Kalender Sementara MotoGP 2022 Dirilis, GP Indonesia Digelar Maret!

MotoGP 2022 bakal menggelar 21 seri balap

MotoGP 2021 masih menyisakan tiga seri balap. Namun, kalender balap untuk musim 2022 sudah dirilis. Meski begitu, statusnya masih sementara sehingga masih ada kemungkinan untuk berubah.

Rencananya, MotoGP musim mendatang akan menggelar 21 seri balap. GP Qatar akan tetap didaulat sebagai seri pembuka, sementara GP Indonesia akan digelar pada Maret 2022.

1. MotoGP musim 2022 akan berlangsung sebanyak 21 seri, terbanyak dalam sejarah kejuaraan

Kalender Sementara MotoGP 2022 Dirilis, GP Indonesia Digelar Maret!Marc Marquez pimpin balapan GP Amerika (motogp.com)

Pandemi COVID-19 membuat gelaran MotoGP 2020 dan 2021 mengalami beberapa penyesuaian. Hasilnya, ajang balap motor itu menggelar 15 balapan pada 2020 dan 18 seri pada musim ini. Mayoritas balapan berlangsung di Benua Eropa.

Namun, musim 2022 bakal jadi perjalanan panjang bagi para tim dan pembalap. Sebabnya ada 21 balapan yang bakal mereka lakoni dalam waktu 35 pekan. Jumlah balapan sebanyak itu menjadi yang terbanyak sepanjang sejarah kejuaraan.

2. MotoGP 2022 akan jadi momen kembalinya GP Indonesia

Kalender Sementara MotoGP 2022 Dirilis, GP Indonesia Digelar Maret!Tampilan sirkuit Mandalika (motogp.com)

Tak hanya itu, MotoGP 2022 juga menjadi momen kembalinya GP Indonesia. Seperti dilansir Autosport, Indonesia terakhir kali menggelar balapan MotoGP pada 1997 di sirkuit Sentul.

Saat itu Valentino Rossi sukses memenangi balapan di kelas 125cc. Sementara itu, Max Biaggi mampu finis terdepan pada kelas 250cc serta Tadayuki Okada merebut kemenangan pertama dalam kariernya di sana untuk kelas 500cc.

Baca Juga: Sirkuit Mandalika Punya Nama Resmi, Indonesia Banget!

3. GP Finlandia gelar balapan MotoGP lagi, terakhir kali pada 1982

Kalender Sementara MotoGP 2022 Dirilis, GP Indonesia Digelar Maret!Sirkuit KymiRing di Finlandia (news.in-24.com)

Selain GP Indonesia, MotoGP bakal menyambut kehadiran GP Finlandia yang nantinya akan dihelat di KymiRing pada 10 Juli. Seri ini akan jadi penutup putaran pertama musim 2022 sebelum memasuki summer break.

Perlu diketahui, terakhir kali Finlandia menggelar balapan MotoGP adalah pada 1982. Sejatinya, GP Finlandia sudah masuk kalender balap sebanyak tiga kali beruntun pada 2019 hingga 2021. Namun, adanya penundaan pembangunan serta pandemi memaksa GP Finlandia mundur ke 2022.

4. Balapan di kawasan Asia Pasifik kembali lagi, diawali dengan GP Jepang

Kalender Sementara MotoGP 2022 Dirilis, GP Indonesia Digelar Maret!Sirkuit Twin Ring Motegi di Jepang (motogp.com)

Pada putaran kedua, balapan di kawasan Asia Pasifik kembali hadir dengan GP Jepang terlebih dulu digelar pada 25 September disusuli GP Thailand pada 2 Oktober. GP Australia dan Malaysia akan digelar dua pekan beruntun pada 16 dan 23 Oktober.

Seperti musim-musim sebelumnya, GP Valencia akan menutup rangkaian musim 2022 pada 6 November. Untuk musim 2021 ini, seri tersebut digelar pada 14 November mendatang.

5. Infografis jadwal sementara MotoGP 2022  

Kalender Sementara MotoGP 2022 Dirilis, GP Indonesia Digelar Maret!Kalender sementara MotoGP 2022 (Dok. Pribadi/ Dewa Putu Ardita)

Sampai artikel ini ditulis, jadwal sementara untuk MotoGP 2022 memang belum dirilis secara resmi melalui situs resmi kejuaraan. Namun, sejumlah pihak, terutama tim-tim MotoGP, telah diinformasikan mengenai hal ini.

Untuk mengetahui lebih lengkap jadwal sementara balapan MotoGP musim mendatang, ada baiknya menyimak infografis berikut ini yang dikutip dari motomatters.com. Jangan lupa dicatat, ya!

Baca Juga: Fabio Quartararo Tetap Selow di Ambang Juara MotoGP

Dewa Putu Ardita Darma Putera Photo Verified Writer Dewa Putu Ardita Darma Putera

Penggemar olahraga khususnya Motorsport. Untuk pertanyaan dan keperluan bisnis: dewaputu.ardita@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya