Jack Miller Menebar Ancaman ke Ducati soal Potensi Performa KTM

KTM ingin bersaing melawan Ducati di MotoGP 2024

Red Bull KTM Factory Racing resmi meluncurkan RC16 versi terbaru menyongsong MotoGP 2024. Tim tersebut melangsungkan peluncuran pada Senin (12/2/2024) sore WIB. Brad Binder dan Jack Miller masih memperkuat Red Bull KTM musim ini.

KTM termotivasi untuk tampil lebih baik di MotoGP 2024. Apalagi, pabrikan asal Austria itu menuai hasil oke musim lalu. Bahkan, Miller sudah menebar peringatan kepada Ducati perihal potensi performa KTM untuk persaingan di kejuaraan.

1. KTM berhasil menduduki posisi kedua di klasemen konstruktor MotoGP 2023

Jack Miller Menebar Ancaman ke Ducati soal Potensi Performa KTMJack Miller saat menjalani main race GP Malaysia 2023. (ktm.com)

KTM menjalani MotoGP 2023 dengan capaian oke. Mereka mampu bertengger di posisi kedua dalam klasemen konstruktor setelah mengoleksi 373 poin. Hasil tersebut mengalami peningkatan dibandingkan pada 2022 saat KTM menempati peringkat keempat lewat raihan 240 poin.

Brad Binder juga muncul sebagai satu-satunya pembalap bermotor KTM yang mampu menembus posisi lima besar di klasemen pembalap musim lalu. Pembalap berkebangsaan Afrika Selatan itu bercokol di posisi keempat usai mengumpulkan 293 poin. Prestasi terbaik Binder di MotoGP 2023 adalah finis runner-up saat main race GP Spanyol dan Austria. Selain itu, Binder juga berhasil finis terdepan ketika sprint race GP Argentina dan Spanyol.

Sementara itu, Jack Miller yang baru bergabung dengan KTM tahun lalu harus puas berada di posisi kesebelas dengan koleksi 163 poin. Ia hanya sekali naik podium setelah finis ketiga di GP Spanyol. Itu menjadi podium perdana yang diperoleh Miller saat memperkuat KTM.

2. Jack Miller hampir mempersembahkan kemenangan untuk KTM di GP Valencia 2023

Jack Miller Menebar Ancaman ke Ducati soal Potensi Performa KTMpembalap KTM Factory Racing Jack Miller (motogp.com)

Jack Miller sebetulnya berpeluang mempersembahkan kemenangan perdana untuk KTM di GP Valencia 2023. Sayangnya, pembalap asal Australia itu terjatuh pada lap 19 saat sedang memimpin balapan. Alhasil, KTM menutup MotoGP 2023 tanpa meraih kemenangan main race.

Kegagalan itu rupanya menghantui Miller. Ia memikirkan insiden di GP Valencia 2023 selama 2,5 bulan. Meski begitu, Miller mengaku dirinya kini berfokus menatap MotoGP 2024 yang sudah ada di depan mata. Pembalap berusia 29 tahun itu bertekad merengkuh kemenangan saat memacu RC16.

“Kami sudah dekat dengan kemenangan saat seri terakhir. Namun, itu tidak terjadi. Pastinya, cara MotoGP 2023 berakhir membuatku sangat lapar sepanjang musim dingin lalu. Aku bersemangat untuk kembali dan meraih tujuan yang ditetapkan sejak tahun lalu. Aku ingin menjadi yang pertama merengkuh kemenangan dengan tiga motor berbeda dan menjadi pembalap ketiga yang menang balapan memakai motor KTM,” jelas Miller dilansir Crash.

3. Jack Miller yakin KTM punya peluang merebut posisi pertama dari Ducati

Jack Miller Menebar Ancaman ke Ducati soal Potensi Performa KTMJack Miller berfoto bersama motor RC16. (twitter.com/redbullshop)

Performa KTM yang mengalami peningkatan dalam beberapa waktu terakhir mendapat perhatian Jack Miller. Ia melihat KTM kini menjadi salah satu pabrikan yang mampu berkembang dalam waktu singkat. Miller yakin KTM dapat bersaing melawan Ducati di kejuaraan. Bahkan, Miller berseloroh bahwa KTM berpeluang mengudeta posisi Ducati yang musim lalu berada di posisi teratas klasemen konstruktor.

“Aku pikir mereka (KTM) telah melakukan pekerjaan luar biasa dalam beberapa tahun, khususnya tahun lalu. Kami hanya perlu melihat kembali pada 24 bulan lalu terkait posisi mereka dan sebagainya. Sekarang, RC16 menjadi salah satu motor yang paling diinginkan di grid.

Aku pikir jika Anda punya ibu peri dan mengucapkan harapan, aku cukup yakin bahwa KTM akan berada di posisi kedua dalam daftar apabila Anda tidak bisa mendapatkan motor merah (Ducati). Itu akan berada di posisi pertama dalam waktu dekat,” kata Miller dikutip Crash.

Tak hanya Jack Miller dan Brad Binder saja yang menggunakan motor KTM. Pedro Acosta dan Augusto Fernandez juga akan bersaing di kejuaraan dengan menggunakan motor dari pabrikan tersebut. Acosta dan Augusto Fernandez saat ini memperkuat GASGAS Tech3.

Baca Juga: Red Bull KTM Ajo Perkenalkan Line-up 2024, Pedro Acosta Naik Kelas? 

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya