Perjuangan Bagnaia Finis Terdepan di Main Race MotoGP Indonesia

Bagnaia kembali ke puncak klasemen

Francesco Bagnaia tersenyum gembira usai menuntaskan main race MotoGP 2023 Indonesia yang digelar pada, Minggu (15/10/2023) siang WIB. Pembalap Ducati Lenovo Team itu sukses menuntaskan balapan berdurasi 27 lap sebagai pemenang. Ini menjadi kemenangan keenam Bagnaia saat main race sepanjang musim 2023.

Keberhasilan finis di posisi pertama saat main race di Sirkuit Mandalika memberi arti penting untuk Francesco Bagnaia. Apalagi, Bagnaia sempat tergusur dari posisi puncak klasemen setelah gagal menang saat sprint race GP Indonesia. Lantas, seperti apa tanggapan Bagnaia atas torehan mengesankan di main race kali ini?

1. Memulai dari posisi ke-13, Francesco Bagnaia sukses finis pertama saat main race

Perjuangan Bagnaia Finis Terdepan di Main Race MotoGP IndonesiaFrancesco Bagnaia berselebrasi usai finis pertama di main race GP Indonesia 2023. (ducati.com)

Francesco Bagnaia memulai main race dari posisi ke-13. Walau begitu, Bagnaia bisa naik ke posisi keenam pada lap kedua. Satu lap berselang, Bagnaia sudah berada di posisi ketiga setelah menyalip Fabio Quartararo.

Bagnaia naik ke posisi kedua pada lap 13 karena Jorge Martin yang memimpin balapan terjatuh pada lap 13 di tikungan 11. Selepas itu, Bagnaia berusaha menyalip Maverick Vinales demi menduduki posisi pertama. Pembalap berkebangsaan Italia itu pada akhirnya sukses mengambil alih pimpinan balapan setelah mengasapi Vinales pada lap 20.

Meski berada di posisi pertama, jarak Bagnaia dengan Vinales tak terlalu jauh. Bahkan, Bagnaia harus membendung serangan dari Vinales dan Quartararo saat lap terakhir. Pada akhirnya, Bagnaia berhasil melintasi garis finis lebih dulu di depan dua pembalap di belakangnya.

Baca Juga: 5 Momen Terbaik MotoGP Mandalika 2023

2. Francesco Bagnaia kembali ke posisi pertama klasemen pembalap

Perjuangan Bagnaia Finis Terdepan di Main Race MotoGP IndonesiaFrancesco Bagnaia mencium trofi usai finis pertama di main race GP Indonesia 2023. (motogp.com)

Keberhasilan finis pertama di main race GP Indonesia membuat Bagnaia kembali menduduki singgasana klasemen pembalap. Juara dunia MotoGP 2022 itu kini berjarak 18 poin dari Jorge Martin. Kondisi ini berbanding terbalik dengan yang terjadi selepas sprint race sehari sebelumnya.

Bagnaia hanya mampu mendulang 2 poin setelah finis kedelapan saat sprint race. Di sisi lain, Jorge Martin mampu menuntaskan balapan di posisi pertama. Alhasil, The Martinator untuk pertama kalinya memimpin klasemen pembalap pada musim ini sebelum akhirnya kembali ke tangan Bagnaia.

3. Francesco Bagnaia mengaku sempat alami kesulitan saat sprint race

Perjuangan Bagnaia Finis Terdepan di Main Race MotoGP IndonesiaFrancesco Bagnaia di depan Maverick Vinales dan Fabio Quartararo saat main race GP Indonesia 2023. (motogp.com)

Kesuksesan finis terdepan saat main race GP Indonesia menjadi momen luar biasa untuk Francesco Bagnaia. Sebab, terakhir kali dirinya finis sebagai pemenang pada balapan hari Minggu adalah saat GP Austria. Hasil tersebut juga sekaligus menebus hasil kurang oke yang didapat saat kualifikasi dan sprint race pada, Sabtu (14/10/2023).

Bagnaia mengaku kesulitan menyalip saat menjalani sprint race. Namun, kondisi tersebut tak terjadi ketika main race. Pemilihan ban depan turut membantunya dalam melakukan pengereman selama main race berlangsung.

“Hari ini kami meningkat pesat. Saat warm-up, aku sudah merasa lebih baik. Ketika balapan, aku mencoba tampil maksimal saat start. Aku harus bilang bahwa ban depan hard membantuku mengerem sangat keras. Saat aku berada di posisi ketiga, aku mencoba mengejar Vinales.

Aku bisa melihat Jorge Martin, tetapi aku berpikir bahwa kecepatannya sangat cepat. Aku mulai merasa sejumlah penurunan dari sisi belakang. Setelah Martin mengalami insiden, aku mencoba mendorong lagi selama 2–3 lap. Pada lap terakhir, aku benar-benar menikmatinya dan tahu bahwa orang-orang di belakang sedang mengejar, tetapi aku mencoba menutup putaran,” kata Bagnaia dilansir Crash.

Finis pertama di main race MotoGP Indonesia membuat Francesco Bagnaia kini mengoleksi 346 poin dari 15 seri balap yang sudah digelar. Ia unggul 18 poin dari Jorge Martin yang bercokol di peringkat kedua klasemen sementara. Selepas GP Indonesia, MotoGP 2023 akan menggelar seri ke-16 di Sirkuit Phillip Island, Australia, pada 20–22 Oktober 2023 mendatang.

Baca Juga: Resep Maverick Vinales Naik Podium MotoGP Mandalika 2023

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya