk pit saat balapan GP Hungaria 2023. (twitter.com/ScuderiaFerrari)

Charles Leclerc memulai balapan dari posisi start keenam. Ia mampu berada di posisi keempat pada lap 17. Akan tetapi, posisi tersebut tak bertahan lama karena Leclerc harus masuk ke pit untuk mengganti ban dari medium ke hard pada lap 18. Kendala pertama bermula dari momen tersebut.

Wheel gun yang dipakai untuk memasang ban kiri belakang mobil mengalami masalah. Alhasil, Leclerc berada di pit box selama 9,2 detik. Ia pun keluar dari pit di posisi kesepuluh di belakang Lance Stroll.

Stint pertama terasa cukup bagus. Aku cukup senang dengan kecepatanku. Kami mengatur banyak hal dengan sangat baik dan mengikuti mobil-mobil di depan. Kemudian, dengan pit stop yang lambat membuat kami benar-benar mundur di belakang Stroll. Aku harus mendorong untuk memulihkan posisi. Lalu, kami bersama (Carlos) Sainz dan kehilangan sedikit waktu di sana,” kata Leclerc dilansir F1i.

2. Charles Leclerc terkena penalti 5 detik karena melaju melebihi batas kecepatan di pit lane

Charles Leclerc Hadapi Sejumlah Masalah saat Balapan di GP HungariaCharles Leclerc saat menjalani pekan balap GP Hungaria 2023. (twitter.com/ScuderiaFerrari)

Kesialan Charles Leclerc tak berhenti sampai di situ. Ia harus mendapatkan penalti 5 detik karena melaju dengan kecepatan melebihi batas di pit lane pada lap 44. Leclerc berusaha memacu mobilnya lebih kencang lagi setelah pergantian ban kedua.

Meski begitu, Leclerc tak mampu mengejar para pembalap yang berada di depannya. Ia seharusnya menyudahi balapan di posisi keenam andai tak terkena penalti. Leclerc pun mengakui hasil balapan kali ini terlihat lebih buruk daripada yang seharusnya.

“Mobilnya terasa baik. Jadi, aku rasa hasilnya lebih buruk daripada yang seharusnya. Dibandingkan dengan Norris, kami masih di belakang,” ujar Leclerc dikutip Racing News 365.

Baca Juga: Charles Leclerc Sebut Angin Jadi Penghambat Performa SF-23

3. Charles Leclerc juga terkendala selang minum dan komunikasi radio

Charles Leclerc Hadapi Sejumlah Masalah saat Balapan di GP HungariaCharles Leclerc saat menjalani pekan balap GP Hungaria 2023. (twitter.com/ScuderiaFerrari)

Ibarat pepatah sudah jatuh tertimpa tangga, Charles Leclerc masih menghadapi masalah lainnya saat balapan berlangsung. Ia kesulitan minum karena selang untuk menyedot air terlalu pendek. Selain itu, komunikasi radio antara Leclerc dan tim tak berjalan mulus akibat adanya kendala teknis.

“Aku tak punya air. Sebelum memulai balapan, aku menyadari selangnya terlalu pendek sehingga tak bisa menjangkau air. Itu sangat membuat frustrasi.

Kami juga punya masalah dengan radio. Satu dari empat kata tidak dipahami seorang teknisi karena ada masalah dengan radio selama 3 atau 4 balapan. Jadi, kami perlu untuk membetulkannya. Tentu saja, nada bicaraku cukup tinggi karena aku butuh memastikan diriku didengar. Aku juga ingin memastikan mereka tidak salah memahamiku,” jelas Leclerc.

4. Posisi Charles Leclerc di klasemen pembalap usai GP Hungaria 2023

Charles Leclerc Hadapi Sejumlah Masalah saat Balapan di GP Hungaria10 besar klasemen pembalap usai Formula 1 GP Hungaria 2023 (twitter.com/F1)

Kegagalan finis di zona podium menjadi yang kedua kalinya secara beruntun untuk Charles Leclerc. Sebelumnya, pembalap bernomor mobil 16 itu juga harus puas menyudahi balapan di posisi kesembilan saat GP Inggris. Leclerc terakhir kali finis podium saat berada di posisi kedua GP Austria 2023.

Tambahan enam poin membuat Leclerc berada di posisi ketujuh klasemen pembalap lewat koleksi 80 poin. Ia masih tertinggal tujuh poin dari Carlos Sainz yang berada di peringkat ketujuh. Sementara itu, Ferrari bertengger di posisi keempat klasemen konstruktor setelah mengumpulkan 167 poin.

Setelah GP Hungaria, Ferrari bakal menghadapi GP Belgia yang akan digelar pada 28–30 Juli 2023 mendatang. Hasil bagus tentu ingin diraih tim berlogo kuda jingkrak itu sebelum jeda musim panas. Apakah itu dapat terwujud saat di Sirkuit Spa-Francorchamps?

Baca Juga: Nikuba Dikontrak Ducati, Ferrari, serta Lamborghini

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya