Charles Leclerc Memuji Performa Oliver Bearman di GP Arab Saudi 2024

Bearman berhasil finis di sepuluh besar

Main race Formula 1 GP Arab Saudi rampung digelar pada Minggu (10/3/2024) dini hari WIB. Max Verstappen berhasil finis terdepan dengan keunggulan 13,643 detik dari Sergio Perez. Charles Leclerc melengkapi komposisi podium usai finis di posisi ketiga.

Perhatian penggemar tak hanya tertuju kepada kemenangan Verstappen. Ada sosok yang juga menarik mata dalam balapan kali ini. Pembalap tersebut ialah Oliver Bearman. Pembalap asal Inggris itu berhasil menampilkan performa terbaik meski berstatus sebagai pembalap pengganti untuk Ferrari.

1. Oliver Bearman menggantikan Carlos Sainz yang mengalami radang usus buntu

Charles Leclerc Memuji Performa Oliver Bearman di GP Arab Saudi 2024pembalap Ferrari, Oliver Bearman (formula1.com)

Oliver Bearman mendapat panggilan dari Ferrari untuk menggantikan Carlos Sainz jelang bergulirnya sesi latihan ketiga (FP3) GP Arab Saudi. Itu terjadi karena Sainz mengalami radang usus buntu dan harus menjalani operasi. Alhasil, Sainz terpaksa tak ikut balapan di Jeddah Corniche Circuit.

“Sainz didiagnosis menderita radang usus buntu dan membutuhkan operasi. Oleh karena itu, dia akan digantikan oleh pembalap cadangan, Oliver Bearman, untuk sisa pekan balap GP Arab Saudi. Oliver tak akan melanjutkan balapan Formula 2 untuk seri ini,” jelas pihak Ferrari dilansir Formula 1.

2. Oliver Bearman berhasil finis ketujuh saat main race GP Arab Saudi 2024

Charles Leclerc Memuji Performa Oliver Bearman di GP Arab Saudi 2024Oliver Bearman saat menjalani balapan GP Arab Saudi 2024. (twitter.com/ScuderiaFerrari)

Oliver Bearman langsung menunjukkan performanya saat sesi kualifikasi GP Arab Saudi 2024. Pembalap berusia 18 tahun itu mampu mengamankan posisi start ke-11. Ini sebuah capaian yang terbilang oke mengingat dirinya baru debut di Formula 1.

Penampilan oke Bearman berlanjut saat main race. Pembalap yang saat ini memperkuat Prema Racing di Formula 2 itu mampu menjalani balapan dengan mulus. Bearman berhasil menuntaskan balapan berdurasi 50 lap dengan finis di posisi ketujuh. Ia bahkan mengungguli Lando Norris yang harus puas finis di posisi kedelapan.

Performa gemilang Bearman menuai apresiasi dari para penggemar Formula 1. Itu terbukti dari persentase suara yang diperoleh Bearman untuk predikat Driver of the Day. Bearman meraih jumlah suara sebesar 48,3 persen.

Selain itu, Oliver Bearman juga menyandang status sebagai pembalap termuda ketiga di Formula 1 yang berhasil meraih poin perdana. Oliver Bearman mencatatkan rekor tersebut saat berumur 18 tahun 10 bulan dan 1 hari. Max Verstappen masih menjadi pemegang rekor pembalap termuda yang meraih poin perdana dengan usia 17 tahun 5 bulan dan 29 hari.

Baca Juga: Charles Leclerc Beberkan Alasan Memilih Bertahan di Ferrari

3. Charles Leclerc menilai Oliver Bearman sangat layak finis di posisi ketujuh

Charles Leclerc Memuji Performa Oliver Bearman di GP Arab Saudi 2024Oliver Bearman saat menjalani balapan GP Arab Saudi 2024. (twitter.com/ScuderiaFerrari)

Charles Leclerc menanggapi performa Oliver Bearman. Pembalap asal Monako itu menyebut Bearman sangat layak finis di posisi ketujuh dalam balapan debutnya di Formula 1. Apalagi, Bearman baru mengemudikan SF-24 saat sesi latihan ketiga sehingga punya sedikit waktu untuk beradaptasi. Hal tersebut tentunya bukan hal mudah untuk dilakukan.

“Dia sangat luar biasa. Finis di posisi ketujuh dalam balapan Formula 1 perdana Anda dan baru mengemudikan SF-24 pada sesi latihan ketiga. Itu sangat impresif. Aku yakin dia benar-benar bangga. Semua orang telah melihat betapa berbakatnya dirinya. Aku pikir ini hanya soal waktu sebelum dia berada di Formula 1,” kata Charles Leclerc dilansir Racing News 365.

4. Oliver Bearman senang meraih hasil bagus di GP Arab Saudi

Charles Leclerc Memuji Performa Oliver Bearman di GP Arab Saudi 2024pembalap Ferrari, Oliver Bearman (ferrari.com)

Oliver Bearman mengaku senang bisa finis di posisi ketujuh. Ia menyadari, balapan GP Arab Saudi bukanlah hal mudah baginya. Meski begitu, Bearman mengakui, penampilannya menunjukkan gambaran positif dari kemampuan yang dirinya miliki.

“Aku pikir diriku menunjukkan penampilan terbaik yang itu menjadi hal penting. Itu adalah situasi yang sulit. Tidak banyak putaran di lintasan, tetapi aku pikir diriku memaksimalkan semuanya. Aku merasa diriku lebih cepat ketimbang Fernando Alonso dan George Russell. Namun, tidak cukup untuk mengejar mereka karena jaraknya cukup besar,” ucap Bearman dikutip Formula 1.

Oliver Bearman menduduki posisi kesepuluh di klasemen pembalap Formula 1 2024. Ia mengantongi enam poin dari balapan GP Arab Saudi. Sementara itu, Ferrari bercokol di posisi kedua klasemen konstruktor lewat koleksi 49 poin.

Baca Juga: Frederic Vasseur Cukup Puas dengan Hasil Ferrari di GP Bahrain 2024

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya