Daniel Ricciardo Lega Lolos dari Insiden Main Race Formula 1 GP Brasil

Ricciardo mampu tuntaskan balapan

Daniel Ricciardo gagal meraih poin saat main race Formula 1 2023 GP Brasil yang digelar pada, Senin (6/11/2023) dini hari WIB. Pembalap AlphaTauri itu finis di posisi ke-13 dalam balapan di Autodromo Jose Carlos Pace. Walau tak meraih poin, Ricciardo tetap bersyukur bisa merampungkan balapan.

Rasa syukur yang disampaikan Daniel Ricciardo tersebut terkait dengan insiden pada lap pertama main race. Ia nyaris menjadi pembalap yang terkena dampak dari kecelakaan yang menimpa Kevin Magnussen dan Alexander Albon. Lalu, seperti apa insiden yang menyebabkan balapan sempat dihentikan tersebut?

1. Daniel Ricciardo hampir terkena ban imbas insiden lap pertama main race GP Brasil 2023

Daniel Ricciardo Lega Lolos dari Insiden Main Race Formula 1 GP Brasilinsiden pada lap pertama main race GP Brasil 2023 (twitter.com/F1)

Daniel Ricciardo memulai main race GP Brasil dengan posisi start yang kurang oke. Itu terjadi setelah pembalap asal Australia itu hanya mampu berada di posisi ke-17 saat sesi kualifikasi. Situasi itu memberikan kesulitan bagi Ricciardo jika ingin merangsek ke depan saat fase awal balapan.

Selepas lampu start, Ricciardo langsung disuguhkan oleh insiden yang melibatkan Alexander Albon dan Kevin Magnussen. Mobil Albon lebih dulu berkontak dengan Nico Hulkenberg sebelum akhirnya menabrak Kevin Magnussen. Albon dan Magnussen tak bisa mengendalikan mobilnya yang berujung menabrak barrier di tikungan 1.

Sesaat setelah itu, sebuah ban terlempar dan mengarah ke tengah trek. Kemudian, ban tersebut mengarah ke mobil Ricciardo. Beruntung, ban tersebut tak menghantam kepala Ricciardo dan hanya mengenai sayap belakang mobil rekan setim Yuki Tsunoda itu.

Baca Juga: 5 Pembalap Brasil Terakhir yang Mengaspal di Formula 1

2. Daniel Ricciardo menceritakan kejadian pada lap pertama GP Brasil 2023

Daniel Ricciardo Lega Lolos dari Insiden Main Race Formula 1 GP Brasilpembalap AlphaTauri, Daniel Ricciardo (scuderia.alphatauri.com)

Daniel Ricciardo menceritakan insiden yang terjadi di depan matanya ketika main race GP Brasil 2023. Saat itu, pembalap berusia 34 tahun itu berusaha menghindari serpihan imbas tabrakan Alexander Albon dan Kevin Magnussen. Pada saat bersamaan, Ricciardo melihat sebuah karet ban terbang ke arah mobilnya.

"Jelas, aku melihat insiden cukup besar di depanku. Ada banyak serpihan dan aku merasa seperti diriku berhasil melewatinya. Kemudian, aku melihat sebuah ban terlepas dari pelek mobil, seperti terbang di udara, dan mulai semakin dekat. Aku ingat untuk menundukkan kepala," jelas Ricciardo dilansir F1i .

3. Daniel Ricciardo lega tak terkena ban melayang, tetapi khawatir mobilnya rusak parah

Daniel Ricciardo Lega Lolos dari Insiden Main Race Formula 1 GP BrasilDaniel Ricciardo saat menjalani pekan balap GP Brasil 2023. (scuderia.alphatauri.com)

Daniel Ricciardo lega ban yang terlepas dari pelek mobil Alexander Albon itu tak mengenai kepalanya. Meski begitu, Ricciardo melihat sayap belakang mobilnya mengalami sedikit kerusakan. Kondisi tersebut rupanya membuat Ricciardo khawatir dirinya tak bisa melanjutkan balapan.

"Itu lucu, tetapi segera setelah aku menyadari hal tersebut tidak menghantamku, kemudian aku melihat ke sayap belakang. Aku berkata, 'Sial!'. Jadi, kelegaanku seketika berubah menjadi kekecewaan karena aku sadar balapan bisa saja berakhir.

Ketika Anda berada dalam mode balapan, Anda bahkan tidak berpikir tentang itu. Namun, jika dipikir-pikir, aku bersyukur kami semua keluar dari itu dengan selamat. Semua hal tersebut selalu bisa menjadi lebih buruk. Aku tentu akan pergi dengan perasaan sedikit bersyukur untuk itu," kata Ricciardo dilansir F1i.

Kegagalan meraih poin di GP Brasil 2023 tak mengubah posisi Daniel Ricciardo di klasemen pembalap. Ia masih bertengger di posisi ke-17 dengan perolehan 6 poin. Capaian poin tersebut didapat Ricciardo saat finis ketujuh di GP Meksiko pada 29 Oktober 2023 lalu.

Sementara itu, AlphaTauri bercokol di peringkat kedelapan dalam klasemen konstruktor lewat koleksi 21 poin. Mereka mendulang tambahan 5 poin di Formula 1 2023 GP Brasil lewat Yuki Tsunoda. Pembalap asal Jepang itu meraih 3 poin saat finis keenam saat sprint dan 2 poin setelah finis kesembilan di main race.

Baca Juga: 5 Pembalap Brasil yang Pernah Menjuarai Formula 1 GP Brasil

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya