Comscore Tracker

George Russell Yakin Mercedes Bakal Bangkit dari Periode Sulit

Mercedes mengalami kesulitan dalam menjinakkan W13

Lima seri Formula 1 2022 sudah berlangsung, tetapi Mercedes masih mengalami kesulitan. Posisi mereka di klasemen konstruktor pun berada di bawah Ferrari dan Red Bull.

Meski mengalami periode sulit, George Russell percaya Mercedes bisa menemukan faktor kunci untuk segera bangkit. Optimisme mantan pembalap Williams itu disampaikan baru-baru ini menjelang GP Spanyol yang akan berlangsung di Circuit de Barcelona-Catalunya pada Minggu (22/5/2022).

1. Perbandingan performa Mercedes pada lima seri awal 2021 dan 2022

George Russell Yakin Mercedes Bakal Bangkit dari Periode SulitLewis Hamilton dan George Russell memacu mobil dalam sebuah balapan Formula 1 2022. (twitter.com/Planet_F1)

Mercedes belum meraih kemenangan pada lima balapan awal Formula 1 2022. Posisi finis terbaik yang berhasil didapatkan mereka adalah finis ketiga pada GP Bahrain oleh Lewis Hamilton serta GP Australia yang diperoleh George Russell.

Hal tersebut berbanding terbalik dengan yang terjadi pada musim lalu. Mercedes mampu menang 2 kali dari 5 seri awal musim 2021. Data dari StatsF1 mencatat Lewis Hamilton menang pada GP Bahrain, Emilia Romagna, dan Portugal.

2. Mercedes berkutat pada masalah porpoising

George Russell Yakin Mercedes Bakal Bangkit dari Periode SulitGeorge Russell mengendarai mobil Mercedes pada GP Miami 2022. (formula1.com)

Kesulitan Mercedes salah satunya terkait masalah porpoising pada W13. Masalah serupa juga ditemukan pada tim lainnya. Akan tetapi, Mercedes masih kesulitan mengatasi porpoising yang berimbas pada performa mobil.

Sebetulnya, Mercedes mendapat secercah harapan pada GP Miami. Saat sesi latihan pada Jumat, mereka mampu tampil cepat dengan George Russell memuncaki daftar teratas sesi latihan kedua (FP2). 

Sayangnya, hasil tersebut tak berlanjut ketika kualifikasi. Russell gagal lolos ke Q3, sedangkan Hamilton mengamankan posisi start keenam. Saat balapan pun kedua pembalap harus puas finis di belakang para pembalap Ferrari dan Red Bull.

Baca Juga: Hamilton Terkesan dengan Capaian George Russell pada F1 GP Australia

3. George Russell menyadari naik turun performa W13, khususnya pada GP Miami

George Russell Yakin Mercedes Bakal Bangkit dari Periode SulitGeorge Russell menyampaikan pendapatnya pada sesi konferensi pers GP Miami 2022. (twitter.com/SportskeedaF1)

George Russell akhirnya menyadari naik turun performa Mercedes, khususnya pada GP Miami. Pembalap asal Inggris itu mengakui timnya sedang mengalami kesulitan. Russell juga merasakan adanya perbedaan jarak waktu dengan pembalap lain ketika sesi latihan Jumat dan balapan.

"Sesi Jumat (GP Miami) benar-benar luar biasa. Kami benar-benar tidak tahu mengapa. Hamilton melakukan pekerjaan baik daripada yang aku lakukan di kualifikasi. Namun, bahkan ketika bahan bakar dan tenaga dikoreksi, catatan waktu tercepatnya adalah pada hari Jumat. Di sisi lain, pembalap lain meningkat dengan lebih dari 1 detik.

Aku rasa kecepatan balapku sekitar 0,2 detik lebih lambat dari Leclerc pada hari Jumat. Saat balapan hari Minggu kembali ke 0,5 detik hingga 1 detik. Jadi, aku tidak tahu," ungkap Russell dilansir Racing News 365.

4. Optimis Mercedes bisa temukan solusi dari masalah yang menghantui W13

George Russell Yakin Mercedes Bakal Bangkit dari Periode Sulitpembalap Mercedes George Russell (twitter.com/Planet_F1)

Walau mengeluhkan performa kurang maksimal dari W13, George Russell optimis Mercedes bisa mengatasi masalah porpoising yang masih menghantui saat ini. Bahkan, pembalap bernomor mobil 63 itu dapat merasakan jika timnya sudah berada di jalan yang tepat dalam pemecahan masalah.

"Kami menunjukkan saat sesi Jumat GP Miami bahwa kami punya mobil yang cepat. Aku sangat yakin bahwa itu ada di suatu tempat.

Kami hanya perlu memahami cara menuntaskannya. Aku rasa kami akan menemukan potongan demi potongan waktu putaran jika kami bisa menemukan faktor kunci untuk mendapatkan di tempat yang sempurna," jelas Russell dilansir GPFans.

5. Meski optimis, Russell belum tahu kapan momen kebangkitan itu akan terjadi

George Russell Yakin Mercedes Bakal Bangkit dari Periode SulitGeorge Russell pada GP Miami 2022 (twitter.com/OsOfficialF1)

Meski optimis Mercedes bisa bangkit dari keterpurukan, George Russell belum tahu kapan momen tersebut akan terjadi. Namun, ia yakin timnya saat ini sedang berusaha keras agar performa W13 meningkat, sehingga dapat bersaing dengan Ferrari dan Red Bull.

"Aku tak yakin apakah itu akan terjadi pada balapan berikutnya. Namun, kru sedang bekerja siang dan malam di pabrik. Kami semua percaya kami bisa melakukannya. 

Kami harus tetap berpegang pada senjata kami dan tetap mendorong pada jalan ini. Itu akan membutuhkan beberapa balapan sebelum kami bilang kami harus menempuh jalan yang berbeda, tetapi aku percaya kepada mereka," tegas Russell.

Saat ini, George Russell bercokol di posisi ke-4 klasemen pembalap dengan raihan 59 poin. Ia konsisten finis di 5 besar pada 5 seri balap awal musim 2022 terlepas dari permasalahan yang ada pada W13.

Mampukah capaian itu dipertahankan Russell pada GP Spanyol? Menarik untuk dinantikan bersama!

Baca Juga: Nama George Russell Dipakai untuk Penghargaan pada GB4 Championship

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. IDN Times Community Caster di IDN App. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya