Jack Miller Kesal usai Terjatuh di Main Race MotoGP Belanda

Hasil kurang memuaskan sebelum jeda musim panas

Jack Miller harus menelan hasil pahit di MotoGP Belanda yang berlangsung pada 23–25 Juni 2023 lalu. Pembalap Red Bull KTM Factory Racing itu terjatuh sehingga gagal menuntaskan main race di Sirkuit Assen. Alhasil, Miller menutup paruh pertama MotoGP 2023 tanpa meraup poin. 

Jack Miller merasa kesal atas hasil buruknya di main race kali ini. Ia mengakui adanya faktor yang membuat dirinya terjatuh pada lap-lap awal balapan. Lantas, apa biang keladi terjatuhnya Miller dari RC16 miliknya?

1. Tampil oke saat sesi latihan, Jack Miller hanya mampu meraih posisi start ke-12

Jack Miller Kesal usai Terjatuh di Main Race MotoGP Belandapembalap Red Bull KTM Factory Racing Jack Miller (jackmiller43.com.au)

Performa Jack Miller saat sesi latihan pertama dan kedua terbilang oke. Pembalap asal Australia itu mampu berada di posisi ketiga dalam catatan gabungan dengan torehan waktu 1 menit 32,218 detik. Hasil tersebut membuatnya langsung lolos ke Q2.

Akan tetapi, penampilan bagus saat sesi latihan tak berlanjut di Q2. Miller harus puas menempati posisi start ke-12 setelah membukukan waktu 1 menit 32,715 detik. Posisi start Miller kurang menguntungkan saat sprint dan main race mengingat para pembalap di depannya memiliki performa yang tak kalah kuat.

Baca Juga: Aleix Espargaro Gembira Usai Finis Ke-3 di Main Race MotoGP Belanda

2. Jack Miller gagal dapat poin saat sprint race usai finis di posisi kesebelas

Jack Miller Kesal usai Terjatuh di Main Race MotoGP BelandaJack Miller saat menjalani pekan balap GP Belanda 2023. (motogp.com)

Saat sprint race berlangsung, Jack Miller tampak kesulitan menembus posisi lima besar. Ia lebih banyak berkutat di posisi kesepuluh sejak awal balapan. Kemudian, Miller mampu naik ke posisi kesembilan usai menyalip Johann Zarco pada lap keenam.

Sayangnya, posisi Miller kembali melorot pada lap kedelapan. Ia berada di posisi kesebelas usai disalip Alex Marquez dan Enea Bastianini. Posisi itu bertahan hingga bendera chequered dikibarkan. Miller pun gagal meraup poin.

3. Jack Miller terjatuh pada awal lap kedua main race GP Belanda, gagal melanjutkan balapan

Jack Miller Kesal usai Terjatuh di Main Race MotoGP BelandaJack Miller terjatuh saat main race GP Belanda 2023. (motogp.com)

Jack Miller tentu tak ingin mengulangi kegagalan meraih poin seperti saat sprint race. Saat lampu start padam tanda main race dimulai, Miller langsung tancap gas dengan meraih posisi kedelapan. Ia menempel ketat Miguel Oliveira dan Maverick Vinales yang saling berebut posisi keenam. Kemudian, Miller berhasil menyalip Vinales di tikungan chicane terakhir untuk menempati posisi ketujuh.

Pada awal lap kedua, Vinales menyalip kembali Miller di tikungan pertama. Miller berupaya memangkas jarak dengan Vinales dengan masuk ke sisi dalam tikungan. Sayangnya, ia kehilangan daya cengkeram ban depan sehingga mengalami lowside dan tak bisa melanjutkan balapan.

4. Jack Miller menjelaskan penyebab dirinya terjatuh saat main race GP Belanda

Jack Miller Kesal usai Terjatuh di Main Race MotoGP BelandaJack Miller menendang serpihan sayap motor RC16 setelah terjatuh saat main race GP Belanda 2023. (motogp.com)

Gagal finis di main race GP Belanda tentu bukan hasil yang diharapkan Jack Miller. Apalagi, itu terjadi saat pembalap bernomor motor 43 tersebut menjalani balapan ke-200 dalam kariernya terhitung sejak debut di kelas 125cc pada 2011 silam. Miller pun membeberkan apa yang menyebabkan dirinya terjatuh saat berusaha mengambil kembali posisi ketujuh dari Vinales.

“Aku mengerem cukup dalam di tikungan pertama dan dia melewatiku. Jadi, aku pikir dia akan melebar dan aku mencoba untuk memotong di belakangnya. Seperti yang aku lakukan, aku memakai sedikit terlalu banyak ban depan dan itu tak berhasil. Tidak ada yang salah, aku hanya mencoba dan tak berakhir seperti yang kuinginkan,” kata Miller dilansir Crash.

Termasuk GP Belanda, Jack Miller sudah tiga kali gagal finis di main race MotoGP 2023. Sebelumnya, Miller tak mampu menuntaskan balapan di GP Amerika dan Prancis. Ia juga sekali gagal finis saat sprint race di GP Prancis.

Miller saat ini berada di posisi 7 klasemen pembalap lewat perolehan 79 poin. Ia unggul 2 poin dari Aleix Espargaro yang bertengger di posisi 8. Sementara itu, Red Bull KTM Factory Racing menempati posisi 4 klasemen tim setelah mengoleksi 193 poin.

Baca Juga: Rasa Puas Marco Bezzecchi usai Torehkan Hasil Bagus di MotoGP Belanda

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya