Jenson Button Soroti Kekurangan yang Menghambat Lando Norris

Button sebut Lando Norris terlalu overthinking

Lando Norris menutup Formula 1 2023 dengan hasil oke. Pembalap McLaren itu bertengger di posisi keenam klasemen pembalap setelah mengumpulkan 205 poin. Norris mengulangi pencapaian pada 2021 ketika berada di peringkat yang sama dengan koleksi 160 poin.

Meski begitu, Norris masih belum kunjung meraih kemenangan. Padahal, ia sudah berada di kejuaraan selama 5 musim. Mantan pembalap Formula 1, Jenson Button, mendapati adanya kekurangan yang menghambat performa Landor Norris ketika bersaing melawan pembalap lain.

Kekurangan itu justru bersumber dari dalam diri Norris sendiri. Lalu, kekurangan seperti apa yang dimaksud Button?

1. Lando Norris mampu menorehkan pencapaian oke di Formula 1 2023

Jenson Button Soroti Kekurangan yang Menghambat Lando NorrisLando Norris meraih trofi usai finis kedua di GP Hungaria 2023. (formula1.com)

Formula 1 2023 menjadi musim terbaik Lando Norris sejauh ini. Perolehan 205 poin menjadi yang tertinggi selama pembalap asal Inggris tersebut berkecimpung di kejuaraan. Selain itu, Norris juga berhasil meraih 7 podium dengan 6 di antaranya diperoleh dengan finis kedua di GP Inggris, Hungaria, Singapura, Jepang, Amerika Serikat, dan Brasil.

Norris mampu mengungguli Oscar Piastri yang berada di posisi kesembilan dengan koleksi 97 poin. Walau begitu, Norris harus mengakui keunggulan Piastri dalam urusan finis terdepan di sprint race. Pasalnya, Piastri mampu finis sebagai pemenang saat sprint race GP Qatar. Sementara itu, Norris menyudahi balapan berdurasi 19 lap dengan finis di posisi ketiga.

Baca Juga: Lando Norris Ingin Raih Kemenangan Bersama McLaren di Formula 1 2024

2. Jenson Button menyoroti sikap Lando Norris yang sering mengkritik diri sendiri

Jenson Button Soroti Kekurangan yang Menghambat Lando Norrispembalap McLaren, Lando Norris (formula1.com)

Terlepas dari keunggulan Oscar Piastri di sprint race GP Qatar, penampilan Lando Norris sepanjang Formula 1 2023 terbilang bagus. Sayangnya, Norris kerap kali memberi kritikan terhadap performa dirinya saat mengemudikan MCL60. Ia merasa membuang banyak peluang untuk meraih pole position khususnya di GP Qatar, Brasil, dan Abu Dhabi.

Sikap Norris yang mengkritik diri sendiri mendapat sorotan Jenson Button. Juara dunia Formula 1 2009 itu melihat Norris sering merasa bersalah atas performanya di atas lintasan sehingga mengalami lewah pikir (overthinking). Button yakin pemikiran Norris bukanlah gambaran atas kemampuan selama berada di lintasan. Apalagi, Button sudah melihat potensi Norris sejak pembalap bernomor mobil 4 itu masih berstatus sebagai junior test McLaren.

"Norris adalah talenta yang luar biasa. Aku telah melihatnya sejak pertama kali dia mengemudikan mobil Formula 1 saat di Hungaria karena aku berada di tim tersebut pada waktu itu. Sungguh luar biasa betapa cepatnya dia mengatasi itu. 

Namun, dia juga seorang pemikir sejati. Terkadang, itu menyakitinya karena dia terlalu melihat pada diri sendiri dan khawatir jika dirinya tidak cukup bagus. Namun, itulah dirinya. Dia luar biasa dan aku tak sabar melihatnya di dalam mobil yang bisa bertarung untuk meraih kemenangan," kata Button dilansir PlanetF1.

3. Jenson Button meminta Lando Norris menjaga kesabaran demi meraih kemenangan

Jenson Button Soroti Kekurangan yang Menghambat Lando NorrisLando Norris saat menjalani pekan balap GP Azerbaijan 2023. (formula1.com)

Jenson Button paham Lando Norris ingin meraih kemenangan. Terlebih, Norris juga dipuji sebagai salah satu pembalap terkuat di Formula 1. Oleh karena itu, Button meminta Norris untuk menjaga kesabaran sembari tetap berburu podium tertinggi di kejuaraan. Button juga percaya semangat Norris untuk tampil maksimal bersama McLaren tak akan pudar walau belum mencatatkan kemenangan.

"Dia tak akan meninggalkan kejuaraan karena dia tak memenangkan balapan. Jadi, dia akan tetap di sana dan terus bertarung untuk mencapai kemenangan. Keinginan dan dorongan itu tidak akan hilang. Dia masih harus mengalahkan rekan setimnya. Dia masih harus mengalahkan semua pembalap lain di grid," jelas Button dikutip Racing News 365

Lando Norris punya peluang memenangkan balapan di Formula 1 2024. Hal itu bisa diwujudkan jika Norris dapat memaksimalkan kemampuan dirinya saat pekan balap berlangsung. Selain itu, performa mobil McLaren tahun ini turut punya andil dalam kesuksesan Norris. Apabila kinerja mobil McLaren terlihat oke sejak awal hingga akhir musim, bukan tidak mungkin Norris lebih rutin bersaing di barisan depan.

Baca Juga: Pasang Surut Guenther Steiner Bersama Haas di Formula 1

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Sering menulis seputar Formula 1 dan MotoGP. Cuap-cuap juga di IDN Live.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya