Christian Horner Bolehkan Sergio Perez Melawan Max Verstappen

Kedua pembalap bersaing dalam perebutan gelar juara

Sergio Perez makin memangkas jarak poin dengan Max Verstappen di klasemen pembalap. Keduanya kini terpisah enam poin usai pekan balap GP Azerbaijan yang digelar pada 28—30 April 2023.

Kondisi tersebut tentu menimbulkan anggapan bahwa Red Bull memang sengaja mempersilakan Sergio Perez bertarung lawan Max Verstappen. Christian Horner selaku Team Principal membenarkan hal tersebut.

 

1. Sergio Perez meraih kemenangan di sprint dan main race GP Azerbaijan

Christian Horner Bolehkan Sergio Perez Melawan Max VerstappenSergio Perez berselebrasi usai memenangkan main race GP Azerbaijan 2023. (formula1.com)

Sergio Perez menyapu bersih gelaran GP Azerbaijan dengan kemenangan. Pembalap berkebangsaan Meksiko itu mampu memenangi sprint dan main race di Baku Street Circuit.

Perez meraih 33 poin dari balapan akhir pekan lalu. Itu makin menegaskan kedudukannya di posisi runner-up klasemen pembalap lewat koleksi 87 poin.

2. Catatan Sergio Perez selepas GP Azerbaijan

Christian Horner Bolehkan Sergio Perez Melawan Max Verstappenpembalap Red Bull Sergio Perez (formula1.com)

Kemenangan Sergio Perez di main race GP Azerbaijan menyisakan catatan tersendiri. Ia menjadi pembalap pertama yang mampu mencatatkan dua kali kemenangan di Baku Street Circuit saat main race. Sebelumnya, Perez finis terdepan di GP Azerbaijan pada 2021 lalu.

Selain itu, Perez makin mengukuhkan dirinya sebagai raja balapan sirkuit jalanan. Sebab, selain GP Azerbaijan, pembalap bernomor mobil 11 itu juga mampu meraih kemenangan di GP Monako 2022, GP Singapura 2022, dan GP Arab Saudi 2023.

Baca Juga: Max Verstappen Kritik Manuver George Russell di Sprint GP Azerbaijan

3. Selisih poin makin tipis kian mempertegas pertarungan Sergio Perez dan Max Verstappen

Christian Horner Bolehkan Sergio Perez Melawan Max VerstappenSergio Perez dan Max Verstappen (formula1.com)

Selisih poin yang makin tipis makin mempertegas pertarungan Sergio Perez dan Max Verstappen dalam perebutan gelar juara meski berada di tim yang sama. Apalagi, belum ada tim lain yang mampu bertarung ketat dengan Red Bull di barisan depan pada awal musim ini.

"Saat ini, hal itu adalah tentang keduanya (Sergio Perez dan Max Verstappen). Ada sedikit celah di antara tim-tim lain di lintasan. Namun, masih ada 19 balapan dan 5 sprint race lagi.

Ada banyak balapan dan berbagai macam sirkuit yang harus dilalui. Jadi, itu bisa menjadi pasang surut di antara keduanya," ujar Christian Horner dilansir Racing News 365.

4. Sergio Perez dan Max Verstappen diizinkan untuk bertarung bebas dengan catatan

Christian Horner Bolehkan Sergio Perez Melawan Max VerstappenSergio Perez bersalaman dengan Max Verstappen selepas main race GP Azerbaijan 2023. (formula1.com)

Belum adanya tim yang bisa menandingi performa mengesankan Red Bull diakui Christian Horner membuka peluang Sergio Perez untuk bersaing secara terbuka melawan Max Verstappen. Pihak tim mengizinkan kedua pembalap bertarung selama kepentingan tim belum berada pada level yang lebih besar.

"Mereka bebas bertarung hingga kepentingan tim menjadi lebih besar ketimbang kepentingan pembalap. Itu jika Anda bertarung melawan kompetitor. Namun, seperti saat ini, mereka bebas bersaing," jelas Horner.

5. Red Bull tetap fokus untuk menjaga performa mobil sepanjang musim 2023

Christian Horner Bolehkan Sergio Perez Melawan Max VerstappenSergio Perez saat menjalani sprint race GP Azerbaijan 2023. (formula1.com)

Walau memberi lampu hijau kepada kedua pembalapnya untuk bersaing bebas, Red Bull tak lupa untuk mempertahankan performa bagus mereka sepanjang musim ini. Reliabilitas mobil masih menjadi perhatian utama agar keunggulan yang sudah tercipta tetap terjaga.

"Reliabilitas akan jadi faktor penting dan apa yang kami fokuskan juga saat ini adalah membangun penyangga dengan kedua pembalap kami. Sebab, saat kami kembali ke Eropa, aku yakin akan ada peningkatan cukup besar.

Kami punya kapasitas yang dikurangi untuk berkembang tahun ini. Jadi, itulah fokus kami yang mencoba membangun jarak," tandas Horner.

Baca Juga: Juara GP Azerbaijan, Sergio Perez Rajanya Sirkuit Jalan Raya

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya