Fermin Aldeguer Resmi Berkiprah untuk MotoGP 2025

Teken kontrak dengan Ducati

Masa depan Fermin Aldeguer selepas Moto2 2024 akhirnya terjawab. Pembalap asal Spanyol itu resmi berkiprah di MotoGP musim depan. Hal ini terjadi setelah Fermin Aldeguer menandatangani kontrak dengan Ducati berdurasi 2 musim.

Kepastian ini mendapat sambutan hangat dari Fermin Aldeguer dan Ducati. Kedua pihak senang dan tidak sabar menantikan bergulirnya MotoGP 2025. Meski begitu, belum ada kepastian tim mana yang akan diperkuat Aldeguer musim depan.

1. Sepak terjang Fermin Aldeguer sebelum debut di MotoGP musim depan

Fermin Aldeguer Resmi Berkiprah untuk MotoGP 2025Fermin Aldeguer berfoto bersama kru SpeedUp Team usai GP Malaysia 2023. (teamspeedup.it)

Fermin Aldeguer memulai kiprahnya di Moto2 pada 2021. Saat itu, Aldeguer turun sebagai pembalap pengganti untuk tim Speed Up Racing. GP Italia 2021 adalah balapan perdana Aldeguer di kelas intermediate. Pada musim yang sama, Aldeguer juga turun penuh di ajang MotoE dan CEV Moto2 Championship.

Meski berpartisipasi dalam tiga ajang balap berbeda, Aldeguer mampu meraih prestasi gemilang. Ia sukses menjadi juara CEV Moto2 Championship setelah mengumpulkan 265 poin. Aldeguer mengungguli Alonso Lopez di klasemen pembalap dengan jarak 39 poin.

Selama berkiprah di Moto2, Fermin Aldeguer sudah mengoleksi 5 kemenangan yang semuanya diperoleh pada 2023. Aldeguer meraih kemenangan perdana di GP Inggris. Kemudian, sebanyak 4 kemenangan lainnya diperoleh secara beruntun di GP Thailand, Malaysia, Qatar, dan Valencia.

Baca Juga: 3 Momen Pemimpin Klasemen Kehilangan Gelar Juara MotoGP

2. Fermin Aldeguer senang bisa mewujudkan impian masa kecil untuk berkompetisi di MotoGP

Fermin Aldeguer Resmi Berkiprah untuk MotoGP 2025Fermin Aldeguer berada di atas motor sebelum balapan GP Qatar 2024. (instagram.com/speedup_team)

Kiprah Fermin Aldeguer di ajang balap motor akan menemui babak baru pada 2025. Ia resmi naik ke kelas MotoGP bersama Ducati. Pembalap berusia 19 tahun itu meneken kontrak selama 2 musim dengan pabrikan asal Italia tersebut.

Aldeguer menyambut gembira kepastian berkompetisi di MotoGP pada musim depan. Ia mengaku telah mengejar cita-cita tampil di kelas utama sejak kecil. Aldeguer sudah tak sabar untuk bersaing dengan pembalap terbaik dunia.

“Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada Ducati, khususnya kepada Gigi Dall’Igna, untuk kepercayaan mereka kepadaku sejak awal diskusi kami. Aku juga mengucapkan terima kasih kepada Luca Boscoscuro atas semua yang telah kami bagi dan untuk hal yang ada di depan kami tahun ini.

Aku berterima kasih kepada keluargaku, Hector Faubel selaku manajerku, dan semua orang yang telah berkontribusi dalam perjalananku. Sekarang, aku tahu apa yang akan terjadi musim depan. Jadi, inilah waktunya untuk sepenuhnya fokus pada musim ini karena aku menghadapi tantangan signifikan di Moto2,” kata Aldeguer dilansir MotoGP.

3. Gigi Dall'Igna menyebut Fermin Aldeguer sebagai pembalap bertalenta

Kehadiran Fermin Aldeguer mendapat tanggapan dari Gigi Dall’Igna. General manager Ducati Corse itu mengaku ingin segera melihat Aldeguer memacu motor Ducati Desmosedici. Dall’Igna menyebut Aldeguer sebagai salah satu pembalap bertalenta dalam generasi baru di MotoGP.

“Aku senang dengan kesepakatan ini karena Aldeguer adalah salah satu pembalap terkuat dalam generasi baru MotoGP. Selama beberapa tahun terakhir, kami telah mengikuti evolusinya. Dia menunjukkan kecepatan yang luar biasa selama musim lalu. Dia adalah sosok yang sangat muda dengan potensi serta karakteristik untuk melakukan hal dengan baik. Kami akan memberinya dukungan teknis guna membantu dirinya bertumbuh,” jelas Dall’Igna dikutip Crash.

Hingga artikel ini ditulis, belum ada kepastian tim mana yang akan diperkuat Fermin Aldeguer. Sebelumnya, terdapat isu yang menyebut bahwa Aldeguer bakal bergabung dengan Pramac Racing yang berstatus sebagai tim satelit Ducati. Isu tersebut semakin menguat karena Jorge Martin memiliki keinginan untuk memperkuat tim pabrikan pada 2025.

Pramac Racing menjadi 1 dari 3 tim satelit MotoGP yang berada pada tahun terakhir dari kontrak dengan pabrikan saat ini. Selain Pramac Racing, VR46 Racing Team dan LCR Team juga berada dalam posisi yang sama. Tidak mengherankan apabila kondisi tersebut membuat Ducati belum memberikan informasi detail mengenai tim untuk Fermin Aldeguer pada saat ini.

Baca Juga: Francesco Bagnaia Tetap Bersama Ducati Hingga Pengujung 2026

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya