Hasil Kurang Oke Fabio Quartararo di MotoGP Qatar 2024

El Diablo tak mampu finis 10 besar

MotoGP Qatar 2024 yang berlangsung pada 8–10 Maret 2024 tampak ingin segera dilupakan Fabio Quartararo. Betapa tidak, pembalap Monster Energy Yamaha itu tak mampu finis 10 besar saat sprint dan main race di Lusail International Circuit. Ironinya, semua poin yang diperoleh Yamaha hanya berasal dari Quartararo.

Capaian GP Qatar jelas tak memuaskan Quartararo. Sebab, Yamaha kesulitan bersaing melawan sejumlah pabrikan, seperti Ducati, Aprilia, dan KTM. Lantas, apa yang masih menjadi masalah pada motor YZR-M1 selama pekan balap GP Qatar?

1. Fabio Quartararo gagal menembus Q2 di GP Qatar 2024

Hasil Kurang Oke Fabio Quartararo di MotoGP Qatar 2024Fabio Quartararo saat menjalani sesi kualifikasi GP Qatar 2024. (yamahamotogp.com)

Fabio Quartararo harus berjuang dari sesi kualifikasi pertama (Q1) untuk memperebutkan posisi start sprint dan main race. Hal tersebut terjadi setelah gagal menempatkan namanya dalam posisi 10 besar dalam sesi latihan, Sabtu (9/3/2024) siang waktu setempat. Pembalap berkebangsaan Prancis itu hanya mampu bercokol di posisi ke-14 saat sesi latihan tersebut dengan perolehan waktu 1 menit 52,088 detik.

Saat Q1, Quartararo mampu mencatat waktu lebih baik ketimbang sesi latihan Sabtu siang, yakni 1 menit 51,918 detik. Sayangnya, torehan tersebut tak mampu mengantarkan Quartararo lolos ke Q2. Pembalap berjuluk El Diablo itu harus memulai sprint dan main race di posisi ke-16.

Baca Juga: Marc Marquez Tak Patok Target Terlalu Tinggi di MotoGP 2024

2. Terjadi penurunan hasil sprint serta main race Fabio Quartararo antara GP Qatar 2024 dan 2023

Hasil Kurang Oke Fabio Quartararo di MotoGP Qatar 2024Fabio Quartararo saat menjalani sprint race GP Qatar 2024. (yamahamotogp.com)

Capaian kurang oke Fabio Quartararo berlanjut saat sprint race. Ia gagal finis di zona poin setelah menuntaskan balapan berdurasi 11 lap itu di posisi ke-12. Quartararo berjarak 12,863 detik dari Jorge Martin yang sukses finis sebagai pemenang.

Hasil tersebut jelas merupakan penurunan dibandingkan sprint race GP Qatar 2023. Saat itu, Quartararo mampu finis kedelapan dengan jarak 6,454 detik dari Jorge Martin yang finis pertama. Jarak waktu saat sprint race tahun ini membengkak hampir dua kali lipat dibandingkan pada 2023.

Meski gagal dapat poin saat sprint race, Quartararo mendulang hasil lebih baik saat main race. Pembalap bernomor motor 20 itu finis di posisi kesebelas dan mendulang 5 poin. Meski begitu, jarak antara Quartararo dan Francesco Bagnaia yang finis sebagai pemenang terbilang jauh, yaitu 17,701 detik. Tahun lalu, Quartararo finis ketujuh saat main race GP Qatar dengan jarak 7,828 detik dari Fabio Di Giannantonio.

3. Fabio Quartararo menyadari Yamaha masih tertinggal dibandingkan pabrikan lain

Hasil Kurang Oke Fabio Quartararo di MotoGP Qatar 2024pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (yamahamotogp.com)

Fabio Quartararo memberi tanggapan terkait performa YZR-M1 saat pekan balap GP Qatar. Ia menyadari Yamaha masih tertinggal dari barisan depan. Level performa motornya tak jauh berbeda dengan yang dirasakan selama tes pramusim. Ia berharap Yamaha bisa menuntaskan permasalahan terutama pada aspek keausan ban.

“Aku mengalami banyak kesulitan saat main race. Sejujurnya, aku jauh lebih berhati-hati dengan ban dan aku berharap kami bisa menemukan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Aku bekerja jauh lebih keras terhadap pengendalian traksi untuk menghemat ban. Masalahnya saat ini adalah pada beberapa lap awal kami tidak memiliki potensi apa pun dan aku tak bisa menyerang saat memulai balapan,” jelas Quartararo dilansir Motorcycle Sports.

Kini, Fabio Quartararo bercokol di posisi kesebelas dalam klasemen sementara pembalap MotoGP 2024 dengan raihan 5 poin. Ia menjadi pembalap pabrikan Jepang yang mendulang poin paling banyak di GP Qatar. Quartararo berselisih satu poin dari Johann Zarco yang menduduki posisi ke-12. Di sisi lain, Alex Rins yang notabene rekan setim Quartararo gagal meraih poin setelah hanya mampu finis ke-17 saat sprint race dan ke-16 ketika main race.

Baca Juga: Enea Bastianini Tak Puas dengan Hasil MotoGP Qatar 2024

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya