Kado Perpisahan Alex Rins untuk Suzuki, Finis Pertama di Australia

Raih empat kemenangan bersama Suzuki

Alex Rins, pembalap Suzuki, tentu tak akan melupakan balapan GP Australia yang berlangsung pada Minggu (16/10/2022) siang WIB. Pembalap bernomor motor 42 itu kembali naik podium tertinggi usai finis pertama pada balapan yang digelar di Phillip Island. 

Kemenangan Rins terasa istimewa sebab Suzuki tak akan ada di grid balap MotoGP setelah musim 2022. Ini menjadi kado perpisahan Alex Rins untuk Suzuki karena ia sendiri akan memperkuat LCR Honda musim depan.

1. Meski memulai dari Q1, Alex Rins mampu amankan posisi start kesepuluh

Kado Perpisahan Alex Rins untuk Suzuki, Finis Pertama di AustraliaAlex Rins pada GP Australia 2022 (motogp.com)

Perjuangan Alex Rins pada pekan balap GP Australia harus dimulai dengan ikut sesi kualifikasi pertama (Q1). Hal itu terjadi setelah catatan waktu kombinasi FP1-- FP3 pembalap berkebangsaan Spanyol itu tak menempatkannya di posisi sepuluh besar.

Meski begitu, Alex Rins mampu lolos ke Q2 usai mencatatkan waktu tercepat kedua saat Q1. Pada prosesnya, rekan setim Joan Mir itu menuntaskan Q2 dengan menempati posisi kesepuluh. Selisih waktu Rins dengan Jorge Martin yang meraih pole position adalah 0,774 detik.

2. Alex Rins bersaing merebut posisi terdepan saat balapan hingga lap terakhir

Kado Perpisahan Alex Rins untuk Suzuki, Finis Pertama di AustraliaAlex Rins finis pertama pada balapan GP Australia 2022. (twitter.com/MotoGP)

Saat balapan, Alex Rins perlahan mulai menyalip para pembalap di depannya. Pada lap enam, ia sudah berada di belakang Aleix Espargaro sebelum menyalip pembalap Aprilia tersebut untuk berada di posisi kelima.

Kemudian, ia kembali menyalip Jack Miller dan Francesco Bagnaia untuk berada di posisi ketiga saat balapan berumur delapan lap. Rins mampu ambil alih balapan pada lap 14 setelah menyalip Jorge Martin di tikungan ketiga.

Alex Rins berduel sengit dengan Marc Marquez dan Francesco Bagnaia untuk perebutan posisi pertama. Puncaknya, Alex Rins mampu kembali berada di posisi pertama usai menyalip Bagnaia pada lap terakhir di tikungan kedua.

Saat bendera dikibarkan, Rins menuntaskan balapan sebagai pemenang dengan jarak 0,186 detik dari Marc Marquez. Francesco Bagnaia harus puas berada di posisi ketiga.

Baca Juga: Hasil MotoGP Australia 2022: Alex Rins Sukses Bikin Kejutan

3. GP Australia 2022 adalah kemenangan keempat Alex Rins sepanjang berada di MotoGP

Kado Perpisahan Alex Rins untuk Suzuki, Finis Pertama di AustraliaAlex Rins selebrasi selepas balapan GP Australia 2022. (twitter.com/Rins42)

Finis pertama pada GP Australia merupakan kemenangan keempat yang diraih Alex Rins sepanjang berkiprah di MotoGP bersama Suzuki. Terakhir kali ia naik ke podium tertinggi adalah GP Aragon 2020.

Selain itu, Rins juga pernah menang pada GP Amerika dan Inggris. Ia memenangi kedua seri balap itu pada 2019. Berdasarkan data MotoGP, Alex Rins sudah tiga kali naik podium sepanjang 2022.

Sebelum GP Australia, Rins naik podium setelah finis ketiga pada GP Argentina dan runner-up pada GP Amerika. Pembalap berusia 26 tahun itu total sudah 16 kali naik podium sejak pertama kali debut di kelas utama MotoGP pada 2017 silam.

4. Alex Rins gembira bisa persembahkan hasil terbaik untuk Suzuki

Kado Perpisahan Alex Rins untuk Suzuki, Finis Pertama di AustraliaAlex Rins mengangkat trofi pada GP Australia 2022. (twitter.com/Rins42)

 Alex Rins menyambut gembira kemenangan di Phillip Island. Ia mempersembahkan kado manis kepada Suzuki yang sebentar lagi angkat kaki dari kejuaraan. Rins tak lupa mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah mendukungnya pada balapan kali ini.

"Terima kasih untuk semua yang datang ke Phillip Island untuk mendukung kami. Ini terakhir kalinya bersama Suzuki di sini, jadi ini adalah perasaan yang spesial.

Luar biasa mengucapkan selamat tinggal dengan kemenangan. Terima kasih banyak dan sampai jumpa tahun depan di Phillip Island," ucpa Alex Rins dilansir Motorcycle Sports.

5. Kemenangan terakhir Suzuki sebelum GP Australia adalah GP Eropa 2020

Kado Perpisahan Alex Rins untuk Suzuki, Finis Pertama di AustraliaJoan Mir naik podium pada GP Eropa 2020. (motogp.com)

Suzuki belum sekali pun meraup kemenangan sebelum gelaran GP Australia akhir pekan ini. Kemenangan terakhir yang diperoleh pabrikan asal Jepang itu adalah pada GP Eropa 2020.

Saat itu, Joan Mir finis terdepan dan Alex Rins bercokol di posisi runner-up dalam balapan yang digelar di Circuit Ricardo Tormo, Valencia. Selepas itu, Suzuki paceklik kemenangan sepanjang 2021.

Alex Rins pun sukses memecah kebuntuan lewat hasil bagus di Phillip Island pada musim ini. Kini, seri balap tersisa GP Malaysia dan Valencia. Apakah Alex Rins atau Joan Mir akan menambah jumlah kemenangan untuk Suzuki?

Baca Juga: Alex Rins Dihantui Perasaan Emosional Jelang MotoGP Jepang

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya